Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita CiamisRatusan KPM di Ciamis Antre Pencairan BPNT di Dua Desa

Ratusan KPM di Ciamis Antre Pencairan BPNT di Dua Desa

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ratusan KPM (Kelompok Penerima Manfaat) di Banjarsari Kabupaten Ciamis padati lokasi pencairan BPNT di dua desa dengan penyalur Kantor Pos dengan sistem cash, Kamis (24/02/2022).

Pantauan HR di lapangan, ratusan KPM itu berasal dari dua Desa, yaitu Sindangsari dan Sindangasih Kecamatan Banjarsari. Mereka terlihat membludak dan berdesakan saat antre pencairan,

Sementara itu, informasi di lapangan juga terjadi upaya penggiringan KPM untuk langsung membelanjakan uang bantuan tersebut ke E-warong oleh petugas pendamping pencairan.

Sejumlah KPM yang enggan menyebutkan namanya mengaku sudah ada yang mengarahkan untuk tetap berbelanja di E-warong.

“Sebenarnya saya ingin membelanjakannya ke warung lain, tapi tadi kan dari awal sudah ada pengumuman harus belanja di E-warong,” terangnya.

baca juga: Dosen Unigal Latih UMKM Sawargi Manfaatkan Aplikasi Canva

DPRD Ciamis Sebut KPM Boleh Belanjakan di Manapun

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Ciamis Syarif Sutiarsa saat melakukan monitoring menyebut KPM boleh memilih belanja di manapun, asal sesuai peruntukan yang tercantum di aturan.

“Namun paling utama ya belanjanya di E-warong karena ini salah satu program pemerintah yang harus kita dukung. Tapi ini juga tidak melarang jika para KPM belanja selain ke e-warong. Apabila E-warong tidak siap atau harganya lebih mahal, ya silakan belanja di warung lain,” katanya.

Anggota DPRD Ciamis lainnya Wagino juga mengatakan hal senada. Ia mengatakan jangan sampai program pemerintah jadi terhambat, makanya semua pihak harus mendukungnya, salah satunya dengan membelanjakannya ke E-Warong.

“Namun apabila kondisinya tidak sesuai harapan dari KPM, ya silakan belanja ke warung atau pasar, yang penting uangnya dibelanjakan sembako sesuai yang tertera,” terangnya.