Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruPersamaan Komet dan Planet Beserta Perbedaannya, Apa Saja?

Persamaan Komet dan Planet Beserta Perbedaannya, Apa Saja?

Persamaan komet dan planet adalah keduanya merupakan benda luar angkasa. Selain itu, ada juga persamaan dan perbedaan keduanya.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi terhadap benda langit komet dan planet. Di luar angkasa sendiri terdapat banyak jenis dari mereka.

Seperti planet. Di tata surya kita saja sudah ada banyak sekali planet. Belum lagi di galaksi lain yang saling mengorbit bintang besarnya.

Ini Dia Persamaan Komet dan Planet

Masih banyak hal di luar angkasa yang masih menjadi misteri. Namun begitu, tetap ada beberapa benda yang sudah sangat umum orang ketahui.

Planet adalah menjadi hal umum yang seringkali banyak orang bicarakan. Bagaimana dengan komet?

Banyak orang yang masih menyalahartikan komet sama dengan meteor. Padahal, komet adalah benda luar angkasa yang terbentuk dari sisa-sisa pembentukan alam semesta miliaran tahun lalu.

Baca Juga: Perbedaan Komet dan Asteroid yang Terlihat Mirip Namun Jauh Berbeda

Komet memiliki nama lain sebagai bintang berekor. Ia sering terlihat mendekat ke Bumi namun dalam kurun waktu yang sangat lama.

Persamaan Keduanya

Adanya persamaan komet dan planet adalah dua benda langit yang sering menjadi objek penelitian. Keduanya memiliki susunan dan keunikan tersendiri.

Planet adalah benda langit yang tidak dapat mengeluarkan panas maupun cahayanya sendiri. Planet terus bergerak mengelilingi matahari atau bintang induknya.

Sedangkan komet merupakan benda angkasa yang bercahaya seperti halnya bintang. Bagian tengah komet sangat terang dan berekor panjang menyerupai kabut. Persamaan keduanya adalah mengelilingi matahari dan dapat memantulkan cahaya matahari.

Keduanya juga merupakan anggota dari tata surya di mana Bumi berada. Hal itu membuat keberadaan planet maupun komet dapat terdeteksi melalui alat-alat seperti teleskop.

Dengan begitu, para astronom dapat meneliti keduanya dengan lebih baik lagi sehingga mendapatkan data meyakinkan. Persamaan komet dan planet lainnya adalah keduanya sama-sama memiliki inti.

Perbedaan Komet dan Planet

Meskipun memiliki beberapa persamaan, tetap saja keduanya juga berbeda. Semua benda langit memiliki karakternya masing-masing.

Sebagai contoh, keduanya memang berotasi terhadap matahari. Namun begitu, dalam bergerak mengelilingi matahari, tentu saja kedua benda langit ini memiliki jalur yang berbeda.

Komet dalam hal ini memiliki jalur orbit yang lebih lonjong. Akibatnya, waktu orbit jauh lebih panjang dari planet.

Baca Juga: Perbedaan Asteroid dan Meteor, Batu Luar Angkasa yang Sangat Mirip

Dari segi bentuk pun keduanya sangat berbeda. Komet memiliki bentuk yang cenderung lonjong dan panjang.

Sebagian besar komet berisi air dan batuan. Bahkan terbalut oleh debu putih yang membuatnya seperti memiliki ekor.

Sedangkan planet memiliki bentuk yang lebih pendek dan elips. Alih-alih air, susunan inti planet adalah batuan dan gas. Sebagai contoh inti Bumi yang tertutupi selimut berupa batuan padat.

Itu membuktikan bahwa meski persamaan komet dan planet adalah memiliki inti. Keduanya tetap tersusun dari elemen yang berbeda sebagai ciri khasnya.

Selain itu, ukuran planet juga jauh lebih besar. Artinya, komet mungkin hanya berukuran setengah atau bahkan seperempat planet normal.

Planet juga tidak memiliki serabut putih asap yang mirip seperti ekor. Meski begitu, planet tetap memiliki lapisan pelindungnya berupa atmosfer. Kandungan atmosfer setiap planet juga tentunya berbeda-beda.

Perbedaan terakhir dan paling mencolok adalah ketahanannya. Planet tidak akan mudah hancur sebab ukurannya yang lebih besar dan banyaknya zat pembentuk di dalam planet. Jalur orbit planet juga cenderung stabil.

Hal itu sangat bertolak belakang dengan komet yang rentan hancur bak batu luar angkasa lain. Ketika mengorbit matahari, komet acap kali terlalu dekat dengan bintang tersebut.

Alhasil, komet akan terbakar dan hancur. Ketika hancur mereka hanya akan menjadi debu tidak berarti di luar angkasa.

Jumlahnya di Alam Semesta

Selain persamaan, Anda juga perlu tahu jumlah komet dan planet. Hingga saat ini, jumlah komet yang berhasil teridentifikasi di dalam tata surya adalah 3.743 buah. Sedangkan planet sendiri di tata surya kita hanya berjumlah delapan.

Baca Juga: Ledakan Besar Matahari di Sepanjang Februari 2022, Apa Dampaknya?

Akan tetapi, ada banyak planet exoplanet di luar galaksi dan bahkan yang belum terdeteksi karena jaraknya tidak terjangkau oleh teknologi manusia.

Ada beberapa persamaan komet dan planet beserta perbedaannya untuk Anda mengerti. Meski dengan banyak persamaan, keduanya tetap memiliki ciri khas yang berbeda. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -