Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaBerita BanjarRatusan Rumah di Kota Banjar Rusak Diterjang Angin Kencang

Ratusan Rumah di Kota Banjar Rusak Diterjang Angin Kencang

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar, Jawa Barat, mencatat ratusan rumah rumah warga rusak diterjang angin kencang dan pohon tumbang.

Peristiwa tersebut terjadi saat hujan deras, yang melanda wilayah Kota Banjar pada Senin (31/1/2022) sore.

Kepala BPBD Kota Banjar Kusnadi mengatakan, dari hasil assessment di lapangan sebelumnya, tercatat sebanyak 47 rumah yang rusak akibat bencana hujan deras disertai angin kencang.

Namun hingga saat ini, terjadi penambahan sebanyak 83 rumah warga yang rusak terdampak bencana angin kencang dan pohon tumbang.

Rinciannya, kategori rusak berat ada 11 rumah, rusak sedang 30 rumah.

Sedangkan yang rusak ringan sebanyak 30 rumah, dan itu belum termasuk dampak bencana banjir.

“Jadi total semuanya ada 130 rumah warga yang rusak akibat pohon tumbang dan angin kencang,” kata Kusnadi, Selasa (1/2/2022) di Kota Banjar.

Baca juga: Cerita Nurbiantoro Warga Kota Banjar Nyaris Tertimpa Rumah Ambruk

Lanjutnya, hingga saat ini tidak ada korban jiwa dalam peristiwa pohon tumbang dan rumah ambruk. Hanya korban jiwa warga tersambar petir di wilayah Desa Waringinsari.

Pihak BPBD Kota Banjar kata Kusnadi, sampai saat ini masih terus melakukan pendataan dan proses evakuasi di lapangan.

Sementara itu Wakil Wali Kota Banjar H Nana Suryana mengatakan, untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak bencana angin kencang, pihak pemerintah akan mengupayakan bantuan.

Adapun bantuan tersebut nantinya akan dikoordinasikan melalui Dinas terkait.

Jenis bantuannya juga ditentukan sesuai dengan kategori kerusakan yang terjadi, serta berdasarkan data yang dilakukan petugas.

“Sekarang masih dilakukan pendataan petugas BPBD. Selanjutnya dikoordinasikan sama Dinas Sosial. Kami minta supaya pendataannya itu valid,” katanya. (Muhlisin/R8/HR Online/Editor Jujang)