Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruRem Cakram Motor Seret, Kenali Apa Saja Penyebabnya

Rem Cakram Motor Seret, Kenali Apa Saja Penyebabnya

Rem cakram motor seret menjadi salah satu indikasi jika kendaraan sedang mengalami masalah. Padahal jika tidak segera Anda tangani, akan mengakibatkan kerusakan semakin parah.

Bahkan risiko terbesar yaitu terjadinya kecelakaan. Berbagai masalah mudah Anda alami jika perawatan kendaraan tidak diperhatikan.

Padahal mengingat kinerjanya yang mempengaruhi Anda dalam berkendara, komponen harus dalam kondisi prima. Apalagi setiap komponen memiliki masa pakai dan jangka waktu yang berbeda.

Sebagai pemilik kendaraan, sebaiknya Anda lakukan pengecekan dan perawatan secara rutin. Hal ini bertujuan agar kinerja sepeda motor tetap dalam kondisi normal. Anda pun tidak akan merasa was-was saat berkendara.

Salah satu komponen vital pada sepeda motor yaitu rem. Sistem pengereman membantu Anda melakukan kendaraan semakin rendah bahkan hingga berhenti.

Jika tidak ada rem, tentu mengakibatkan kendaraan melaju tanpa bisa berhenti. Bahkan kecelakaan bisa saja terjadi dengan mudah.

Baca juga: Rem Cakram Motor Blong, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Untuk itu, agar Anda bisa memanfaatkan komponen dengan baik, tentu Anda harus menjaga dan menggantinya apabila kondisinya sudah tidak layak pakai.

Begitu juga dengan rem cakram motor yang sering mengalami kendala. Salah satu yang sering dihadapi yaitu rem cakram motor seret. Jika masalah ini terjadi, sebaiknya segera mengatasinya.

Sehingga tidak akan menimbulkan masalah yang berkelanjutan. Banyak penyebab yang bisa mengakibat kan kampas rem seret.

Jika kondisi ini sedang Anda alami, sebaiknya cari tahu juga bagaimana cara untuk mengatasinya.

Dengan begitu, kampas rem yang bermasalah bisa kembali berjalan normal. Sehingga aktivitas berkendara pun akan jauh lebih menyenangkan dan nyaman.

Mengetahui Penyebab Rem Cakram Motor Seret

Banyak masalah yang bisa Anda alami ketika berkendara. Salah satunya yaitu pada bagian rem cakram motor. Biasanya rem cakram yang seret terjadi pada motor skutik, sport bike, dan jenis motor lainnya.

Mengingat rem menjadi komponen penting sebagai sistem keselamatan, jika terjadi masalah sebaiknya segera atasi secara serius.

Adapun tanda ketika rem seret yaitu roda tidak bisa kembali berputar lancar meski tuas rem sudah terlepas. Beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan masalah ini Anda alami antara lain:

Berkarat

Salah satu penyebab rem cakram motor seret yaitu karena adanya karat. Komponen yang berkarat akan membuat rem seret secara otomatis. Umumnya karat akan muncul pada bagian piringan rem.

Sehingga rem motor menjadi seret hingga akhirnya macet. Untuk itu, cek kondisi secara berkala guna mengetahui apakah muncul karat pada komponen atau tidak.

Baca juga: Tipe Rem Cakram Kendaraan, Berikut Cara Kerja dan Perbedaannya

Rem Kampas Bermasalah

Masih banyak yang bisa saja terjadi pada komponen rem. Termasuk rem cakram motor seret. Jika kondisi ini Anda alami, faktornya bisa jadi karena rem kampas bermasalah.

Kampas rem merupakan komponen yang menempel langsung pada cakram saat tuas ditarik. Seiring penggunaannya kampas rem pun bisa mengalami keausan yang mengakibatkan pengereman tidak sempurna.

Ketika masalah ini Anda alami, bisa saja menimbulkan suara berdecit selama tuas rem bekerja. Ada solusi tepat yang bisa Anda lakukan yaitu mengganti rem kampas dengan baru.

Namun ketika sudah Anda ganti namun seret, maka karena pemasangan yang kurang tepat. Sebaiknya ganti komponen asli dan pemasangan tepat.

Jika Anda kurang paham dengan cara mengganti, ada baiknya lakukan di bengkel sepeda motor terpercaya.

Kotor

Rem cakram motor seret juga bisa dikarenakan komponen mengandung kotoran dan debu. Ketika debu dan kotoran yang menempel tidak diperhatikan, tentu bisa mengakibatkan komponen bermasalah.

Jika tidak segera Anda bersihkan, potensi rem cakram tidak dapat bekerja secara optimal akan jauh lebih mudah terjadi. Bahkan akan mengakibatkan rem tidak berfungsi.

Pin Kaliper Macet

Sepeda motor keluaran terbaru umumnya sudah memiliki kelengkapan adanya caliper rem tipe floating. Fungsinya tak lain untuk menunjang kinerja cakram motor.

Pin caliper juga memiliki fungsi penting yaitu sebagai poros penggerak kaliper rem kanan dan kiri. Jika kondisinya licin, maka kaliper akan bergerak secara mudah.

Namun sebaliknya. Jika kurang pelumas, mengakibatkan rem cakram motor seret. Sebaiknya selalu cek kondisi komponen sepeda motor agar berkendara lebih aman dan nyaman. (R10/HR Online)

- Advertisment -