Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPlay Store Hilang di HP Secara Tiba-Tiba, Ketahui Solusi Mudahnya!

Play Store Hilang di HP Secara Tiba-Tiba, Ketahui Solusi Mudahnya!

Play Store hilang di HP secara tiba-tiba tentu akan membuat penggunanya merasa kebingungan. Pasalnya, Google Play Store merupakan induk dari keseluruhan aplikasi.

Keberadaan Play Store tentu sangat penting, karena di dalamnya para pengguna dapat mengunduh beragam jenis aplikasi dengan mudah bahkan secara gratis. Hilangnya Play Store dari smartphone bisa saja terjadi dengan berbagai alasan.

Hal ini bisa saja karena ketidaksengajaan dari pengguna. Baik pada saat menginstal ulang sistem operasi HP, terhapus, atau lain sebagainya.

Saat Anda mengalami permasalahan ini, tidak perlu khawatir. Di bawah ini akan kita ulas cara mengatasi Play Store yang hilang tiba-tiba dari ponsel.

Baca Juga: Tab Penawaran di Google Play Store Suguhkan Kemudahan, Ini Infonya

Cara Mudah Mengatasi Play Store Hilang di HP

Play Store adalah aplikasi bawaan pada perangkat Android yang mempunyai fungsi sangat penting. Melalui aplikasi bawaan ini, maka pengguna dapat mendownload berbagai aplikasi tambahan.

Namun Play Store bisa saja menghilang dari perangkat dengan berbagai sebab. Seperti karena crash, virus, hilang setelah flash ulang, dan alasan lainnya.

Apabila sudah terlanjur hilang, maka Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut ini untuk mengembalikannya.

Download Ulang Play Store Melalui Browser

Cara kembalikan Google Play Store hilang di HP ialah dengan cara mendownload ulang aplikasi bawaan tersebut.

Akan tetapi, sebelum melakukan, Anda harus aktifkan terlebih dulu opsi unknown source. Caranya dengan:

  1. Buka menu “Pengaturan/Setting” HP
  2. Terdapat beberapa pilihan pada menu Pengaturan, pilih menu “Keamanan”
  3. Selanjutnya, cari opsi “Unknown Source” kemudian aktifkan opsi tersebut. Unknown Source harus diaktifkan untuk dapat mengunduh kembali Play Store serta tidak memblokir sistem.

Jika opsi Unknown Source telah aktif, maka untuk dapat mendownload ulang Play Store langsung di HP melalui browser dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, buka browser melalui ponsel Anda, bisa Google Mozilla Firefox atau yang lainnya
  2. Selanjutnya ketik serta buka apkpure.com
  3. Pada kotak pencarian, Anda dapat mengetik “Play Store”, maka akan muncul tampilan detail dari aplikasi Google Play Store
  4. Langkah berikutnya untuk download ulang Play Store yang hilang di HP dengan klik “Download APK”
  5. Berikutnya, aplikasi Google Play Store akan segera terunduh
  6. Setelah itu, file aplikasi Google Play Store akan secara otomatis tersimpan dalam folder download. File tersebut pada umumnya berupa zip dan harus Anda ekstrak terlebih dahulu
  7. Kemudian, buka file yang telah diekstrak tersebut
  8. Klik “Instal” untuk dapat memulai proses instalasi aplikasi, maka aplikasi Google Play Store yang hilang pun telah berhasil Anda kembalikan di perangkat HP
  9. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan login dengan menggunakan email.

Selain menggunakan apkpure.com, Google Play Store juga dapat Anda unduh melalui situs apkmirror.com.

Baca Juga: Tidak Bisa Update Aplikasi di Play Store, Jangan Panik Begini Solusinya

Kirim dari Laptop atau Komputer

Cara mengatasi Play Store hilang di HP selanjutnya adalah kirim dengan perangkat komputer atau laptop. Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Pada perangkat komputer atau laptop yang telah mengunduh aplikasi Google Play Store terbaru, silakan copy file apk ke smartphone Anda. Ini dapat Anda lakukan menggunakan kabel data atau USB dengan PC.
  2. Apabila sudah terhubung, maka pilih transfer data. Langkah berikutnya “paste” file aplikasi Google Play Store terbaru pada perangkat HP
  3. Jika sudah, maka tinggal cabut HP. Jangan lupa eject agar perangkat tidak mudah rusak.
  4. Setelah itu, silakan cek data aplikasi pada smartphone atau file yang telah Anda paste tadi.
  5. Berikutnya, Anda tinggal instal Google Play pada perangkat HP Anda. Secara otomatis, Play Store akan terinstal sendirinya.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kamera Pop Up di Smartphone, Apa Saja?

Meminta Aplikasi dari Teman

Ada cara lain untuk mengatasi Play Store hilang di HP yang dapat Anda lakukan. Cara tersebut adalah dengan meminta aplikasi dari teman. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam perangkat HP tersedia bluetooth.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk meminta aplikasi Google Play Store dari teman Anda.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan teman yang telah membackup aplikasi Play Store terlebih dahulu pada smartphone yang mereka miliki. Selanjutnya Anda dapat melakukan pengiriman aplikasi melalui bluetooth atau ShareIt.

Dengan mengikuti salah satu cara mengembalikan Play Store hilang di HP di atas, maka masalah Anda pun dapat teratasi secara baik. Selanjutnya Anda dapat dengan mudah kembali melakukan download aplikasi tambahan pada smartphone. (R10/HR-Online)

- Advertisment -