Kamis, Juni 30, 2022
BerandaTeknologiAplikasiPerpanjangan Durasi Video TikTok Diuji Coba, Apa Motivasinya?

Perpanjangan Durasi Video TikTok Diuji Coba, Apa Motivasinya?

Perpanjangan durasi video TikTok memang tidak sekali dilakukan. Jika pada tahun lalu, TikTok telah mengumumkan perpanjangan durasi video dari 1 menit menjadi 3 menit. Kemudian dalam beberapa waktu setelahnya, TikTok menambahkan durasi menjadi 5 menit.

Ini terjadi tepatnya pada Agustus tahun lalu. Kini santer beredar kabar bahwa TikTok akan melakukan adanya pembaharuan untuk memberikan durasi video yang lebih lama. Tak tanggung-tanggung, durasi yang akan hadir hingga 10 menit lamanya.

Baca Juga: Sosok Tante Lala, TikToker Viral Asal Manado yang Hobi Marah Tapi Lucu

Info Perpanjangan Durasi Video TikTok Terkini

Layanan video berdurasi pendek sejak pertama kali meluncur semakin populer di kalangan pengguna. Dalam hal ini, perusahaan analisis video Conviva berhasil mencatat 12% video di YouTube pada tahun 2021 mempunyai durasi kurang dari 1 menit.

Saat ini, dengan lebih dari 1 miliar pengguna TikTok di seluruh dunia, maka platform video pendek ini pun berupaya untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

Mengutip dari 9to5Mac, Rabu 23 Februari 2022, menyebutkan bahwa TikTok tengah menguji coba video berdurasi 10 menit untuk beberapa kelompok kecil pengguna.

Hal ini TikTok lakukan mengingat sebelumnya, kompetitor dari aplikasi video pendek ini telah merilis versi layanan video pendek masing-masing.

Mulai dari Instagram dengan Reels, Snapchat dengan Spotlight, serta YouTube yang memiliki Short. Keseluruhan platform tersebut menghadirkan video berdurasi singkat yakni selama 1 menit.

Baca Juga: Download Video TikTok Tanpa Watermark Mudah Banget, Ini Caranya!

Motivasi Perpanjangan Durasi Video TikTok

Dengan adanya penambahan durasinya TikTok ini, maka memungkinkan para pembuat kontennya dapat menemukan cara kreatif dalam susun video yang kohersif. Akan tetapi, dengan waktu yang terbatas.

Selama ini, TikTok telah bereksperimen dengan ide yang memungkinkan video dengan durasi yang lebih panjang.

Hal ini tentunya melalui beberapa tes, bahkan memungkinkan pengguna untuk dapat mengunggah video dengan durasi TikTok 10 menit.

Salah satu alasan adanya perpanjangan durasi video TikTok menjadi 10 menit ini adalah untuk pendapatan iklan.

Ide awalnya adalah dengan membiarkan video lebih panjang, sehingga akan lebih banyak ruang untuk iklan yang dapat masuk.

Dengan demikian, nantinya ini akan memungkinkan perusahaan untuk hasilkan lebih banyak keuntungan.

Baca Juga: Cara Menyimpan Video TikTok yang Tidak Bisa Disimpan Ke Galeri

Tanggapan Perpanjangan Durasi TikTok

Dengan adanya pembaharuan TikTok ini, tidak sedikit pengguna yang menanggapinya. Sebelumnya, Wired melaporkan sejumlah informasi dari perwakilan dari pengguna TikTok terkait dengan pembaharuan durasi video TikTok.

Berdasarkan dari hasil survey terhadap hampir setengah dari basis pengguna yang banyak menemukan bahwa video dengan durasi lebih dari 1 menit sedikit membosankan untuk mereka tonton. 

Dengan kata lain, pengguna enggan menonton video dengan durasi lebih dari satu menit. Meski, video durasi panjang merupakan tujuan dari perusahaan.

Bahkan sejumlah pihak justru menilai bahwa video TikTok dengan berdurasi 10 menit ini bukanlah suatu langkah yang tepat bagi perusahaan.

Walaupun para pengguna lebih menyukai video dengan durasi pendek, akan tetapi pembaharuan perpanjangan durasi video TikTok pun tetap akan ada pertimbangkan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa motivasi TikTok mempertimbangkan durasi video panjang adalah untuk meningkatkan pendapatan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -