Senin, Mei 23, 2022
BerandaBerita BisnisWaktu yang Tepat Membeli Saham Bagi Investor, Catat!

Waktu yang Tepat Membeli Saham Bagi Investor, Catat!

Waktu yang tepat membeli saham memiliki peranan penting dalam menentukan untung maupun rugi dalam strategi investasi. Bagi pemula barangkali banyak pertanyaan seputar kapan waktu membeli saham agar kedepannya mendapatkan keuntungan.

Membeli saham tidak serta merta memikirkan keuntungan saja, namun mampu bertahan dan memiliki strategi yang tepat untuk mencapai tujuan.

Investor harus memahami perputaran cepat investasi. Termasuk kapan beli saham dalam periode waktu sekian hari, dalam hitungan Minggu, bulan, hingga kuartal.

Trading harian punya kerangka waktu yang singkat. Secara analisa dipecah menjadi jam, menit, detik. Hari membeli saham menjadi faktor penting untuk Anda pertimbangkan.

Baca Juga: Cara dan Tips Membeli Saham untuk Pemula

Cermati Waktu yang Tepat Membeli Saham Agar Untung

Hal yang mendasar dalam perdagangan saham yang perlu Anda ketahui adalah jam pasar saham. Anda harus tahu kapan waktu yang diberikan oleh lembaga trading maupun jual beli saham. Bahkan waktu kapan permintaan beli saham juga harus Anda ketahui.

Dari sini, Anda akan tahu kapan saja jam bursa saham mulai dibuka. Karena transaksi yang dilakukan pada luar jam pasar saham tidak sah. Sehingga apabila Anda membeli sebelum jam pasar mulai atau setelah jam pasar berakhir maka transaksi Anda tidak akan berhasil.

Jam pasar saham mengikuti jadwal perdagangan bursa saham. Jenis pasar saham masing-masing memiliki waktu berbeda.

Tentukan terlebih dahulu Anda akan berada di pasar saham yang mana. Jika Anda hendak membeli saham, ketahui jam padat saham di pasar reguler sesi satu dan dua.

Baca Juga: Cara Beli Saham Mitratel Melalui e-IPO yang Disediakan BEI

Jam Pasar Reguler

Pada sesi satu jam pasar saham mulai pukul 09.00 hingga 11.30, sementara sesi dua pukul 13.30 hingga 14.49 lewat 59 detik. Hal ini dengan jadwal setiap hari Senin hingga Jumat.

Jam Pasar Tunai

Selain itu. Waktu yang tepat membeli saham di pasar tunai dimulai dari pukul 09.00 hingga 11.30 pada sesi satu. Anda dapat membeli di hari Senin hingga Jumat.

Tak seperti pasar saham lainnya, di waktu ini hanya ada satu sesi saja. Jadi Anda bisa memanfaatkan waktu yang tersedia.

Jam Pasar Negosiasi

Kesempatan untuk Anda yang ingin membeli saham dengan jumlah besar, Anda bisa masuk pasar negosiasi pada jam pasar saham yang tepat. Sesi pertama mulai pukul 09.00 hingga 11.30 hari Senin hingga Jumat. Jika Anda ingin membeli pada sesi dua maka waktu yang tepat adalah pukul 13.30 hingga 15.15 pada hari yang sama.

Baca Juga: Aturan Pre Closing Pasar Saham dan Fitur Baru dari BEI

Strategi Investor Profesional

Pembelian saham dapat Anda lakukan tiap kuartal yakni saat IHSG mulai rebound, perusahaan dalam kondisi baik, saat saham mendapatkan sentimen negatif, dan memiliki prospek cerah.

Trader yang terampil dapat mengenali pola sehingga menghasilkan keuntungan yang cepat. Umumnya 15 menit pertama setelah opening bell Adalah waktu utama yang paling tepat.

Periode pukul 9.30 sampai 10.30 menjadi jam terbaik dalam perdagangan harian. Apabila Anda beruntung, penawaran pergerakan terbesar dari harga saham dengan waktu yang cukup singkat bisa saja terjadi.

Anda bisa memperpanjangnya hingga pukul 11.30 apabila ingin menambah poin dalam jam perdagangan. Banyak trader cenderung stop pada jam tersebut. Ikuti Waktu yang tepat membeli saham tersebut untuk menuntun Anda pada kesuksesan. (R10/HR-Online)

- Advertisment -