Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruPanasonic Lumix GH5 II, Kamera Andalan dengan Banyak Fitur Terbaru

Panasonic Lumix GH5 II, Kamera Andalan dengan Banyak Fitur Terbaru

Panasonic Lumix GH5 II merupakan jenis kamera dengan banyak kelebihan. Kamera ini sebagai penerus seri Lumix GH5 yang sudah rilis tahun 2017 silam.

Inovasi ini merupakan kali pertamanya Lumix berhasil menyematkan Mark II karena sebelumnya Lumix GH selalu alami pembaruan.

Misalnya saja GH1, GH2, dan seterusnya. Produk ini merupakan kamera mirrorless yang berformat micro four thirds beresolusi 20.3MP.

Kamera Panasonic Lumix GH5 II Hadir dengan Banyak Keunggulan

Seperti yang kita ketahui bahwa Panasonic sendiri merupakan salah satu produsen kamera yang sangat populer bagi kalangan kreator konten video.

Karena sejak tahun lalu, produsen kamera tersebut telah berhasil dalam memperbarui produk terbarunya hingga laris di pasaran.

Baca Juga: Kamera DSLR Semi Pro Terbaik, Spesifikasi Handal Harga Terjangkau!

Hadir dalam bentuk MFT atau Micro Four Thirds, kamera ini muncul dengan desain yang familiar dan membawa banyak kelebihan.

Pasalnya, perusahaan yang sudah ada sejak tahun 1928 itu menghadirkan kamera ini sebagai pengisi kesenjangan.

Sebab, waktu itu tengah menyiapkan seri GH6 yang kabarnya juga hadir sebelum tahun 2021 berakhir.

Walau demikian, tidak lantas pula untuk membuat kamera Panasonic Lumix GH5 II ini tak menarik. Mengingat, harga jualnya jauh lebih murah daripada sebelumnya.

Sedangkan untuk seri pertama yang meluncur awal 2017 lalu, wajar saja jika rilis pembaruan dalam seri sangat familiar.

Akhirnya Panasonic berhasil memberi upgrade pada sistem internalnya dan membawa peningkatan dengan banyak fitur terbaru.

Desain Layar

Layar pada Panasonic Lumix GH5 II di belakang body memang lebih kecil yakni berukuran 3 inci, tapi jauh lebih baik sebab kecerahannya beresolusi 1,840K dot. Pada bagian body juga mempunyai stabilitas yang sudah mengalami peningkatan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula, Kenali Mode Kamera

Bahkan lengkap dengan dukungan shutter speed yang lebih lama mencapai 6,5 stop dan sektor konektivitas meningkat agar lebih modern. Desain body ini juga hampir sama seperti pendahuluanya.

Misalnya tombol video yang berwarna merah penuh layaknya seperti kamera varian GH5S dengan berat nyaris sama.

Walaupun layar LCD lebih kecil, namun resolusi Panasonic Lumix GH5 II jauh lebih tinggi dan kapasitas baterainya lebih besar pula.

Kamera Panasonic varian Lumix S5 membawa kapasitas baterai sebesar 2200 mAh, sementara GH5 hanya 1800 mAh.

Tentunya GH% II sudah menggunakan processor dan sensor yang sama seperti GH5, namun dengan sejumlah perubahan.

Spesifikasi

Kamera terbaru dari Panasonic ini memiliki desain yang sama seperti pendahulunya yakni adanya prosesor bernama Venus Engine pada bagian body. Untuk sensor utamanya juga sama yakni beresolusi 20,3MP Digital Live MOS.

Hanya saja, ada tambahan lain yakni lapisan anti reflektif untuk membuat kualitas gambar lebih jelas dalam situasi pencahayaan tertentu.

Sedangkan untuk format perekaman videonya, kamera Panasonic Lumix GH5 II ini secara native mampu melakukan perekaman ke dalam format 4K 60p 10-bit 4:2:0.

Selanjutnya profil V-Log L sepertinya juga telah terpasang. Berbeda lagi dengan sebelumnya yang hanya menjadi opsi berbayar.

Sementara untuk frame ratenya di 4K paling maksimal adalah 60fps. Lalu untuk Full HD bisa mencapai hingga 180fps.

Baca Juga: Canon EOS R6, Kamera Mirrorless Full Frame Terbaru

Tentunya kamera ini mampu merekam video secara eksternal dan internal melalui HDMI, tapi belum dapat rekam RAW video. Meski demikian, kamera ini akan memudahkan untuk merekam video profesional.

Fitur Lain dan Harga

Panasonic Lumix GH5 II mampu untuk melakukan live streaming ke Facebook, YouTube, Twitch, sampai dengan platform ternama yang lain.

Kemudian juga dapat gunakan Wi-Fi maupun jaringan dari data HP yang tersambung melalui aplikasi khusus.

Lebih menariknya lagi, kamera ini tidak menggunakan micro USB. Untuk mengisi daya pun menggunakan kabel USB-C yang kini jauh lebih cepat karena dukungan standar USB-PD.

Sedangkan untuk portal yang lain, kamera dari Panasonic ini mendukung protokol RTPM/RTMPS dan mampu memberi video dalam format 1080p 60fps hingga bitrate 16Mbps.

Hadir dengan prosesor baru dan banyak peningkatan fitur, ternyata kamera Panasonic Lumix GH5 II malah memiliki harga cukup terjangkau. Kamera ini sudah tersedia mulai dari harga sekitar Rp 24 jutaan. Lalu untuk paket bundling seharga Rp 32 jutaan. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)