Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruOffload Unused App iPhone Menghemat Ruang Penyimpanan Otomatis

Offload Unused App iPhone Menghemat Ruang Penyimpanan Otomatis

Offload Unused App iPhone membantu penggunanya lebih hemat kapasitas penyimpanan. Bahkan cara yang dilakukan cukup mudah. Teknologi terbaru pada aplikasi setting ini memang memberikan banyak pengaturan baru.

Anda bisa menemukannya pada perangkat dengan sistem update iOS 11. Anda sering kehabisan ruang penyimpanan? Kini jangan panik lagi.

Teknologi ini bisa pengguna manfaatkan untuk tidak menghapus data aplikasi yang sudah ada sementara waktu.

Sehingga fitur menarik ini akan membantu mengurangi kendala penyimpanan pada perangkat. Hanya saja untuk yang bisa memanfaatkan fitur Offload Unused App iPhone hanya pada perangkat dengan sistem iOS 11 saja.

Baca Juga: Fungsi Magnifier di iPhone, Begini Cara Mengaktifkan dan Mengaksesnya

Pengaturan Offload Unused App iPhone

Terkadang pemilik ponsel Android maupun iOS kesulitan tentang ruang penyimpanan yang terbatas. Sering muncul peringatan ruang penyimpanan habis, padahal Anda masih menginginkan untuk menyimpan, baik itu aplikasi penting ataupun lainnya.

Sehingga mau tidak mau Anda harus menghapus beberapa aplikasi atau file terlebih dulu. Namun kini untuk pengguna iPhone sudah ada terobosan teknologi terbaru dari sistem pengaturan.

Hadirnya fitur Offload Unused App iPhone memberikan kemungkinan Anda lebih mudah dalam penyimpanan.

Fitur baru iPhone yang satu ini secara sederhana adalah mode hapus otomatis untuk aplikasi yang jarang digunakan.

Meski terhapus dari iPhone Anda, data dan dokumen dari aplikasi tetap tersimpan serta dapat Anda manfaatkan kembali setelah aplikasi terinstal.

Cara ini memberikan kemudahan bagi pengguna iPhone untuk memperoleh ruang penyimpanan yang lega secara otomatis. Sehingga tidak perlu lagi repot menghapus aplikasi secara manual.

Misalnya ketika Anda mengambil foto atau video penting dan perangkat iPhone mulai kehabisan storage, maka fitur ini bisa Anda manfaatkan.

Anda cukup aktifkan fitur pengaturan dan secara otomatis akan membantu memberikan ruang penyimpanan yang lapang.

Perlu diingat bahwa fitur Offload Unused App ini juga bisa berjalan secara manual jika memang diperlukan. Sebaiknya Anda tahu bagaimana cara untuk mengaktifkannya.

Baca Juga: Fungsi GarageBand di iPhone, Hadirkan Musik Lebih Berwarna!

Cara Offload Unused App Secara Manual

Bagi perangkat iOS 11 bisa menggunakan fitur baru Offload Unused App iPhone yang kini mampu membantu Anda dalam segi ruang penyimpanan.

Pengaturan ini ternyata bisa dilakukan secara manual. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan yaitu:

  1. Langkah awal yaitu pastikan Anda sudah update ke iOS 11
  2. Selanjutnya cukup masuk pada menu Setting > General > iPhone Storage
  3. Langkah selanjutnya yaitu cari aplikasi pihak ketiga yang hendak offload atau Anda hapus. Meski demikian, data serta catatan dokumen tetap tersimpan pada list tersebut dan bisa Anda gunakan kembali setelah instal selesai.
  4. Setelah membuka info tersebut secara terperinci, Anda bisa tekan tombol offload app. Walau terhapus, data dan informasi tetap aman.
  5. Untuk detail kapasitasnya, Anda bisa melihat informasinya di App size. Sedangkan untuk data serta dokumen yang tersimpan bisa Anda lihat pada bagian dokumen dan data.

Cara Mengaktifkan Offload Unused App

Setelah Anda tahu lebih jelas tentang fitur Offload Unused App iPhone dan cara menggunakannya secara manual, kini untuk mengaktifkannya juga lebih mudah. Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Sebelum mengaktifkan fitur Offload Unused App, pastikan sudah update ke iOS 11
  2. Jika sudah update, Anda bisa masuk pada menu Setting > iTunes & App Stores- Offload Unused Apps – ON
  3. Setelah selesai, maka proses ini akan berjalan secara otomatis saat perangkat mendeteksi kapasitas penyimpanan sudah minim. Sehingga membutuhkan ruang penyimpanan lebih agar bisa menginstal aplikasi atau menyimpan baik foto atau video baru.

Baca Juga: Fungsi Gesture di iPhone Perlu Pengguna Ketahui, Simak Ini!

Ciri-Ciri Aplikasi yang Ada Dalam Offload App

Selain mengetahui cara mengaktifkan fitur tersebut, ada juga ciri-ciri yang bisa Anda tahu jika aplikasi berada dalam mode offload app. Sehingga aplikasi harus terunduh sebelum bisa kembali Anda gunakan.

Cara melihatnya cukup mudah. Ada ikon awan dan panah berada pada area bawah sebagai pertanda jika aplikasi sedang dalam mode offload App.

Ketika Anda hendak menggunakannya kembali, cukup tekan dan masuk mode unduh. Begitu selesai, data terakhir yang Anda gunakan akan tampil secara lengkap.

Bagaimana, cukup mudah dan membantu bukan dengan fitur Offload Unused App iPhone? (R10/HR-Online)