Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruModif Motor Matic Ban Besar Jangan Asal, Gunakan Tips Ini

Modif Motor Matic Ban Besar Jangan Asal, Gunakan Tips Ini

Modif motor matic ban besar bisa Anda lakukan untuk membuat tampilan terlihat menarik. Apalagi ban termasuk salah satu bagian yang menjadi sasaran modifikasi.

Melakukan modifikasi sepeda motor menjadi salah satu yang kerap dilakukan oleh para biker. Modifikasi dilakukan guna mendapat tampilan kendaraan yang menarik dan berperforma tangguh.

Aktivitas modifikasi tidak hanya dilakukan pada bagian mesin atau body saja. Akan tetapi, komponen lain yang menjadi sasaran modifikasi para pemilik sepeda motor yaitu bagian ban dan velgnya.

Sepeda motor berbagai tipe kerap dimodifikasi untuk memberikan tampilan keren secara optimal. Bahkan hal ini juga terjadi pada jenis sepeda motor tipe matic.

Saat Anda ingin melakukan modif motor matic ban besar, sebaiknya gunakan tips tepat. Hal ini bertujuan agar kendaraan tetap aman dan nyaman saat Anda kendarai.

Baca juga: Cara Meningkatkan Akselerasi Motor Matic Agar Semakin Gahar

Tips Modif Motor Matic Ban Besar Agar Tetap Nyaman

Tidak sedikit pemilik kendaraan yang melakukan modifikasi pada motor kesayangan. Salah satu yang banyak dilakukan yaitu dengan modifikasi bagian ban motor.

Alasan melakukan modifikasi pada sepeda motor cukup beragam, mulai dari menginginkan cengkraman lebih baik di jalan sampai dengan tampilan yang menarik.

Untuk mendapatkan keduanya, Anda bisa melakukan modifikasi dengan mengganti ban motor yang lebih lebar dan besar.

Meski demikian, Anda juga harus memperhatikan keselamatan berkendara. Jangan hanya melihat tampilannya yang gagah tanpa Anda memperhatikan keselamatan berkendara.

Apalagi jika ukuran yang digunakan untuk modifikasi cukup besar. Anda bisa mengganti ban seperti motor balap agar cengkeraman lebih bagus pada jalan beraspal.

Namun untuk melakukan modifikasi Anda tidak bisa sembarangan. Ada beberapa aturan yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga keselamatan berkendara.

Tujuannya untuk bisa membuat kendaraan lebih nyaman dan menjaga Anda tetap selamat berkendara. Berikut ini ada beberapa tips mudah yang bisa Anda gunakan ketika melakukan modif motor matic ban besar.

Baca juga: Motor Matic Yamaha Vinoora Punya Desain Unik dan Lucu, Mirip Robot

Desain Tapak Ban

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan ketika hendak melakukan modif motor matic ban besar yaitu memperhatikan pola tapak. Sebab pola tersebut menjadi salah satu yang berpengaruh pada keselamatan.

Sebaiknya pilih menurut kebutuhan, jangan hanya memikirkannya dari segi tampilan. Bila memilih sesuai kebutuhan, akan membantu Anda lebih nyaman dalam berkendara.

Untuk penggunaan pola tapak renggang dan besar umumnya cocok di area jalan berpasir dan tanah, bukan aspal.

Ukuran

Untuk ukurannya sendiri Anda perlu perhatikan. Sebagian besar pemilik kendaraan sebaiknya memperbesar ukuran ban lebih dari dua tingkat maksimalnya. Sebenarnya memperbesar ukuran ban tidak menjadi larangan.

Hal ini juga terjadi pada modif motor matic ban besar. Anda jangan asal memilih ukuran ban, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi jika sepeda motor akan Anda gunakan pada jalan raya, perlu penyesuaian yang berbeda.

Rumusnya tambah ukuran maksimal 2 tingkat. Misalnya ukuran ban sepeda motor 90/80-14 inci, maka maksimal kenaikannya yaitu 110/80-14 inch. Aturan ini perlu Anda perhatikan agar berkendara tetap nyaman.

Jika Anda tidak menggunakan rumus tersebut, efeknya akan buruk. Bisa-bisa karet bundar bisa bersinggungan dengan suspensi dan sepatbot.

Hindari Penggunaan Ban Tubeless dengan Ban Dalam

Tips modif motor matic ban besar selanjutnya yaitu hindari penggunaan ban tubeless dengan ban dalam. Kombinasi keduanya sebenarnya tidak boleh.

Namun masih ada beberapa pemilik sepeda motor yang memilih jalan pintas tersebut. Jika Anda melakukannya, akan mengganggu sistem keselamatan berkendara.

Ban dalam yang ada pada ban tubeless berpotensi membuat gesekan terganggu. Apalagi jika Anda menjalankan kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Gesekan akan berakibat pada goyangan ban. Hal ini menjadi alasan mengapa kombinasi keduanya justru tidak boleh. Bisa-bisa kecelakaan akan menghampiri karena kondisi tersebut.

Bawa Ke Bengkel Terbaik

Untuk melakukan modifikasi sebaiknya jangan sembarangan. Tips terakhir yang perlu Anda perhatikan yaitu melakukan modifikasi pada bengkel terbaik.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya bawa ke bengkel profesional. Anda harus pastikan penggantian ban dan ukuran tepat. Jangan sampai Anda menggantinya sendiri jika bukan ahlinya.

Hal ini justru bisa berakibat menimbulkan banyak hal negatif. Mulai dari pelek bengkok hingga ban kurang tepat dalam pemasangannya.

Dengan memilih bengkel terbaik profesional, modif motor matic ban besar akan berjalan dengan baik dan aman. (R10/HR Online)

- Advertisment -