Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita TerbaruKeluar Asap Putih dari Knalpot Mobil, Kenali Penyebab dan Solusinya!

Keluar Asap Putih dari Knalpot Mobil, Kenali Penyebab dan Solusinya!

Keluar asap putih dari knalpot mobil memang tidak bisa kita abaikan, seharusnya langsung kita perhatikan dan ketahui apa saja penyebabnya.

Pasalnya, asap mobil yang normal dengan kondisi mesin sempurna, maka tidak akan menimbulkan warna apapun.

Tapi berbeda lagi dengan jenis mesin diesel yang asapnya memang berwarna pekat, karena terbuat dari bahan dasar solar.

Namun apa jadinya jika mobil yang menggunakan bahan bakar mesin mengeluarkan asap berwarna? Apa penyebabnya?

Baca Juga: Knalpot Mobil Keluar Air, Jangan Panik! Ini Penyebabnya

Tiba-Tiba Keluar Asap Putih dari Knalpot Mobil? Jangan Langsung Khawatir!

Penyebab kendaraan mengeluarkan asap hingga ngebul memang sangat beragam. Bahkan cara mengatasinya juga berbeda, semua tergantung dari penyebab itu sendiri.

Selain itu, kondisi asap seperti ini terkadang juga membuat rasa tidak nyaman, baik untuk kita sendiri maupun pengendara lain.

Biasanya mobil yang mengeluarkan asap berwarna seperti ini karena ada gangguan pada komponen mesinnya.

Nah, bagi Anda yang mengalami kondisi seperti itu jangan langsung panik, sebaiknya ketahui dulu apa sebenarnya penyebabnya.

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, selanjutnya Anda bisa langsung mencari solusi terbaik dan yang cocok dengan faktor tersebut.

Baca Juga: Asap Knalpot Mobil Bau, Jangan Sepelekan Bisa Menimbulkan Bahaya

Air Pendingin yang Bocor

Keluar asap putih dari knalpot mobil bisa jadi karena faktor air pendingin yang bocor, sehingga menimbulkan asap berwarna. Biasanya kebocoran air pendingin ini adalah karena dari bagian retakan dinding silinder knalpot.

Bahkan suhu mesin juga dapat naik. Hal ini karena air pendingin yang semakin berkurang. Akibatnya mesin semakin panas dan knalpot muncul asap berwarna putih.

Oli Bocor

Apabila mobil Anda sudah mulai menunjukkan knalpot yang mengeluarkan asap berwarna, sebaiknya berhati-hatilah. Bisa jadi oli mobil alami kebocoran dan masuk ke ruang pembakaran.

Hal inilah yang menjadi penyebab keluar asap putih dari knalpot mobil secara otomatis di kendaraan roda empat Anda. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sampai Anda membiarkan masalah seperti ini terlalu lama.

Ada Sisa Air pada Knalpot

Knalpot pada mobil memang bisa membuat genangan air yang akhirnya terperangkap di dalamnya. Jika kondisi ini sudah terjadi, maka tetesan air tersebut akan terperangkap dan menguap.

Hasil penguapan itu membentuk menjadi asap yang berwarna putih. Tapi biasanya jika genangan air dalam knalpot sudah habis, kemungkinan besar asap putih akan menghilang dengan sendirinya.

Baca Juga: Penyebab Knalpot Mobil Ngebul, Masalah Terjadi pada Komponen Mesin

Bagaimana Solusinya?

Mobil dengan sistem pembakaran yang lancar dan sempurna memang tidak akan pernah mendapatkan masalah seperti ini.

Saat teknologi bergerak maju, maka campuran udara dan bahan bakarnya menjadi sesuatu yang penting.

Tapi apa jadinya jika knalpot tiba-tiba mengeluarkan asap yang berwarna? Saat knalpot mobil Anda muncul asap, maka jangan langsung khawatir dan panik.

Sebab Anda bisa langsung membawanya ke tukang bengkel terdekat apabila tidak dapat mengatasinya sendiri. Karena di sana mobil Anda akan langsung mendapat penanganan.

Jadi, saat keluar asap putih dari knalpot mobil, langsung saja membawanya ke tukang bengkel. (R10/HR-Online)

- Advertisment -