Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita NasionalVideo Viral Orangutan yang Turun ke Jalan Raya, Ini Kata BKSDA Kaltim!

Video Viral Orangutan yang Turun ke Jalan Raya, Ini Kata BKSDA Kaltim!

Video viral orangutan turun ke jalan raya telah beredar di media sosial, seperti Twitter yang menunjukkan hewan tersebut seperti kebingungan.

Kabarnya video orangutan tersebut berada di kawasan jalan baru arah Wahau, Kecamatan Bengalon Kutai Timur Kaltim.

Belum jelas apa penyebab orangutan itu bisa masuk dan turun ke jalan raya, namun pengunggah video telah menduga-duga bahwa kabarnya hewan tersebut tengah merasakan lapar.

Baca Juga: Tri Suaka Buka Suara Tentang Viralnya Video Lautan Manusia di Subang

Video Viral Orangutan di Sekitar Jalanan dan Merasa Kebingungan

Belum lama ini telah berdar sebuah video yang memperlihatkan seekor orangutan yang turun ke jalan raya hingga viral di medsos.

Pengunggah dengan akun @EsTeh_28 itu menyebutkan jika hewan tersebut kelaparan karena habitatnya semakin menghilang.

Kemudian pengunggah tersebut melampirkan video yang memperlihatkan orangutan tengah berjalan di jalan raya. Bahkan sempat beberapa kali terlihat melintasi jalanan Kalimantan Timur itu.

Selain itu, terlihat orangutan juga sempat mengambil sejumlah makanan yang berada di jalan raya. Sampai pada akhirnya ada orang yang justru memberi makanan kepada hewan tersebut.

Baca Juga: Alfamart Lakbok Ciamis Dibobol Maling, Tembok Jebol dan Uang Puluhan Juta Raib

Penjelasan Pihak BKSDA Kaltim

Terkait video viral orangutan, maka pihak kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam yakni Ivan Yusfi Noor akhirnya mengatakan hal sesungguhnya.

Berdasarkan video tersebut, hewan yang melintas itu merupakan orangutan jantan dewasa dalam kondisi sehat.

Ia kembali menambahkan bahwa pergerakan orangutan di area jalanan raya adalah hal yang lazim. Karena sejak tahun 2003 lalu, tempat itu merupakan kawasan dengan konsentrasi orangutan yang tinggi.

Padahal, sambung Ivan, kawasan itu juga ada sejumlah konsesi perkebunan maupun tambang. Akan tetapi, rupanya ada pula hutan sekunder pada area konsesi yang menjadi habitat orangutan.

Fenomena orangutan yang menyebrangi jalanan kata Ivan bahwa itu adalah hal normal. Hal ini karena habitat orangutan hanya terbelah jalan.

Baca Juga: Viral, Oknum Guru Pukul Siswa SMP di Surabaya, Ortu Korban Melapor

Apakah Merasa Lapar?

Setelah video viral orangutan tersebar ke sejumlah media sosial itu, kata Ivan bahwa orangutan itu belum tentu merasa kelaparan. Karena binatang tersebut memiliki daya tahan hidup yang cukup tinggi.

Dengan demikian, menurut Ivan, orangutan mampu untuk bertahan hidup dari berbagai tumbuhan yang ada di permukaan tanah.

Setelah viralnya video itu, menunjukkan perilaku mereka akan berubah saat ada manusia yang memberikan makanan ke mereka.

Maka dari itu, pihaknya juga menghimbau kepada semua masyarakat maupun pengguna jalan agar tidak memberi makan orangutan. Apalagi saat menjumpainya di tepi jalan seperti ini.

Karena jika hal ini dilakukan, maka orangutan malah menjadi terbiasa untuk mencari makanan di tepi jalanan.

Tapi menurut Ivan, apabila orangutan sudah bergerak lagi dan kembali ke dalam hutan, maka pihaknya akan membiarkannya saja.

Tapi jika orangutan masih kembali lagi ke jalan dan bahkan mengganggu pengguna jalan, timnya akan segera melakukan rescue.

Mengenai video viral orangutan, pihak BKSDA menghimbau kepada pengguna jalan agar selalu waspada dan berhati-hati saat melewati jalanan. Selanjutnya BKSDA Kaltim juga akan memasang plang-plang peringatan. (R10/HR-Online)