Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita TerbaruLaptop Kemasukan Air, Jangan Panik Segera Lakukan Cara Ini!

Laptop Kemasukan Air, Jangan Panik Segera Lakukan Cara Ini!

Laptop kemasukan air atau ketumpahan cairan yang ada di sekitar Anda bisa jadi membuat panik. Selain itu, laptop ketumpahan air bisa jadi salah satu permasalahan yang akan membuat Anda bingung, sehingga Anda harus mencari cara mengatasinya dengan tepat. 

Anda bisa mengatasi laptop yang kemasukan air ini dengan menyesuaikan kondisi dan tingkat keparahan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencabut charger apabila Anda sedang mengisi daya laptop. Ini penting untuk Anda lakukan agar tidak terjadi korslet di dalam perangkat laptop.

Baca Juga: Kursor Laptop Bergerak Sendiri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Begitu juga jika laptop dalam keadaan menyala saat ketumpahan air, maka segera matikan laptop Anda. Jangan sampai air jadi penyebab laptop sering hang. Anda tentu tak mau hal itu terjadi.

Cara Mengatasi Laptop Kemasukan Air

Terdapat beberapa cara mengatasi laptop kemasukan air guna membantu untuk mencegah kerusakan agar tidak terlalu parah. Pengguna laptop bisa menggunakan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi laptop yang kemasukan air.

Membersihkan Laptop Selebar Mungkin

Pertama, Anda harus membuka laptop dengan selebar mungkin agar nantinya komponennya mudah untuk dilepas. Akan tetapi, Anda harus memastikan perangkat ini sudah tidak terkoneksi dengan listrik guna menghindari korsleting.

Setelah membuka laptop selebar mungkin, posisikan perangkat tersebut dengan menghadap ke bawah. Jadi, Anda harus memposisikan laptop seperti membentuk tenda dan membiarkan posisi tersebut selama beberapa jam.

Tujuannya adalah untuk mengeluarkan air yang sudah menyusup lebih parah ke dalam perangkat laptop.

Hal ini juga berguna untuk mencegah cairan masuk lebih dalam ke komponen laptop yang bisa memicu kerusakan pada hardware.

Melepaskan Keyboard

Melepas keyboard merupakan acara berikutnya untuk mengatasi laptop kemasukan air agar tidak terlalu parah. Anda bisa menggunakan cara ini apabila perangkatnya terkena air atau cairan lain yang sifatnya lengket.

Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Hang Secara Efektif dan Efisien

Anda bisa melepaskan keyboard laptop ini sendiri apalagi dalam beberapa perangkat dapat dilakukan dengan mudah. Setelah itu, Anda perlu menyiapkan cotton buds untuk membersihkan keyboard yang sudah basah karena tumpahan air.

Melepas Baterai Laptop dan Mencabut Kabel Laptop

Mencabut kabel merupakan langkah awal untuk mengatasi laptop kemasukan air guna memutuskan sambungan listrik saat perangkat sedang dalam tahap charging. Setelah mencabut kabel charger, Anda juga harus melepas baterai laptop.

Hal ini bertujuan untuk mencegah air masuk secara lebih dalam ke kedua komponen tersebut. Selain itu, Anda perlu mengambil cara tersebut guna menghindari kerusakan lebih parah. Selanjutnya, cabut juga semua komponen eksternal yang tertancap di laptop.

Lalu, siapkan kain dengan permukaan lembut untuk mengelap seluruh komponen laptop yang ikut basah. Pisahkan komponen yang tidak terkena air di tempat berbeda, sehingga kerusakan akibat laptop terkena cairan ini tidak semakin parah.

Membersihkan Semua Air yang Menumpahi Laptop

Cara mengatasi laptop kemasukan air selanjutnya, yaitu membersihkan semua cairan yang membasahi perangkat. Anda bisa membersihkan cairan tersebut menggunakan tisu toilet, spacer, atau kain lainnya yang bersifat halus.

Gunakan komponen yang tipis dan mampu menyerap cairan dengan cepat, sehingga laptop bisa cepat kering. Sementara untuk area yang susah dijangkau dengan kain atau tisu, Anda bisa menggunakan cotton buds untuk mengelapnya.

Jangan hanya mengelap laptop di bagian permukaan saja karena khawatirnya cairan sudah meresap ke komponen dalam perangkat. 

Bersihkan cairan hingga ke sela-sela keyboard agar laptop bisa mengering dengan sempurna tanpa ada komponen yang mengalami kerusakan parah.

Melepaskan Hardware yang Terjangkau

Langkah terakhir untuk mengatasi laptop kemasukan air adalah melepas hardware yang terjangkau, seperti hard drive misalnya. Lepas semua hardware tersebut agar Anda bisa membersihkannya satu per satu dari air yang menumpahi laptop.

Baca Juga: Cara Screenshot di Laptop Berikut Bisa Anda Terapkan dengan Mudah

Bersihkan secara perlahan menggunakan tisu atau kain yang sifatnya lembut ke seluruh bagian hardware. 

Lalu, Anda bisa memisahkan hardware setelah mengelapnya di tempat yang kering dan memastikan meletakkannya jauh dari cairan agar tidak mengalami permasalahan serupa.

Selain itu, Anda juga bisa memilih kain atau tisu karena lebih aman untuk membersihkan komponen laptop. Gunakan kedua alternatif alat tersebut dan hindari menggunakan hair dryer dalam mengeringkan laptop yang terkena air.

Hal ini karena hair dryer memiliki sifat panas yang bisa merusak komponen internal dalam hardware laptop. 

Tak hanya itu saja, hindari menyimpan hardware di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung guna menghindari kerusakan parah.

Beberapa cara mengatasi laptop kemasukan air di atas bisa Anda coba sebagai solusi agar kerusakan perangkat tidak terlalu parah. Ambil langkah yang tepat saat ada cairan yang tumpah di atas laptop guna meminimalisir kerusakan. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)