Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruMinum Kopi Cold Brew dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Minum Kopi Cold Brew dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Minum kopi cold brew saat ini sudah menjadi gaya hidup. Oleh sebab itu, kini banyak jenis kopi bermunculan untuk dikonsumsi. Jenis kopi yang banyak digemari saat ini salah satunya adalah cold brew.

Metode pembuatan jenis kopi tersebut cukup berbeda dari jenis kopi lainnya. Sesuai dengan namanya, ketika diseduh kopi cold brew ini menggunakan air yang dingin sebagai pengganti air panas. Karena biasanya menyeduh kopi menggunakan air panas.

Kopi cold brew sendiri rasanya tidak sepahit jenis kopi yang biasa diseduh. Meski begitu, rasa pahit dan tidaknya itu tergantung berapa lama mendiamkan kopi tersebut setelah menyeduhnya. Biasanya antara 12 sampai 24 jam.

Perbedaan dalam proses menyeduhnya ini menjadikan adanya sejumlah khasiat yang luar biasa jika mengonsumsi kopi jenis cold brew ini.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi kopi cold brew.

Baca Juga : Nirapresso Brand Minuman Kopi Baru di Indonesia, Sudah Coba?

Manfaat Minum Kopi Cold Brew untuk Kesehatan

Meningkatkan Mood

Kandungan kafein yang ada dalam jenis kopi ini mampu menjaga pikiran kamu tetap fokus, sekaligus meningkatkan mood. Apalagi jika kamu kurang tidur.

Berdasarkan hasil penelitian yang melibatkan 370 ribu orang menunjukkan bahwa, tingkat depresi bagi mereka yang mengonsumsi kopi lebih rentah. Tingkat depresi seseorang bisa turun sampai 8 persen.

Minum kopi cold brew juga bermanfaat untuk kesehatan jantung. Pasalnya, dalam setiap satu gelas jenis kopi ini mengandung senyawa yang mampu melawan gangguan kesehatan jantung.

Baca Juga : Kopi Kenangan Jadi Unicorn Baru Pertama Usai Raih Dana Rp 1,3 Triliun

Dalam hal ini termasuk serangan jantung, stroke, serta penyakit arteri atau jantung koroner lainnya.

Selain itu, senyawa yang terdapat dalam kopi dingin bisa membuat sensitivitas insulin meningkat serta menstabilkan kadar gula darah.

Meningkatkan Metabolisme

Dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga 11 persen jika kamu suka minum kopi cold brew. Karena, ketika metabolisme tubuh seseorang semakin tinggi, maka akan semakin banyak pula kalori yang terbakar saat kamu beristirahat.

Penyebab penyakit parkinson maupun alzheimer sama-sama karena kondisi neurodegeneratif. Hal itu akibat sel otak mati yang terjadi seiring dengan waktu.

Baca Juga : Manfaat Minum Kopi Lemon untuk Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Dua penyakit tersebut bisa berujung terhadap menurunnya kesehatan demensia dan mental. Dengan minum kopi cold brew maka kamu secara efektif bisa menurunkan risiko penyakit yang berkaitan dengan kedua penyakit tersebut.

Membantu Kamu Hidup Lebih Lama

Secara umum, minum kopi cold brew dapat turunkan risiko kematian. Karena jenis kopi ini mengandung antioksidan tinggi.

Kandungan tersebut berfungsi untuk mengurangi risiko terserang penyakit jantung, diabetes, stroke, infeksi, dan sistem pernapasan.

Itulah beberapa manfaat untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi jenis kopi cold brew.

Selain baik buat kesehatan, minuman tersebut juga akan menghilangkan rasa dahaga, terlebih saat cuaca sedang menyengat. (R3/HR-Online/Editor-Eva)