Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruTraction Control System, Fitur Keselamatan pada Motor

Traction Control System, Fitur Keselamatan pada Motor

Traction Control System atau TCS merupakan fitur keselamatan pada sejumlah motor keluaran terbaru dan bisa menjaga ban dari kondisi selip. Sehingga para penggunanya tidak harus takut lagi saat akan melewati jalanan licin seperti basah dan berpasir.

Saat ini sebagian besar kendaraan roda dua atau motor keluaran terbaru sudah memiliki fitur TCS. Tentunya akan ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh berkat fitur terbaru itu.

Baca Juga: Cara Menggunakan Smart Key Scoopy Termudah, Simak Tutorialnya!

Fitur Traction Control System, Bisa Jaga Kondisi Ban Tetap Stabil

Kegunaan kendaraan bermotor tidak hanya untuk alat transportasi saja, melainkan juga sebagai penyaluran hobi selama berkendara.

Biasanya pengguna motor sering menemui berbagai macam kondisi jalanan selama mereka melakukan hobinya.

Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah fitur keselamatan supaya selama berkendara bisa aman dan selamat. Sebut saja fitur TCS.

Fitur ini bisa menjaga ban dari kondisi selip dan pengguna tidak perlu takut akan jatuh. Terlebih saat mereka akan melintasi area yang cukup licin. Misalnya air guyuran hujan maupun jalanan yang penuh pasir.

Baca Juga: Efek Radiator Motor Bocor, Kenali Gejalanya Sebelum Timbul Masalah

Cara Kerja

Cara kerja fitur Traction Control System (TCS) yaitu akan memanfaatkan perangkat speed sensor yang bisa membaca kecepatan putaran roda. Baik itu roda depan ataupun roda belakang kendaraan.

Jadi, speed sensor akan langsung mengirimkan sinyal mengenai putaran roda ke bagian ECU. Apabila terdeteksi perbedaan putaran yang berlebihan pada bagian roda belakang akibat dari ban slip, maka ECU memundurkan pengapian dan menghentikan supply bahan bakar sementara waktu.

Sehingga hasilnya, tenaga mesin serta putaran ban bagian belakang akan berkurang. Hal ini tentu bisa menghindari jatuh akibat slip.

Baca Juga: Kunci Klep Motor, Ketahui Cara Menyetel dan Beragam Fungsinya!

Tips Perawatan

Mengingat bahwa fitur Traction Control System cukup penting, maka juga memerlukan perawatan khusus supaya kinerjanya tetap optimal.

Salah satu caranya adalah dengan menjaga kebersihannya, termasuk sekitar speed sensor pada bagian kaki-kaki roda.

Apabila lampu indikator TCS pada bagian layar speedometer terus menyala, kemungkinan besar TCS pada motor mengalami kerusakan.

Anda bisa mengaktifkan fitur TCS, lalu posisikan kendaraan dengan standar tengah. Kemudian mainkan putaran gas.

Apabila TCS berfungsi normal seperti biasa ketika Anda memainkan putaran gas, maka mesin akan tersendat atau brebet.

Hal ini normal, sebab ECU mengurangi tenaga mesinnya dan putaran roda bagian belakang akan berkurang. Jika TCS mengalami kerusakan, maka mesinnya tidak tersendat saat kita memainkan gas.

Apabila fitur Traction Control System pada motor kesayangan Anda mengalami malfungsi dengan sejumlah indikasi tadi, langsung saja lakukan pengecekan. Anda bisa membawanya ke tukang bengkel terdekat. (R10/HR-Online)