Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Randu untuk Kesehatan, Bisa Atasi Masalah Lambung

Manfaat Daun Randu untuk Kesehatan, Bisa Atasi Masalah Lambung

Manfaat daun randu untuk kesehatan mungkin masih jarang diketahui orang. Daun yang terdapat pada pohon randu ini asalnya dari negara Amerika bagian Selatan dengan nama latin Ceiba Pentandra.

Tinggi pohon randu bisa mencapai 30 meter. Daunnya berbentuk majemuk dan buahnya berwarna hijau lonjong. Banyak orang sering memanfaatkan buah randu ini sebagai bahan dasar pembuatan bantal dan kasur.

Selain buahnya, bagian daun pohon randu juga memiliki manfaat sebagai obat herbal alami untuk mengatasi masalah kesehatan.

Berdasarkan penelitian, daun randu memiliki kandungan flavonoid, saponin, hidrat, dammar, tanin, dan senyawa samak.

Semua kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh serta dapat membantu mengobati secara alami berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Manfaat Daun Anyang-anyang Sebagai Obat Herbal Berbagai Penyakit

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari daun randu.

Ketahui 5 Manfaat Daun Randu untuk Kesehatan Tubuh

Mengatasi Asam Lambung

Daun randu bermanfaat untuk mengatasi asam lambung berkat adanya senyawa antioksidan dan anti inflamasi yang cukup tinggi dalam daun tersebut.

Oleh karena itulah, daun ini dapat Anda gunakan sebagai obat alami untuk membantu mengatasi masalah asam lambung, sekalipun sudah tingkat kronis.

Baca Juga : Manfaat Daun Kacapiring Sebagai Obat Herbal Beberapa Jenis Penyakit

Mengobati Flu dan Batuk

Manfaat daun randu untuk kesehatan yang berikutnya yaitu membantu mengatasi flu dan batuk. Karena daun randu memiliki nutrisi penting yang baik untuk mengobati gangguan kesehatan tersebut.

Daun randu juga memiliki peran penting untuk mengatasi rasa gatal pada tenggorokan akibat adanya sakit batuk yang Anda derita. Bahkan Anda juga bisa dengan mudah mengeluarkan dahak dari tubuh.

Mengatasi Penyakit Diabetes

Ternyata daun randu ini bermanfaat pula untuk mengatasi penyakit diabetes. Menurut penelitian, ekstrak etanol pada daun randu yang masih muda memiliki kandungan zat bioaktif. Seperti saponin, gula pereduksi, polifenol, tanin, poliuronida, dan phlobatannin.

Baca Juga : Obat Herbal Asam Lambung Paling Ampuh yang Bisa Dibuat Sendiri

Mengatasi Diare

Manfaat lainnya dari daun randu yaitu untuk mengobati diare. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan ekstrak etanol dalam daun randu telah terbukti mempunyai efek farmakologi, yaitu sebagai antidiare.

Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat daun randu untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu bisa membantu menjaga agar mulut tetap sehat.

Penyebab masalah bau mulut maupun penyakit lain seperti sariawan akibat adanya kuman atau bakteri.

Agar kesehatan mulut selalu terjaga, gunakan daun randu secara rutin. Anda dapat menggunakan daun tersebut untuk berkumur.

Itulah beberapa khasiat dari daun randu untuk kesehatan. Selalu menjalani gaya hidup sehat adalah kunci utama untuk mencegah munculnya berbagai macam penyakit. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -