Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Ban Tubeless Benjol Akibat Kurangnya Tekanan Angin

Penyebab Ban Tubeless Benjol Akibat Kurangnya Tekanan Angin

Penyebab ban tubeless benjol cukup beragam. Jika Anda menjadi salah satu pengguna ban tubeless, ada baiknya memperhatikan hal ini. Ban menjadi salah satu komponen penting yang perlu Anda perhatikan.

Komponen ini penting keberadaannya karena bersentuhan dengan aspal. Perawatan tidak hanya pada bagian mesin dan bodi sepeda motor saja. Namun Anda perlu memperhatikan banyak hal, termasuk ban.

Sebaiknya Anda perhatikan kondisinya agar tidak menimbulkan masalah atau bahkan terjadinya kecelakaan. Salah satu yang perlu Anda kontrol yaitu tekanan angin. Sebab masalah ini sering terabaikan.

Baca juga: Penyebab Ban Tubeless Bocor dan Sering Kempes

Padahal justru kurangnya tekanan mampu menimbulkan banyak masalah baru. Tekanan angin yang tidak sesuai mampu berpengaruh pada pemakaian, risiko terjadi kecelakaan, hingga mengakibatkan ban tubeless benjol.

Sebenarnya untuk penyebab ban tubeless benjol juga cukup beragam. Salah satunya karena tekanan angin kurang pas. Untuk itu, jangan hanya menganggap hal tersebut sepele.

Pastikan Anda selalu memperhatikan komponen tersebut agar tetap dalam kondisi bagus. Sebenarnya untuk rekomendasi tekanan setiap jenis ban berbeda. Namun umumnya antara 29-30 psi pada bagian depan dan 32-33 psi bagian belakang.

Ban tubeless benjol sering menjadi masalah jika Anda kurang memberikan perhatian pada komponen yang satu ini.

Agar fungsinya bisa tepat, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal yang sering menyebabkan ban motor benjol.

Pahami Penyebab Ban Tubeless Benjol yang Umum Terjadi

Setiap komponen kendaraan tentu memiliki masa pakai dan waktu yang tepat untuk diganti. Hal ini juga berlaku pada ban motor. Sebagai peran untuk pijakan langsung sepeda motor, membuat kondisinya harus prima.

Jika tidak, justru akan mengakibatkan bahaya. Jenis dari ban sepeda motor cukup beragam. Namun salah satu yang populer yaitu ban tubeless. Jenis ban ini populer karena kelebihan yang diberikan.

Baca juga: Cara Mengatasi Ban Tubeless Bocor Halus dengan Cara Sederhana

Meski demikian, bukan berarti ban tubeless tidak dapat menghadapi masalah. Sering terjadi kasus ban benjol meski kondisinya belum lama diganti. Selain itu, ban yang robek dan tidak rata juga bisa Anda alami sewaktu-waktu.

Agar Anda bisa mengantisipasi masalah tersebut, ada baiknya jika tahu beberapa penyebabnya.

Selain karena tekanannya yang tidak sesuai, masih banyak penyebab yang dapat menimbulkan penyebab ban tubeless benjol secara tiba-tiba.

Membawa Beban Berlebih

Penyebab ban tubeless benjol yang lain yaitu karena Anda sering membawa barang bawaan atau muatan berlebih pada sepeda motor. Sehingga kondisi ban sebagai penopang beban sepeda motor tidak kuat.

Apalagi jika kendaran melaju pada jalur jalan yang rusak atau tidak rata. Meski ban tubeless memiliki berbagai kelebihan, masih bisa terjadi benjolan.

Bahkan jika Anda melakukan secara terus-menerus tanpa memperhatikan kondisi ban, mengakibatkan kondisinya semakin parah. Akibatnya membuat ban menjadi robek.

Untuk itu, agar dapat mencegah timbulnya masalah ini, Anda harus menjaga kondisi ban motor. Pastikan Anda membawa barang sesuai kapasitas normal.

Hal ini juga dapat membuat kondisi sepeda motor tetap aman dan lebih awet. Kondisinya tetap prima termasuk pada bagian ban.

Posisi Parkir yang Salah

Saat pergi ke berbagai tempat terkadang tidak ada lahan untuk parkir. Sehingga mau tidak mau Anda menempatkan sepeda motor pada bagian trotoar.

Padahal jika Anda tidak berhati-hati, hal ini yang menjadi penyebab ban tubeless benjol atau bahkan robek. Posisi parkir yang terlalu dekat dengan pembatas ban atau trotoar mengakibatkan masalah ini bisa Anda alami.

Baca juga: Ban Tubeless Sering Kempes, Bisa Jadi Ini Faktor Penyebabnya

Meski parkir seperti ini sering Anda alami, pastikan jika tekanan angin dalam kondisi pas. Sehingga risiko ban benjol akan sedikit berkurang.

Walau sepele, namun apabila penyebab ban tubeless benjol ini Anda abaikan, maka akan merugikan. Maka dari itu, perhatikan sejak awal.

Proses Tambal Ban yang Kurang Tepat

Salah satu kondisi yang mengakibatkan ban tubeless benjol yaitu dari penambalan kurang tepat. Penambalan ban tubeless luar yang sering terjadi justru menjadi penyebabnya. Sebaiknya tidak perlu melakukan penambalan.

Sebab hal itu akan merusak struktur ban. Tidak hanya risiko bocor lebih besar, namun ban benjol pun dapat Anda alami. Ternyata penambalan justru menjadi salah satu penyebab ban tubeless benjol. (R10/HR-Online)