Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaTeknologiAplikasiSplit Bill Facebook Messenger Hadir, Apa dan Bagaimana Penggunaannya

Split Bill Facebook Messenger Hadir, Apa dan Bagaimana Penggunaannya

Split Bill Facebook Messenger merupakan fitur pembayaran baru yang memungkinkan para pengguna untuk membagi tagihan dengan teman lain. Hal ini dapat pengguna lakukan dengan mengirimkan permintaan langsung pada aplikasi perpesanan.

Platform ini melakukan pengujian pertama pada fitur Split Bill atau pemisahan tagihan bawaan tepatnya pada bulan Desember tahun lalu. Dengan tampilan yang cukup rapi mulai dari berbagai tagihan makanan di restoran hingga mengelola biaya hidup dengan lebih cepat bersama teman.

Baca Juga: Screenshot Facebook Messenger, Kini Dapat Diketahui Orang Lain

Apa Itu Split Bill Facebook Messenger?

Beberapa waktu lalu, Meta berhasil meluncurkan fitur terbaru bernama Pembayaran Terpisah atau Split Bill di Messenger. Hal ini bersamaan dengan peluncuran fitur keamanan baru di Instagram.

Fitur Split Bill berlaku untuk semua pengguna iOS atau Android. Perusahaan mulai melakukan pengujian pada fitur baru tersebut pada akhir tahun lalu. Ini sebagai cara bagi para pengguna untuk berbagi biaya tagihan serta pengeluaran melalui aplikasi.

Meta menyebutkan bahwa, Split Bill hadir menjadi solusi cepat dan tepat dalam menangani keuangan lewat Messenger. Melalui pesan dipersonalisasi, maka para pengguna dapat menginformasi detail pembayaran serta mengirim permintaan.

Baca Juga: Facebook Messenger Room Permudah Video Conference Secara Aman

Peluncuran Fitur Pembayaran Terpisah

Mengenai peluncuran fitur baru yang bernama Pembayaran Terpisah atau Split Bill pada Facebook Messenger ini menambahkan kode QR seperti halnya Venmo untuk pembayaran pengguna pada musim panas lalu.

Kode ini meluncur di AS serta memungkinkan siapapun untuk mengirim serta meminta uang melalui Facebook Pay apabila mereka buka teman Facebook. Fitur baru ini dapat pengguna akses di bagian bawah pembayaran pada pengaturan Messenger.

Seperti kita ketahui bahwa Facebook Pay rilis pertama kali pada November 2019 lalu. Ini merupakan salah satu cara untuk membangun sistem pembayaran yang meluas pada semua aplikasi perusahaan. Bukan hanya berguna dalam pembayaran dari orang yang satu ke orang yang lain. Akan tetapi juga untuk berbagai hal lain misalnya e-commerce dan donasi.

Baca Juga: Facebook Uji Fitur Dark Mode untuk Aplikasi Messenger, Begini Cara Aktifkannya

Cara Menggunakan Fitur Split Bill

Untuk dapat menggunakan fitur Split Bill Facebook Messenger, maka pengguna hanya perlu mengklik tombol Get Started pada obrolan grup atau tab pembayaran Messenger.

Selanjutnya pengguna dapat membagi tagihan secara merata atau mengubah jumlah kontribusi bagi setiap individu dalam obrolan grup. Baik dengan atau tanpa diri para pengguna itu sendiri.

Langkah berikutnya, pengguna akan diminta untuk mengkonfirmasi detail Facebook Pay mereka. Lalu permintaan mereka akan dikirim serta akan nampak pada obrolan grup.

Dalam hal ini, perusahaan induk Meta menjelaskan bahwa teman yang baru mengenal pembayaran di Messenger dapat dengan lebih mudah untuk menambahkan detail pembayaran untuk mengirim serta menerima uang.

Fitur Split Bill Facebook Messenger hadir bersamaan dengan peluncuran kontrol perekaman suara baru. Perekaman ini berfungsi untuk menjeda, melihat pratinjau, menghapus serta melanjutkan rekaman pesan suara sebelum mengirimnya. Selain itu, perusahaan juga melakukan peningkatan durasi pesan suara dari satu menit menjadi 30 menit. (R10/HR-Online)