Selasa, Agustus 16, 2022
BerandaBerita TerbaruSamsung Galaxy Tab S8 Tengah Bersiap, Akan Hadir dengan One UI 4.1

Samsung Galaxy Tab S8 Tengah Bersiap, Akan Hadir dengan One UI 4.1

Samsung Galaxy Tab S8 siap meluncur bersama flagship Galaxy S22 dalam beberapa minggu ke depan. Galaxy Tab S8 diharapkan akan menjadi penerus dari Galaxy Tab S7 yang telah meluncur pada 2020 lalu.

Mungkin peluncuran perangkat ini tertunda hingga 2022 akibat dari adanya masalah terkait rantai pasokan karena pandemi Covid-19.

Kabarnya Galaxy Tab S8 Ultra baru akan bersaing dengan iPad Pro untuk ukuran layar serta dalam hal produktivitas.

Baca Juga: HP Samsung Galaxy S22 Series Rilis 9 Februari, Ini Bocoran Speknya

Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8

Info terkini, Samsung berencana untuk mengumumkan tablet terbaru bersama Galaxy S22 di acara Unpacked berikutnya. Menurut bocoran dari Korea, Samsung saat ini sedang mengerjakan tiga versi Galaxy Tab S8.

Perangkat tersebut sepertinya akan mengusung kode Basquiat. Selain itu, bocoran lain mengklaim bahwa raksasa teknologi asal Korea Selatan ini sedang mengerjakan lini baru untuk Galaxy Tab S8.

Dalam hal ini Leaker Ice Universe telah mengungkapkan nomor model untuk dua model Galaxy Tab S8. Ungkapan tersebut meliputi Galaxy Tab S8+ adalah SM-X806x. Sedangkan Galaxy Tab S8 Ultra adalah SM-X906x.

Baca Juga: HP Samsung Galaxy F23 5G Terlihat di Geekbench Bersama SD 750G!

Bocoran Desain

Bocoran render Tab S8 terbaru memberikan ungkapan tampilan paling jelas pada desain tablet yang akan datang.

Desain dari Samsung Galaxy Tab S8 akan terlihat sangat mirip dengan pendahulunya. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa perubahan kecil di dalamnya.

Seperti yang terlihat pada render yang bocor, Galaxy Tab S8 akan memiliki bezel di sekitar layar. Terdapat pula strip magnetik S Pen antara logo Samsung dan modul kamera belakang, juga goresan serupa di sisi perangkat yang lebih pendek.

Perbedaan yang mencolok pada tablet terbaru Samsung adalah adanya strip magnetik pada S8 yang berhenti di dekat modul. Sedangkan untuk Galaxy Tab S7 terhubung dengan modul.

Baca Juga: Samsung Galaxy Tab S8 Ultra Segera Rilis, Siap Usung Teknologi “BRS”!

Layar

Sama seperti pendahulunya, Galaxy Tab S8 kabarnya akan mengusung tampilan layar LCD berukuran 11 inch dengan dukungan baterai 8.000 mAh.

Sementara itu, Galaxy Tab S8+ diharapkan membawa kembali layar AMOLED 12,4 inch 120Hz yang sama dengan bezel lebih tipis serta baterai 10.090mAh.

Seperti sebelumnya, Galaxy Tab S8 memiliki sensor sidik jari yang terpasang di sisi samping. Selanjutnya melalui peningkatan menjadi sensor dalam layar untuk S8+.

Samsung kemungkinan memutuskan untuk tidak terburu-buru terkait dengan desain yang akan datang. Hal ini mengingat S7 dan S7+ terbukti sangat populer di kalangan konsumen.

Ini akan menjadi suatu hal yang mengecewakan apabila sangat Samsung Galaxy Tab S8 terus menggunakan LCD alih-alih AMOLED.

Akan tetapi resolusi 2560 x 1600 serta kecepatan refresh 120Hz tentu menjadi salah satu daya tarik tersendiri dalam perangkat ini.

Satu-satunya perbedaan utama dari Galaxy Tab S8 dengan S7 adalah perlindungan kaca telah meningkat dari Corning Gorilla Glass 3 menjadi 5.

Samsung Galaxy Tab S8 memiliki Android 12 atau One UI 4.1 dengan tiga tahun pembaruan OS yang dijanjikan.

Dalam hal ini, berarti perangkat ini akan menerima One UI 7 (atau Android 15) pada musim semi 2025 dengan dukungan CPU Snapdragon 8 Gen 1. (R10/HR-Online)