Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaTeknologiAplikasiScreenshot Facebook Messenger, Kini Dapat Diketahui Orang Lain

Screenshot Facebook Messenger, Kini Dapat Diketahui Orang Lain

Screenshot Facebook Messenger hadir sebagai pembaruan dari Meta. Aplikasi perpesanan instan Messenger saat ini memiliki fitur baru yakni notifikasi tangkapan layar.

Fitur notifikasi screenshot memungkinkan penggunanya untuk mengetahui apabila ada yang mengabadikan pesan percakapannya dengan seseorang melalui screenshot.

Notifikasi screenshot sebelumnya hanya tersedia pada vanish mode atau pesan menghilang. Namun kini memperluas fitur untuk semua mode percakapan.

Baca Juga: Menambah Lokasi Baru Instagram Melalui Facebook, Mudah Dilakukan!

Kehadiran Fitur Baru Screenshot Facebook Messenger

Mengutip dari The Federal, Meta selaku perusahaan induk Facebook Messenger mengatakan penting untuk menggunakan obrolan terenkripsi dan tetap merasa aman. Sehingga ingin memberitahu apabila ada yang mengambil screenshot dari pesan tersebut.

Pengumuman terkait kehadiran fitur notifikasi screenshot oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg dalam unggahannya di Facebook.

Pembaruan baru untuk obrolan Messenger terenkripsi ujung ke ujung, tentu Anda mendapatkan pemberitahuan apabila seseorang screenshot.

Dalam pengumuman tersebut, Mark turut menyertakan tangkapan layar yang menginformasi terkait fitur notifikasi screenshot.

Pengguna nanti akan mendapatkan notifikasi berbunyi (nama profil) took a screenshot dalam ruang obrolan Messenger.

Zuckerberg menyebut bahwa pembaruan tersebut untuk percakapan di Messenger itu memperoleh dukung teknologi enkripsi.

Sehingga pengguna akan mengetahui notifikasi saat seseorang melakukan screenshot pada pesan yang dapat menghilang.

Zuckerberg juga menambahkan apabila pembaruan memperoleh dukungan GIF, stiker, dan reaksi untuk percakapan terenkripsi tersebut. Notifikasi screenshot adalah satu dari sejumlah perubahan dari Meta untuk aplikasi Facebook Messenger.

Meta turut memberikan dukungan enkripsi end-to-end untuk percakapan grup dan fitur panggilan telepon telah tersedia bagi semua penggunanya. Hal ini setelah menjalani beberapa proses pengujian pada tahun 2021 lalu.

End-to-end encryption mengamankan pesan dari intipan berbagai pihak, termasuk penyedia layanan itu sendiri.

Hal itu berarti, selagi belum menerapkan E2EE, maka pesan yang terkirim serta penerima melalui Facebook Messenger masih rawan ketahuan.

Baca Juga: Perbedaan Facebook dan Facebook Lite, Apa Saja?

Mark Zuckerberg Beri Peringatan

Mark Zuckerberg turut mengeluarkan peringatan kepada pengguna Facebook Messenger.  Pengguna tidak boleh untuk mengambil screenshot atau tangkapan layar pada obrolan Messenger.

Pendiri dan Kepala Eksekutif Meta mengungkapkan bahwa pembaruan untuk Messenger akan memberitahu pengguna apabila obrolan tersebut telah orang lain abadikan melalui tangkapan layar.

Fitur terbaru ini sudah lebih dulu meluncur di Amerika Serikat (AS). Namun harapannya juga akan memperkenalkannya untuk pengguna Facebook di Eropa dalam beberapa minggu mendatang.

Platform pesaing sudah memberikan opsi agar pesan pengguna menghilang. Selain itu, pemberitahuan saat percakapan telah diabadikan gambarnya.

Baca Juga: Superkomputer AI Baru Facebook Meta dalam Proses, Ini yang Ditawarkan

Laporan menunjukkan langkah Facebook tersebut sebagai tanggapan atas adanya kekhawatiran seputar keamanan.

Bahkan kontroversi yang lebih luas pada keamanan online juga hak untuk kebebasan berbicara. Pembaruan tersebut kemungkinan akan berlaku untuk platform Instagram.

Pembaruan screenshot Facebook Messenger akan tersedia dalam waktu dekat. Sebelumnya pembaruan tersebut sudah melalui uji coba pada tahun 2021 lalu. (R10/HR-Online)