Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisUnigal Ciamis Beri Bantuan Pompa Hidram untuk Agrowisata Leuwi Keris

Unigal Ciamis Beri Bantuan Pompa Hidram untuk Agrowisata Leuwi Keris

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, melalui Fakultas Teknik Program Studi Teknik Mesin memberikan bantuan pompa hidram kepada koperasi agrowisata Leuwi Keris, di Desa Handapherang, Cijeungjing, Selasa (1/2/2022).

Bantuan tersebut diserahkan Wakil Rektor 3 Unigal DR Ida Farida SH MH, didampingi Ketua Prodi Teknik Mesin Ir Jenal Abidin MT.

Wakil Rektor 3 Unigal Ciamis DR Ida Farida SH MH mengatakan, bantuan pompa hidram ini merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat.

“Ini adalah bentuk pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi yang ke-3, yaitu pengabdian kepada masyarakat,” ujar Dr Ida.

Baca juga: Meeting Sambil Rekreasi di Agrowisata Cibungureun Leuwi Keris Ciamis

Pihaknya berharap, bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat petani yang tergabung di koperasi Agrowisata Leuwi Keris.

“Bantuan pompa hidram ini akan membantu memudahkan petani mendapatkan air, untuk keperluan pertanian,” katanya.

Ketua Prodi Teknik Mesin Unigal Ir Jenal Abidin menjelaskan, pompa hidram ini kependekan dari hidraulik ram.

“Alat ini berfungsi menaikan air dari tempat rendah ke tempat tinggi secara otomatis, tanpa menggunakan listrik maupun bahan bakar,” jelasnya.

Jenal mengaku, sengaja mengembangkan pompa hidram di kampus, sebagai salah satu produk teknologi tepat guna.

“Di masyarakat sebenarnya sudah ada pompa hidram ini, cuman mereka membuatnya asal-asalan. Kalau kita membuat pompa ini secara akademis, sehingga kualitasnya lebih terjamin,” kata Jenal.

Menurutnya, pompa hidram ini ramah lingkungan, karena tidak menggunakan bahan bakar kimia dalam pengoperasiannya.

Sementara itu, ketua Koperasi Agrowisata Leuwi Keris Handapherang Ciamis, Drs H Ishak Misbahuddin M.Pd berterima kasih atas bantuan pompa hidram dari Unigal.

“Bantuan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat petani, dalam upaya menggarap lahan tidur menjadi lahan pertanian,” ujarnya.

Pihaknya berharap, sinergitas antara Universitas Galuh Ciamis dan masyarakat agrowisata Leuwi Keris bisa terus terjalin. (R8/HR Online/Editor Jujang)