Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaTeknologiAplikasiPengunduhan Gagal di WA, Ini Cara Mengatasinya!

Pengunduhan Gagal di WA, Ini Cara Mengatasinya!

Pengunduhan gagal di WA dapat disebabkan oleh beberapa hal. Terkadang saat melakukan pengunduhan di WA tidak berjalan lancar atau gagal, namun jangan khawatir karena terdapat cara untuk mengatasinya. Ada beberapa file media di WhatsApp yang selalu gagal didownload dan sebagainya.

Baca Juga: Sound of Text WhatsApp Fitur Terbaru Jadi Viral, Untuk Apa Sih?

Biasanya akan muncul notifikasi “Unduhan Gagal” atau “Download Failed” saat melakukan proses download file media tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi pengunduhan gagal tersebut.

Solusi Atasi Pengunduhan Gagal di WA

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah kegagalan saat mengunduh file di WA.  Berikut ini beberapa solusi yang bisa Anda terapkan agar file media di Whatsapp bisa terunduh dengan baik.

Cek Memori

Memori penyimpanan yang habis juga akan menjadi penyebab Whatsapp gagal melakukan pengunduhan. Apabila saat cek memori penyimpanan penuh, maka perlu menghapus sebagian data.

Mulai dengan hapus cache aplikasi, file-file tidak penting dan juga file sampah yang memenuhi memori penyimpanannya. Selain itu, Anda juga perlu cek kartu memori eksternal.

Apabila mengalami corrupt atau error, maka hal inilah yang menjadi masalah dalam pengunduhan Whatsapp. Solusinya dengan cara format kartu memori atau membeli kartu SD yang baru.

Mengecek Koneksi Internet

Cara lain yang perlu Anda lakukan yakni dengan cek kecepatan koneksi internetnya, salah satunya dengan aplikasi speedtest. Apabila terdeteksi tidak normal atau sangat lambat, hal inilah yang menyebabkan gagal unduh.

Baca Juga: Aplikasi Download Status WA (WhatsApp), Gratis, Mudah dan Cepat

Untuk mengatasi pengunduhan di WA gagal, Anda dapat menggunakan jaringan Wi-Fi sementara waktu. Selain itu, mengganti kartu provider lainnya yang memiliki kualitas koneksi internet lebih baik.

Cek Tanggal Atau Waktu

Apabila terjadi perbedaan waktu, maka juga dapat menyebabkan pengunduhan gagal. Solusi terbaik adalah sesuaikan dengan waktu yang tepat agar menjadi normal seperti semula.

Cek File di Galeri Atau Ruang Penyimpanan

Biasanya file sudah pernah Anda download, akan tersimpan di galeri atau penyimpanan smartphone. Hal ini menjadi cara mengatasi file media yang tidak Anda temukan di WA. Namun whatsapp membacanya sudah kadaluarsa, sehingga tidak dapat membukanya lewat aplikasi whatsapp langsung.

Meminta File DIkirim Ulang Kembali

Apabila pengirim file media adalah teman Anda, sementara file tersebut sangat penting. Maka Anda dapat memintanya untuk mengirim ulang. Sebab cara ini jelas efektif ketika terjadi pengunduhan gagal pada file WA.

Update dan Restart Smartphone

Kemungkinan ada update dari aplikasi Whatsapp yang sudah terbit, namun Anda belum melakukan update. Anda dapat mengecek lewat google playstore, kemudian cek apakah penggunaan aplikasi Whatsapp sudah melakukan update.

Apabila sudah update, maka coba untuk melakukan restart smartphone. Sebab cara ini juga berhasil dalam mengatasi masalah pengunduhan gagal. Kemungkinan saja terjadi error di Whatsapp, namun dengan cara restart akan kembali seperti semula.

Pengunduhan gagal di WA memang menjadi masalah yang seringkali terjadi dan harus segera mengatasi masalahnya. Hal itu agar tidak mengganggu komunikasi Anda dengan orang lain yang efektif menggunakan WhatsApp. (R10/HR-Online)