Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruAdab Berdoa Agar Cepat Terkabul, Berikut Cara dan Penjelasannya!

Adab Berdoa Agar Cepat Terkabul, Berikut Cara dan Penjelasannya!

Adab berdoa agar cepat terkabul menjadi salah satu yang sangat penting untuk kita ketahui. Apalagi sebagai orang yang memeluk agama Islam senantiasa selalu berdoa kepada Alloh SWT.

Banyak hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, entah itu yang berhubungan dengan kita sendiri maupun orang lain hingga lingkungan sekitar.

Di dalam Islam, segala aspek kehidupan diatur dengan begitu detail. Bahkan, untuk berdoa pun kepada Sang Pencipta ada aturan mainnya.

Tentu saja hal itu sangat penting karena manusia hanyalah makhluk yang lemah, sedangkan Alloh SWT sebagai khaliq yang Maha segalanya.

baca juga: Adab Mendengar Adzan, Ketahui dan Amalkan Karena Datangkan Pahala

Beberapa Adab berdoa Agar Cepat Terkabul oleh Alloh SWT

Meskipun terkabul atau tidaknya doa adalah hak preogratif Tuhan, namun manusia hanya bisa berupaya sebaik mungkin di hadapan Alloh SWT.

Karena itu, seorang ulama yang bernama Syekh M Ibrahim Al-Baijuri mengatakan ada beberapa adab ketika seseorang berdoa, salah satunya memastikan kehalalan makanan yang dikonsumsi oleh seseorang.

Selain itu, setiap orang juga harus yakin terhadap doa yang ia panjatkan bahwa akan terkabul, dalam keadaan sadar serta tidak lalai terhadap Alloh SWT.

baca juga: Adab Berbicara dengan Orang Tua, Ini yang Harus Diperhatikan!

Tata Krama Berdoa Menurut Syekh M Ibrahim Al-Baijuri

Berdasarkan kitab Tuhfatul Murid ala Jauharatit Tauhid, Al Baujuri menjelaskan secara detail adab berdoa agar cepat terkabul. Berikut rinciannya.

Memakan Makanan yang Halal

Sudah seharusnya seorang Muslim harus menjaga apa saja yang ia konsumsi dari hal-hal yang tidak boleh agama, yakni makanan haram.

Yakin Doanya Terkabul

Ketika seseorang berdoa, ia harus yakin terhadap doa yang ia panjatkan kepada Alloh SWT. Jika tidak, maka seolah-olah kita tidak serius meminta terhadap Tuhan.

baca juga: Adab Berjabat Tangan dalam Islam, Hal Penting yang Harus Diperhatikan

Menjaga Hati Supaya tidak Lalai Ketika Berdoa

Tentu saja hal yang satu ini sangat penting. Karena kita yakin Alloh yang akan mengabulkan, maka apa yang menjadi perintah dan larangannya harus kita patuhi.

Menghindari Larangan dalam Berdoa

Beberapa adab berdoa agar cepat terkabul tentu saja ada hal kita hindari, seperti doa yang mengandung dosa, meminta sesuatu yang bisa memutuskan tali silaturahim, minta sesuatu yang dapat menyia-nyiakan hak seorang Muslim dan berdoa yang mustahil terkabul secara umum.

Manfaatkan Waktu Terbaik

Sudah kita ketahui bersama, dalam Islam ada istilah waktu yang baik untuk berdoa, seperti antara adzan dan iqamah itu sangat mustajab, pada saat sepertiga malam dan lainnya.

Wudhu dan Shalat Dulu

Imam Al Baijuri juga menganjurkan agar umat Islam yang ingin berdoa hendaknya melakukan wudhu terlebih dahulu. Tak hanya itu, alangkah baiknya juga melakukan salat dulu, baik itu yang wajib maupun sunat.

Menghadap Kiblat

Adab berdoa agar cepat terkabul selanjutnya adalah menghadap kiblat. Ini sebagaimana anjuran Nabi Muhammad SAW, sehingga hukumnya pun sunah. Selain itu, hendaknya mengangkat tangan saat doa.

Tobat

Tidak kalah penting dari adab sebelumnya, saat kita meminta kepada Alloh SWT hendaknya kita mengakui segala perbuatan dosa yang kita lakukan dan tidak akan mengulanginya lagi.

Ikhlas

Setiap orang yang berdoa hendaknya ikhlas dalam memanjatkan apa saja yang ia harapkan dari Tuhan. Sebagai makhluk, ia harus berserah diri atas semua kekuasaan Tuhan.

Membuka dengan Tahmid serta Shalawat Nabi

Sebagai bentuk ucapan terima kasih, seseorang sebaiknya mengucapkan tahmid atau Alhamdulillah terlebih dahulu dalam doanya.

Setelah, kemduian juga membacakan Salawat Nabi, baik di awal doa setelah tahmid, di tengah-tengah dan pada bagian akhir doa.

Begitulah adab berdoa agar cepat terkabul oleh Alloh SWT berdasarkan penuturan Syekh M Ibrahim Al-Baijuri dalam kitabnya. (Muhafid/R6/HR-Online)