Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruTata Cara Salat Istisqo Lengkap dengan Niat dan Doanya

Tata Cara Salat Istisqo Lengkap dengan Niat dan Doanya

Tata cara salat Istisqo, tentunya menjadi informasi yang sangat penting bagi kita. Mungkin kita sudah sangat familiar dengan salat yang merupakan suatu kewajiban dan tiangnya agama islam, tapi bagaimana dengan salat sunah?

Memang hukumnya tidak wajib, tetapi jika mengerjakannya tentunya akan ada pahala tambahan yang Allah berikan untuk kita.

Sama seperti halnya salat Istisqo ini. Biasanya, melaksanakan salat ini pada musim kemarau yang berkepanjangan. Sebab kita tahu bahwa kemarau yang berkepanjangan itu menyebabkan kekeringan.

Hal itulah yang kita dikatakan mengancam kehidupan para petani serta masyarakat umum. Karena kekeringan yang berkepanjangan, banyak orang kesulitan mendapatkan air bersih.

Sedangkan salah satu tujuan salat ini adalah untuk meminta hujan yang merupakan keberkahan dari Allah SWT.

Meskipun sunah, umat Islam juga dianjurkan untuk melaksanakan salat Istisqo serta memperbanyak untuk berdoa kepada Allah. Dengan tujuan, Allah segera menurunkan hujan di musim kemarau ini.

baca juga: Cara Mengetahui Kiblat Salat dengan Mudah, Begini Langkahnya!

Tata Cara Salat Istisqo yang Penting

Mungkin istilah salat Istisqo ini bukan suatu hal yang asing lagi bagi kita. Bukan tidak mungkin juga, apabila kita pernah menjadi salah satu jamaah untuk melaksanakan salat tersebut.

Dalam hal ini, nyatanya masih banyak orang yang awam dengan istilah ini. Mereka masih bingung mengenai bagaimana niatnya, bagaimana doanya, serta seperti apa tata caranya.

Padahal, meskipun sunnah namun hal tersebut sifatnya sangat penting untuk kita ketahui. Karena, jangan sampai kita mengaku Islam namun tidak tahu ilmu-ilmu tentang agama Islam.

Lebih tepatnya jangan hanya sekedar Islam KTP saja. Tumbuhi diri dengan ilmu tauhid, fiqih, akidah, dan ilmu agama Islam yang lainnya. Salah satunya adalah mengenai tata cara salat Istisqo ini.

Perlu Anda ketahui, sebenarnya salat Istisqo ini merupakan salat sunah Muakkad sebanyak 2 rakaat. Mengenai tata caranya, hampir mirip dengan salat fardu atau lebih tepatnya persis dengan salat Ied. Supaya lebih paham berikut ini penjelasannya.

baca juga: Cara Khusyuk Salat yang Bisa Diamalkan, Berikut Ini Penjelasannya

Bacaan Niat

Seperti pada umumnya, ketika kita akan melaksanakan salat tentunya harus membaca niat terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku pada tata cara salat Istisqo. Bacaan niatnya adalah:

Ada yang mengatakan sebelum kita melakukan salat sunnah ini harus berpuasa terlebih dahulu selama 3 hari berturut-turut, bertaubat, memperbanyak berbuat kebaikan, dan suka bersedekah.

Perlu Anda ketahui juga bahwa 2 rakaat salat meminta hujan ini tanpa ada adzan serta iqomah. Disunnahkan juga untuk mengeraskan bacaannya.

baca juga: Tasyahud Awal dan Akhir Menjadi Bagian Penting dalam Salat

Pelaksanaan Salat Istisqo Sama dengan Salat Ied

Tata cara salat minta hujan ini sama dengan tata cara salat Idul Fitri ataupun Idul Adha. Untuk tata cara salat Istisqo, rakaat pertama adalah melakukan takbir sebanyak 7 Kali. Selanjutnya membaca taawudz serta doa iftitah.

Kemudian rakaat yang kedua takbir sebanyak 5 kali, lalu membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud atau lebih tepatnya sama seperti halnya salat pada umumnya. Terakhir adalah salam.

Khutbah Salat

Baru setelah itu, ada khotbah khusus salat Istisqo. Untuk khutbahnya ini sendiri bisa kita lakukan sebelum ataupun setelah salat. Jumhur ulama berpendapat, khutbah salat Istisqo lebih utama dilakukan setelah salat.

Baca juga: Kumpulan Artikel Tata Cara Sholat

Biasanya, untuk khotbah yang pertama khotib membacakan istighfar sebanyak 9 kali. Kemudian khotbah yang kedua khatib membaca istighfar 7 kali.

Doa Khusus

Dalam tata cara salat Istisqo ini juga terdapat doa khusus. Biasanya doa ini dilafalkan ketika salat sudah selesai. Apakah Anda sudah hafal bagaimana doanya?

Berikut lafal latin dan terjemahannya

Tata Cara Salat Istisqo

Kendati demikian, tentunya kita tidak boleh menyerah, niat, dan terus berusaha untuk menghafalkan, atas izin Allah doa tersebut dapat kita hafal serta mudah untuk mengamalkannya. (Muhafid/R6/HR-Online)