Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruSelang Radiator Mobil Bocor dan Kendala yang Sering Terjadi Lainnya

Selang Radiator Mobil Bocor dan Kendala yang Sering Terjadi Lainnya

Selang radiator mobil bocor hanyalah salah satu masalah yang sering terjadi. Padahal masih banyak masalah lain yang bisa muncul secara tiba-tiba.

Semua kendaraan memiliki komponen dengan fungsi yang berbeda. Setiap komponen pun memiliki masa pakai hingga masalah yang bisa terjadi. Radiator adalah salah satu komponen penting pada kendaran, termasuk mobil.

Radiator atau mesin pendingin memiliki fungsi yang penting. Jika komponen ini tidak berfungsi dengan baik, mengakibatkan mesin mobil akan mudah panas.

Sehingga kendaraan bisa mengalami banyak masalah. Pendingin pada bagian mesin berperan penting agar tidak terjadi overheat. Selain mengalami panas berlebih, secara otomatis fungsi radiator tidak sempurna.

Pada umumnya, mesin mobil banyak yang terbuat dari material plastik. Hal ini bertujuan untuk membantu komponen agar lebih tahan terhadap panas. Meski demikian, namanya buatan manusia tentu bisa mengalami masalah.

Hal ini juga bisa saja terjadi pada radiator mobil. Misalnya saja jika radiator terbuat dari plastik atau alumunium, maka lama-kelamaan saat terkena panas akan mudah melengkung.

Jika sudah terjadi seperti ini, maka mengakibatkan komponen tidak lagi mampu mengalirkan oli secara maksimal. Saat hal seperti ini terjadi, maka komponen lain mudah aus karena kekurangan oli.

Sehingga mengakibatkan dampak terburuk yang bisa terjadi yaitu turun mesin. Sebenarnya masalah selang radiator mobil bocor menjadi perkara yang tidak bisa disepelekan.

Baca juga: Kipas Radiator Mobil Berisik? Segera Ganti yang Baru

Masalah Selang Radiator Mobil Bocor, Pemilik Wajib Waspada

Selang radiator menjadi salah satu komponen penting bagi setiap kendaraan. Sistem pendingin pada kendaraan ini terbuat dari bahan elastis dengan jalinan benang di bagian dalam.

Selang pada umumnya terletak antara mesin dan radiator. Biasanya terpisahkan oleh kipas radiator. Ada dua selang radiator, yaitu bagian atas dan bawah. Keduanya memiliki model yang sama, namun lekukannya berbeda.

Semua tergantung dari jenis dan desain mobil itu sendiri. Sayangnya sebagian besar pemilik kendaran kurang menyadari jika selang mengalami kebocoran.

Padahal jika selang radiator mobil bocor, maka banyak masalah yang bisa terjadi. Sebab biasanya selang bocor mengakibatkan proses pendinginan terhambat. Hingga akhirnya mengakibatkan overheat.

Sehingga kerusakan komponen lain bisa mengalami kerusakan. Untuk itu, wajib bagi pemilik kendaraan selalu mengecek semua komponen, termasuk selang radiator.

Apalagi pada bagian radiator, bisa saja muncul banyak masalah selain kebocoran. Adapun beberapa masalah lain yang bisa terjadi antara lain:

Selang Radiator Tersumbat

Selain selang radiator mobil bocor, bisa saja terjadi masalah yang lainnya. Sebaiknya untuk melakukan pengecekan agar kondisinya dalam keadaan prima. Sehingga tidak akan merusak komponen lainnya.

Salah satu yang kemungkinan besar terjadi yaitu selang radiator tersumbat. Adanya sumbatan pada selang radiator biasanya karena terdapat komponen asing. Mulai dari kerikil yang masuk dalam selang radiator dan komponen kecil lainnya.

Baca juga: Ciri Tutup Radiator Rusak pada Mobil, Kenali Sebelum Membahayakan

Radiator Rusak

Radiator juga bisa mengalami kerusakan, salah satunya akibat benturan atau kecelakaan. Jika komponen ini terkena benturan, akan mengalami disfungsi.

Hal ini karena benturan pada radiator mengakibatkan bentuknya bisa berubah. Selang radiator bisa menjadi melengkung bahkan bocor sekalipun.

Korosi

Korosi bukanlah masalah yang sulit untuk dihadapi. Namun jika korosi terjadi pada radiator, tentu berbeda lagi cara untuk mengatasinya. Sebaiknya lakukan pengecekan jika terjadi masalah pada mobil.

Anda bisa lihat radiator apakah ada korosi pada komponen tersebut. Karat bisa muncul akibat selang radiator mobil bocor atau rembes. Sehingga air akan mengenai radiator dan muncul karat pada bagian permukaan.

Kipas Radiator Mati

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya jika mobil terdiri dari berbagai komponen penting. Hal ini juga berlaku pada radiator. Radiator memiliki berbagai part untuk menunjang kinerjanya.

Kipas pada selang radiator memiliki peran yang penting. Namun seiring penggunaannya tentu kipas juga bisa mengalami masalah atau kerusakan. Kipas radiator mati akibat terjadi overheat saat selang radiator mobil bocor.

Overheat yaitu proses panas berlebih pada bagian mesin dan dapat muncul ketika kipas radiator mati akibat airnya habis.

Untuk itu, sebaiknya Anda selalu cek air radiator mobil agar tidak sampai kehabisan bahkan mengakibatkan selang bocor. (R10/HR Online)

- Advertisment -