Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita BisnisMitos dan Fakta Valuasi Saham yang Investor Wajib Ketahui

Mitos dan Fakta Valuasi Saham yang Investor Wajib Ketahui

Mitos dan fakta valuasi saham perlu Anda ketahui sejak awal. Bahkan bagi investor keduanya perlu dipahami agar tidak terjerumus pada kemungkinan mengikuti kegilaan market.

Valuasi sendiri artinya adalah seni dalam mengestimasi nilai dari sebuah saham. Apalagi mengingat saham menjadi salah satu investasi terpopuler yang banyak dijadikan pilihan.

Kepopuleran saham juga membuat investor harus tahu bagaimana cara untuk melakukan strategi yang tepat. Sebab jika tidak ada strategi tersebut, kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan tidak akan mudah tercapai.

Baca Juga : Book Building Saham, Mengenal Lebih Luas Tentang Definisinya

Mitos dan Fakta Valuasi Saham yang Wajib Diketahui Investor

Keberadaan mitos dan fakta dalam dunia investasi saham sebenarnya cukup sering terjadi. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak mempercayai adanya hal tersebut.

Mitos sendiri bukan sesuatu yang berkaitan dengan hal mistis. Dalam dunia investasi, mitos bisa menghambat alokasi dana untuk investasi.

Namun untuk faktanya mitos telah menjadi apa yang benar-benar terjadi dalam dunia investasi. Adapun beberapa mitos dan fakta dalam valuasi saham diantaranya adalah:

Prediksi Valuasi yang Baik

Untuk mitosnya valuasi saham yang baik dapat mengestimasikan nilai saham secara akurat. Namun, faktanya tidak ada valuasi saham yang akurat.

Imbas hasil terbesar bagi pelaku investasi adalah ketika valuasinya terlalu rendah.

Baca Juga :  Bea Materai Saham Akan Terlaksana Per Maret 2022? Ini Ketentuannya!

Valuasi Pencarian Objektif

Mitos dan fakta valuasi saham perlu investor ketahui karena banyaknya hal yang akan berpengaruh pada kondisi yang terjadi. Seperti halnya mitos tentang valuasi merupakan pencarian objektif terhadap nilai wajar saham.

Namun faktanya semua valuasi mengandung bias. Arah bias tersebut berbanding lurus dengan siapa yang membayar dan berapa besar bayarannya.

Model Valuasi

Dalam pemahaman model valuasi mitosnya semakin kompleks suatu model, maka semakin bagus juga hasil valuasi. Namun, untuk faktanya sendiri valuasi yang lebih sederhana seringkali lebih efektif daripada valuasi kompleks.

Pemahaman beberapa investor justru berbanding terbalik terhadap model valuasi. Model valuasi berbanding terbalik dengan jumlah kebutuhan input.

Mitos dan kebenaran tentang valuasi saham memang memberikan dampak tersendiri bagi investor. Untuk itu, sangat penting memahami keduanya. Hal ini bertujuan agar investasi tidak merugi.

Baca Juga : Saham ADCP Oversubscribe Mencapai 14,4 Kali di Pertama Penawaran

Sifat Valuasi dalam Investasi

Memilih melakukan investasi memang cukup membantu memperoleh penghasilan yang menjanjikan. Namun pastikan strategi yang Anda gunakan tepat.

Faktanya valuasi mempengaruhi harga saham dalam jangka panjang. Hal ini berlaku dan cenderung mengikuti nilai wajarnya.

Sehingga tidak berlaku untuk investasi jangka pendek. Untuk itu, pernyataan jika valuasi saham tidak penting karena ketentuan harga saham oleh pelaku pasar merupakan mitos.

Banyak faktor yang berpengaruh pada sebuah investasi. Hal ini juga mempengaruhi akan anggapan mitos dan fakta valuasi saham. Sebab, keduanya akan berpengaruh pada dana investasi yang akan investor gunakan untuk menentukan jual beli saham. (R10/HR-Online)