Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruToyota Etios Valco, Eksterior, Interior, dan Fitur yang Dimiliki

Toyota Etios Valco, Eksterior, Interior, dan Fitur yang Dimiliki

Toyota Etios Valco pertama kali diluncurkan pada Maret 2013. Tak berselang lama setelah peluncuran tersebut, Toyota menambah varian lagi, yakni tipe JX dan TOM’S.

Sempat menjadi primadona pada awal peluncurannya, tak mengherankan memang pencapaian mobil Etios Valco ini.

Pasalnya, konsumen yang mengidamkan Yaris namun tidak mempunyai dana untuk membeli, maka akan beralih ke mobil Etios Valco dari Toyota.

Apalagi desainnya sangat sporty, cocok untuk kawula muda, serta bandrol harga Etios Valco tidak terlampau mahal.

Tetapi sayangnya, walaupun punya harga murah, perlahan Etios Valco pasarannya mulai sepi. Hingga pada akhirnya Toyota Indonesia menghentikan penjualannya per Januari 2018.

Baca Juga: Toyota GR Yaris Tarmac Black Tampil Trendy, Hadir Terbatas di Tanah Air

Spesifikasi Lengkap Mobil Toyota Etios Valco

Berada satu tingkat di bawah Toyota Yaris, sudah tentu desain mobil Etios Valco cukup stylish dan sporty. Kesan tersebut tidak lepas dari bentuk headlamp yang lebar serta meruncing pada sudutnya.

Terlebih lagi, grill berbentuk 2 garis di tengahnya terdapat logo Toyota, walaupun simpel bagian itu cukup untuk menjadikan tampilan fascia sedap dipandang.

Kesan minimalis dan simpelnya pun sangat kental pada bagian buritan. Hal tersebut tidak lepas dari desain lampu belakang Etios Valco yang tegak dan banyaknya aksesoris menempel.

Mobil Etios Valco hadir dengan sejumlah warna, antara lain blue metallic, beige metallic, silver metallic, grey metallic, black mica, dan white.

Interior Mobil Etios Valco

Meski desain eksteriornya simpel, tetapi di dalam atau interiornya cukup dinamis dan nyaman. Mobil Etios Valco lengkap dengan audio double-din Electronic Power Steering (EPS) di kemudinya.

Selain itu, juga terdapat sistem audio 2 DIN dengan fitur AM/FM radio, WMA, USB port yang bermuara pada 4 speaker, dan CD player.

Meter cluster terdapat di tengah dashboard, jam digital, serta konsep cooler box pada ruang penyimpan dashboard, sebab aliran udara AC masuk lewat saluran khusus.

Toyota Etios Valco mempunyai dimensi dengan panjang 2.460 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm. Cukup memuaskan dan lengkap meskipun harga mobil Etios Valco ini berkisar Rp 150 jutaan.

Baca Juga: Toyota Fortuner 2800 cc Rilis di Indonesia Hari Ini, Simak Spesifikasinya

Mesin Mobil Etios Valco

Mesin pada mobil Etios Valco cukup tangguh dan bertenaga. Berbekal mesin 1.197cc, 3 NR-FE, 4 silinder, dan 16 valve DOHC.

Dari mesin tersebut, mobil Etios Valco mampu menghasilkan tenaga sejumlah 80 hp pada 5.600 rpm serta torsi 10.6 kgm pada 3.100 rpm. Apabila menyasar pasar kawula muda, tentu spesifikasi mesin ini sudah cukup.

Fitur Mobil Etios Valco

Cukup banyak fitur yang tersemat pada Etios Valco. Tetapi, tetap saja terdapat perbedaan pada tiap-tiap variannya.

  1. Etios Valco J

Ini adalah entry level yang dipersiapkan supaya lebih banyak konsumen menjangkau mobil ini. Sejumlah fitur utama seperti AC telah menjadi fitur standar.

Terdapat pula dual SRS airbag, cooler box, steel wheel 14 inch, front seatbelt dengan pretensioner, dan force limiter.

Selain itu, juga ada seat belt warning, lampu depan halogen, adjustable front headrest, sun visor plus cermin, lampu sein pada fender, 7 cup holder, coin, dan card holder.

Baca Juga: Toyota Voxy 2022 Sudah Rilis Teaser Terbaru, Segera Hadir di Indonesia

  1. Etios Valco E

Ini merupakan pilihan ideal untuk keluarga karena mempunyai keseluruhan yang terdapat pada tipe J.

Plus alloy wheel 15 inch, power steering, handle pintu, dan spion yang senada dengan warna body, 2DIN audio (with AM/FM, CD, MP3, USB, AUX), serta Tachometer.

Tersedia pula 4 speaker, power door lock, tilt steering column, power window with auto down, rear window wiper, konektor 12V, front, dan rear.

  1. Etios Valco G

Etios Valco G hadir dengan fitur terlengkap, termasuk teknologi berupa rem ABS serta EBD. Mempunyai seluruh fitur yang terdapat pada tipe J dan E, plus lampu kabut, sporty aerokit, serta spion elektrik.

Selain itu, ada tombol pada kemudi, kemudi berlapis kulit, audio 2DIN seperti Toyota Etios Valco tipe E dengan tampilan lebih yang lebih modern, serta ornamen krom. (R10/HR-Online)