Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Kukira Kau Rumah, Film Indonesia Tema Psikologi

Sinopsis Kukira Kau Rumah, Film Indonesia Tema Psikologi

Sinopsis Kukira Kau Rumah mengangkat isu kesehatan mental tokoh utamanya, Niskala (Prilly Latuconsina).

Film drama Indonesia bertema psikologi ini disutradarai oleh Umay Shahab dengan mengadaptasi lagu Amigdala yang berjudul sama. Di film ini Prilly tidak hanya menjadi pemeran utama tapi juga produser di balik layar.

Kukira Kau Rumah tayang di bioskop pada Kamis, 3 Februari 2022. Film ini juga turut menampilkan aktor dan aktris ternama yaitu Jourdy Pranata, Shenina Cinnamon, Raom Laode, Unique Priscilla, dan Kiki Narendra.

Dalam proses produksinya, film ini bekerja sama dengan psikolog dan Bipolar Care Indonesia karena mengangkat isu yang cukup berat.

Baca Juga: Sinopsis Makmum 2, Film Horor yang Tembus 1 Juta Penonton 

Melalui sinopsis Kukira Kau Rumah ini kita bisa lebih memahami orang-orang yang mengidap gangguan bipolar.

Sinopsis Kukira Kau Rumah

Karakter Niskala adalah seorang gadis yang mengidap gangguan bipolar. Suasana hatinya mudah berubah-ubah sehingga berdampak buruk pada kehidupan sosialnya. Ia kemudian bertemu dengan seorang pemuda bernama Pram.

Sosok Pram yang Kesepian

Dalam sinopsis Kukira Kau Rumah, karakter Pram sering merasa kesepian sejak ibunya sibuk bekerja dan ayahnya telah tiada. Tanpa kehadiran orang tua di sisinya, Pram menghibur diri dengan menulis lagu.

Awalnya Pram hanya menulis lagu untuk diri sendiri dan tidak membagikan karyanya pada orang lain. Akan tetapi, bakat yang ia miliki menjadi motivasi untuk menyanyi di sebuah cafe. Pram mulai terbiasa mengisi kekosongannya dengan menyanyi.

Bertemu dengan Niskala

Sejak bekerja di cafe, Pram mulai sering berkenalan dengan banyak orang, salah satunya gadis bernama Niskala.

Mereka berdua mulai saling mengenal dan menumbuhkan perasaan satu sama lain. Kemudian Pram memutuskan untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan Niskala.

Seiring berjalannya waktu, Pram mulai mengetahui kondisi Niskala di sinopsis Kukira Kau Rumah.

Kekasihnya ternyata mengidap gangguan bipolar, suatu kondisi yang menyebabkan suasana hati berubah secara tiba-tiba.

Baca Juga: Bocoran Doctor Strange 2, Ada Sosok Wanda dan Strange dari Dunia Lain

Kehidupan Niskala yang tidak wajar terlihat pada sikapnya kepada ibu dan sahabatnya. Pram berhadapan dengan dua pilihan, melewati masa-masa sulit dengan Niskala atau pergi meninggalkannya.

Debut di Belakang Layar

Umay Shahab memulai debutnya sebagai bintang cilik pada tahun 2009 dengan merilis album “SKJ”. Album tersebut terjual lebih 250 ribu kopi dan meraih penghargaan triple platinum.

Umay merambah ke dunia akting dan beberapa film yang ia bintangi antara lain The Tarix Jabrix 2, Rompis, Pohon Terkenal, dan Mahasiswi Baru.

Pada tahun 2016, Umay memulai debutnya sebagai sutradara dengan menggarap film pendek Cinta di Balik Awan. Selain itu, Umay juga menjadi aktor, sutradara, dan penulis naskah di web seri Menggapai Awan tahun 2019.

Keterlibatan sutradara Umay dan Prilly sebagai produser membuat orang-orang penasaran dengan sinopsis Kukira Kau Rumah. Melalui film ini, keduanya bekerja sama di balik layar.

Penggarapan film ini melibatkan Monty Tiwa sebagai penulis skenario. Umay juga mengumumkan bahwa Andi Rianto menjadi music director dan music illustrator di dalam produksi film ini.

Baca Juga: Sinopsis West Side Story 2021, Kisah Romeo dan Juliet Versi Modern

Meski mulai syuting saat pandemi Covid-19, Umay menegaskan bahwa semua kru yang terlibat mematuhi protokol kesehatan.

Makna Lagu Amigdala – Kukira Kau Rumah

Lagu Amigdala yang menjadi ide cerita dari film ini sangat merdu dan membuat hati tenang. Akan tetapi jika kita amati dengan lebih seksama, lirik lagu Kukira Kau Rumah mengandung kata-kata yang tidak umum dan terasa aneh.

Lirik lagu Kukira Kau Rumah menceritakan seseorang dengan kondisi yang rapuh dan ditinggal pergi saat sedang sayang-sayangnya.

Sinar senja yang datang bagai harapan kemudian redup seutuhnya mewakili kekecewaan mendalam.

Kata “rumah” merujuk pada suatu tempat yang membuat kita merasa aman dan nyaman. “Kukira Kau Rumah” adalah frasa yang membuat kita menganggap orang tersebut adalah tempat terbaik, namun ternyata tidak. Pada akhirnya kita merasa kecewa dan tidak terima akibat harapan palsu.

Sebelum tayang di bioskop, film Kukira Kau Rumah tayang perdana di Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2021.

Film ini juga tayang di gala premiere di Plaza Senayan XXI pada tanggal 31 Januari 2022 dan turut disaksikan oleh Sandiaga Uno.

Setelah menyimak sinopsis Kukira Kau Rumah, bagi kamu yang sudah penasaran dengan filmnya, segera saksikan di bioskop terdekat! (R7/HR-Online/Editor-Ndu)