Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruKontak WhatsApp Hilang Tak Perlu Panik, Simak Trik Mudah untuk Atasi!

Kontak WhatsApp Hilang Tak Perlu Panik, Simak Trik Mudah untuk Atasi!

Kontak WhatsApp hilang secara tiba-tiba? Hal ini tentu dapat membuat panik, terutama jika kontak hilang merupakan orang penting atau keluarga yang akan Anda hubungi.

Namun Anda tidak perlu panik. Pasalnya, terdapat beberapa cara untuk dapat mengembalikan kontak WA yang hilang tersebut.

Baca Juga: Suara Teks WhatsApp Fitur Terbaru Jadi Viral, Untuk Apa Sih?

Cara Mengatasi Kontak WhatsApp Hilang Tiba-Tiba

Seperti yang kita tahu jika WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan saat ini.

Hal ini karena WA mempunyai beragam fitur yang cukup mudah untuk digunakan apabila kita bandingan dengan aplikasi pesan instan lainnya.

Meskipun demikian, salah satu aplikasi yang telah dikembangkan oleh Meta terkadang mengalami sejumlah masalah.

Salah satunya adalah kontak yang menghilang secara tiba-tiba. Hal ini tentunya dapat membuat pengguna merasa kesulitan saat akan menghubungi kontak tertentu yang telah tersimpan dalam aplikasi tersebut.

Sebagai informasi, kontak WhatsApp yang hilang secara tiba-tiba dapat terjadi saat pengguna memindahkan akun pada ponsel baru.

Selain itu, kontak yang menghilang juga dapat terjadi karena saat proses restart aplikasi WhatsApp. Berikut ini cara mengembalikan kontak WhatsApp yang hilang secara tiba-tiba, antara lain:

Bersihkan Cache di WA

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk dapat mengembalikan kontak WA yang hilang secara tiba-tiba adalah dengan membersihkan cache pada aplikasi tersebut. Caranya dengan masuk dalam menu pengaturan (setting) lalu pilih Application.

Baca Juga: Mode Fokus di WhatsApp Segera Hadir Untuk Semua Pengguna

Selanjutnya pilih WhatsApp. Jika sudah muncul tampilan Apps Info, maka silahkan pilih menu Force Stop dan pilih menu Clear Cache.

Berikutnya coba restart ponsel Anda. Silakan kembali ke aplikasi WhatsApp, lihat apakah kontak tersebut sudah terlihat atau belum.

Tampilkan Keseluruhan Kontak Melalui Pengaturan WA

Langkah lain yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kontak WhatsApp yang tiba-tiba hilang adalah dengan menampilkan semua kontak melalui pengaturan WA.

Mungkin penyebab kontak hilang karena pengaturan kontak WA yang belum aktif. Maka dari itu, aktifkan pengaturan ini melalui menu Settings. Kemudian pilih kontak dan cek list opsi Display All Contact.

Gunakan History Chat WA

Ini merupakan cara yang cukup mudah yang dapat Anda lakukan. Anda hanya perlu mencari nomor tanpa nama pada daftar chat yang Anda miliki.

Dapat pula dengan menggunakan kata kunci pada kolom search. Jika sudah menemukan kontak yang Anda cari, dapat menyimpan kembali kontak tersebut.

Baca Juga: Aplikasi WhatsApp Untuk iPad Akan Rilis, Tunggu Saja!

Aktifkan Menu Permission

Saat kontak WA Anda menghilang, mungkin menu permission pada ponsel belum aktif. Dengan demikian, kontak pada ponsel dan aplikasi WA tidak terkoneksi serta membuat kontak tidak muncul ketika Anda tidak sengaja merestart ponsel. Untuk mengatasi hal ini, maka aktifkan menu Permission pada ponsel Anda.

Ini dapat Anda lakukan dengan masuk dalam menu Setting, lalu pilih Application. Selanjutnya menu WhatsApp kemudian pilih Permission.

Langkah berikutnya, aktifkan menu Permission pada aplikasi WA supaya sistem dapat membaca kontak Anda. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan kontak Whatsapp hilang secara tiba-tiba. (R10/HR-Online)