Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruKelebihan dan Kekurangan Kamera Pop Up di Smartphone, Apa Saja?

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Pop Up di Smartphone, Apa Saja?

Kelebihan dan kekurangan kamera pop up tidak semua pengguna smartphone memahaminya. Ini merupakan inovasi baru yang hadir dalam beberapa waktu terakhir.

Pop camera atau kamera tersembunyi pada umumnya digunakan sebagai teknologi kamera depan, bukan pada kamera belakang.

Saat ini beragam seri smartphone yang berasal dari berbagai brand pernah menghadirkan ponsel dengan kemampuan pop up camera.

Teknologi kamera ini ternyata memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Teknologi Kamera 3D Huawei, Bisa Analisa Kulit Wajah

Deretan Kelebihan dan Kekurangan Kamera Pop Up?

Kamera pop up hadir untuk menjawab tren takik yang mungkin bagi sebagai pengguna cukup mengganggu. Dengan adanya pop up camera, maka layar tidak perlu lagi terpotong oleh lubang kamera depan.

Konsep kamera pop up ini sebagian besar menggunakan mekanisme stepper atau motor stepper. Mekanisme ini dapat digerakkan oleh software.

Dalam hal ini, perangkat lunak akan kirimkan instruksi serta gerakan yang tepat pada kameranya. Secara garis besarnya, mekanisme tersebut yang akan menjalankan keluar masuk dari pop up camera pada sebuah ponsel.

Baca Juga: Teknologi 33W SuperVOOC, Inovasi Pengisian Daya Cepat Oppo A76

Apa Itu Kamera Pop Up dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebelum kita mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari kamera pop up pada perangkat HP, tidak ada salahnya kita memahami apa yang dimaksud dengan kamera pop up dalam sebuah ponsel.

Pop up camera adalah salah satu fitur yang cukup canggih seperti Fingerprint dalam layar. Lalu apakah smartphone dengan kelengkapan teknologi kamera satu ini dapat dikatakan sebagai perangkat yang bagus?

Lalu apa sebenarnya kamera pop up tersebut? Pop up kamera atau kamera pop up dapat dikatakan sebagai kamera yang dapat ditampilkan atau disembunyikan. Hal ini dapat kita artikan sebagai kamera yang dapat keluar masuk.

Apabila pengguna akan menggunakannya, maka kamera akan keluar. Setelah selesai, kamera pun akan kembali masuk ke dalam ponsel. Namun akan ada modifikasi sistem dalam masing-masing tipe HP.

Modul kamera yang dapat berputar mengikuti instruksi kamera selfie (depan) sesuai dengan pilihan pengguna.

Apabila pengguna akan melakukan selfie, maka kamera akan keluar dan melakukan putaran ke bagian depan.

Begitu pula sebaliknya. Kamera akan masuk kembali ke dalam ponsel. Kamera pop up memiliki beberapa kelebihan, tetapi juga tak luput dari adanya kekurangan. Salah satu kelebihannya adalah lensa yang aman dari goresan.

Namun tidak tahu pasti, bagaimana ketahanan putaran dari kamera pop up. Apakah semakin sering kamera keluar serta berputar akan membuat engsel menjadi longgar?

Baca Juga: Auto Macro iPhone 13 Series, Kenali Manfaat dan Cara Menonaktifkannya!

Kelebihan dan Kekurangan Pop Up Camera

Pada smartphone dengan fitur kamera pop up, maka pengguna tidak akan menemukan kamera pada layar bagian depan.

Ponsel dengan teknologi kamera pop up memperoleh beberapa kelebihan juga kekurangan yang cukup beragam. Pada sebuah ponsel dengan pop up kamera akan memiliki kesan yang lebih modern.

Selain itu, karena kamera depan tidak memakan tempat pada layar, sehingga bagian depan ponsel menyajikan tampilan Full Screen.

Bahkan para pengguna pun akan memperoleh hasil foto yang berkualitas dengan tampilan canggih dan elegan.

Selain beberapa kelebihan dari kamera pop up, Anda juga perlu mengetahui kekurangan atau kelemahannya. Kelemahan yang pertama, pada umumnya ponsel dengan kamera pop tidak memiliki kemampuan water resistant.

Ini berarti ponsel tersebut rentan akan air. Hal ini karena adanya keberadaan sela agar mengeluarkan kameranya tersebut. Sehingga air dapat dengan mudah masuk ke dalam smartphone.

Selain itu, menonjolnya kamera dari tubuh perangkat HP karena adanya fitur pop up memungkinkan terjadinya patah pada kamera apabila pengguna tidak berhati-hati. Kelemahan atau kekurangan kamera pop up selanjutnya, adanya konsumsi baterai yang lebih besar.

Pasalnya, proses mekanisme mengeluarkan kamera memerlukan energi, maka ini juga akan memakan daya baterai ponsel, terutama apabila pengguna sering melakukan selfie. Sehingga kemungkinan baterai ponsel pun cepat habis. 

Bahkan ponsel dengan fitur kamera pop up tidak cocok pada lingkungan yang berdebu. Karena debu dan partikel kecil lain bisa menyusup ke dalam ponsel saat pengguna keluarkan kamera pop up. Ini juga dapat mengganggu keseluruhan sistem dalam smartphone.

Beberapa kelebihan dan kekurangan kamera pop dapat menjadi pertimbangan saat hendak melakukan pembelian ponsel dengan fitur kamera ini. Semuanya kembali kepada Anda, apakah memerlukan fitur kamera ini atau tidak. (R10/HR-Online)

- Advertisment -