Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita CiamisPoktan di Kawali Ciamis Jajaki Tanam Singkong Berbasis Teknologi

Poktan di Kawali Ciamis Jajaki Tanam Singkong Berbasis Teknologi

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Kelompok Tani (Poktan) Bantarkuda, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kini sedang jajaki tanam singkong berbasis teknologi.

Pihak PPL Desa Winduraja pun membahas rencana pemanfaatan kebun untuk tanaman singkong dengan perpaduan teknologi tersebut, bersama para petani setempat.

Menurut PPL Desa Winduraja, Asep Dudu, bahwa singkong memiliki peran penting dan strategis dimasa depan.

Sebab, selain bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan cemilan, kandungan karbohidrat dan kalori bisa berfungsi sebagai penyangga ketahanan pangan. 

“Tanaman singkong memiliki banyak manfaat baik dari umbinya atau daunnya,” ucap Asep di saung Kelompok Tani Bantarkuda, Rabu (9/2/2022).

Lebih lanjut Asep menambahkan, agar saat menanam singkong berbasis teknologi bisa menghasilkan produksi yang tinggi, maka perlu adanya persiapan.

Jadi, katanya, penyediaan lahan, bibit, pengaturan jarak tanam dan pemupukan, harus betul-betul kontinyu. Sehingga hasilnya bisa maksimal. 

“Teknologi tersebut dapat bervariasi, sesuai dengan biotik dan abiotiknya dengan wilayah yang akan dikembangkan,” katanya.

Menurutnya, meski masih dalam pembahasan dan perencanaan, namun para petani yang tergabung pada Koptan Bantarkuda tetap .

“Jadi, mereka optimis lahan seluas 1 hektare yang berada di Dusun Sukajadi, siap dijadikan kebun dengan tanam singkong berbasis teknologi,” pungkasnya. (Dji/R5/HR-Online/Editor-Adi)