Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruKelebihan dan Kekurangan iPhone HDC yang Harus Dipahami, Apa Saja?

Kelebihan dan Kekurangan iPhone HDC yang Harus Dipahami, Apa Saja?

Kelebihan dan kekurangan iPhone HDC penting dipahami sebelum Anda benar-benar ingin membelinya. Seperti yang kita ketahui bahwa iPhone High Definition Copy (HDC) merupakan iPhone tiruan yang memiliki desain menyerupai iPhone asli.

Harganya yang cukup terjangkau, menjadikan iPhone HDC sangat populer sebagai alternatif pengganti iPhone ori. Karena kita ketahui bahwa iPhone asli memiliki harga yang tinggi bagi sebagian besar kalangan.

Baca Juga: Perbedaan iPhone HDC dan Ori yang Perlu Anda Ketahui

Intip Kelebihan dan Kekurangan iPhone HDC

Apple merupakan vendor smartphone yang secara konsisten hanya membuat seri flagship saja. Inilah yang menjadi alasan mengapa harga iPhone cukup fantastis.

Banyak kalangan yang menganggap seri iPhone besutan vendor ponsel asal Negeri Paman Sam ini overprice. Bermain dalam segmen kelas atas, tentu tidak semua kalangan bisa membeli iPhone.

Maka dari itu, terciptalah seri iPhone HDC yang terbilang cukup mudah ditemukan di pasaran. Dengan kata lain, iPhone HDC merupakan istilah dari iPhone replika.

Identik dari segi bentuk fisik, iPhone HD menjadi pilihan bagi siapapun yang ingin menggunakan iPhone. Akan tetapi terkendala budget.

Meskipun demikian, pastikan terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari iPhone HDC sebelum benar-benar membelinya.

Kelemahan iPhone HDC

Meskipun dari segi desain hingga dimensi body sama persis dengan iPhone original, membeli iPhone HDC sebenarnya tidak direkomendasikan.

Pasalnya, produk ini memiliki banyak kelemahan dibandingkan dengan kelebihannya. Sebelum Anda mengetahui kelebihan dari iPhone HDC, ada baiknya Anda mengetahui beberapa kekurangan dan kelemahan dari produk ini.

1. Sistem Operasi yang Tidak Jelas

Kelemahan iPhone HDC yang pertama adalah berasal dari sistem operasinya. Untuk iPhone original akan mengusung iOS sebagai sistem operasi.

Sedangkan pada iPhone HDC, pada umumnya menggunakan sistem operasi Android yang entah dikembangkan oleh siapa. Hal inilah yang membuat sistem operasi pada iPhone HDC menjadi tidak jelas.

Baca Juga: Mirror iPhone ke Laptop dengan Bantuan Aplikasi Pihak Ketiga

2. Tidak Dapat Akses Layanan dan Aplikasi dari iPhone Asli

Karena menggunakan sistem operasi Android, maka iPhone HDC pun tidak mempunyai layanan dan aplikasi serupa dengan yang terdapat di iPhone asli.

Oleh karena itu, jangan berharap bahwa iPhone HDC dapat Anda gunakan untuk akses Face Time, iCloud, iMessage, dan lain sebagainya.

3. Kualitas Fitur yang Kurang

Kelemahan iPhone HDC selanjutnya yang perlu Anda ketahui dan pahami dibandingkan kelebihan yang ada adalah adanya spesifikasi dan fitur tidak sesuai perangkat aslinya.

Seperti yang kita ketahui, iPhone asli memiliki kualitas kamera memukau, tampilan layar tajam, cerah, performa, dan baterai handal.

Namun semuanya itu tidak akan Anda temukan pada iPhone HDC. Produk ini justru mempunyai kualitas fitur yang jauh lebih rendah.

4. Material Bodi yang Tidak Sesuai

Sama halnya dengan vendor terkemuka lainnya, Apple juga selalu memperhatikan banyak sektor. Hal ini tidak terkecuali pada sisi desain serta material yang digunakan.

Hadir dengan harga fantastis, material pada perangkat iPhone pun juga memiliki feel premium. Lain dengan iPhone HDC yang menggunakan material murah dan tidak terjamin durability.

Kelebihan iPhone HDC

Selanjutnya, meskipun memiliki beberapa kekurangan, ternyata iPhone HDC juga masih memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. Bentuk dan Fitur Menyerupai iPhone Original

Meskipun tiruan, iPhone HDC mengusung desain yang hampir mirip dengan iPhone orinya. Bahkan cukup sulit untuk membedakan antara yang ori dan replika apabila hanya kita lihat sekilas saja. Selain itu, iPhone HDC juga hadir dengan fitur yang hampir sama iPhone asli.

Seperti Assistive Touch, efek menu 3D Touch, menu personal hotspot, booting logo Apple, dan lain sebagainya. Meskipun hanya tiruan, setidaknya hal ini cukup menambah kesan iPhone HDC seperti iPhone asli.

Baca Juga: Layar iPhone 13 Jadi Pink Akibat Bug, Pihak Apple Lakukan Klarifikasi

2. Harga Murah dengan Slot Tambahan

Bagi Anda yang menginginkan ponsel dengan tampilan iPhone, akan tetapi mempunyai budget terbatas, maka iPhone HDC dapat menjadi pilihan.

Lain dengan iPhone Dummy, iPhone HDC memiliki fungsi yang hampir sama smartphone meskipun hanyalah tiruan.

Selain itu, iPhone HDC juga memperoleh kelengkapan slot SD Card yang berfungsi untuk menambah kapasitas penyimpanan.

Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan iPhone HDC, maka dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda.

Jika Anda memiliki budget lebih, tentu iPhone asli sangat direkomendasikan. Namun jika mungkin Anda berencana hanya memenuhi keperluan tertentu saja, iPhone HDC juga dapat menjadi alternatif yang pas. (R10/HR-Online)