Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita BanjarTembok Penahan Tebing Longsor, Jalan di Sukamukti Kota Banjar Tertutup

Tembok Penahan Tebing Longsor, Jalan di Sukamukti Kota Banjar Tertutup

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Tembok Penahan Tebing longsor saat hujan deras dan angin kencang melanda wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, pada Sabtu (26/02/2022) sore.

Longsornya TPT (Tembok Penahan Tebing) yang berada di Dusun Muktiasih, RT. 03, RW. 006, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar itu menyebabkan akses jalan di wilayah tersebut tertutup.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Kusnadi mengatakan, peristiwa tersebut terjadi ketika hujan deras sekitar pukul 15.30 WIB.

Tembok penahan tebing dengan tinggi 2,5 meter dan panjang 6 meter longsor karena tidak kuat menahan guyuran hujan deras.

“TPT itu tiba-tiba longsor, lalu menutup akses jalan warga,” terang Kusnadi kepada HR Online.

Saat ini petugas BPBD sudah melakukan proses evakuasi material longsoran dan pendataan lapangan.

Baca Juga : BPBD Kota Banjar Minta DPRD Bantu Penuhi Fasilitas Kebencanaan

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun untuk mengantisipasi longsor susulan pihaknya membutuhkan bantuan karung guna penahan tebing sementara.

Rumah Warga Kota Banjar Tertimpa Pohon

Hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada Sabtu sore tadi juga mengakibatkan pohon tumbang menimpa rumah warga dan sebuah pabrik penggilingan padi di Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

Kepala Desa Kujangsari, Ahmad Mujahid mengatakan, dalam peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Hanya saja terjadi kerusakan ringan pada bagian atap rumah, namun sudah dapat diatasi oleh warga.

“Cuma kerusakan ringan, tidak sampai ada korban jiwa. Tadi sore juga sudah langsung warga tangani secara gotong-royong,” kata Mujahid. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -