Rabu, Mei 18, 2022
BerandaBerita TerbaruAkhir Cerita Attack On Titan, Mengecewakan?

Akhir Cerita Attack On Titan, Mengecewakan?

Akhir cerita Attack On Titan membuat fans penasaran. Jika kamu membaca versi manga, mungkin sudah tahu seperti apa ending dari anime paling populer ini. Manga Attack On Titan sendiri sudah tamat pada 9 April 2021 silam hingga chapter 139.

Namun, jika kamu hanya mengikuti animenya saja, ending dari kisah Eren, Mikasa, dan Armin ini masih membingungkan.

Berikut ini penjelasan dari ending Attack On Titan. Bagi fans yang tidak ingin terpapar spoiler, skip saja sampai di sini. Bagi yang penasaran yuk simak ending Attack On Titan.

Penjelasan Akhir Cerita Attack On Titan

Anime Attack On Titan pada musim terakhir memperlihatkan peperangan antara Eren bersama Wall Titan yang digerakkan lewat rumbling dengan tentara Aliansi.

Menariknya, teman-teman Eren bergabung dengan tentara Aliansi. Termasuk Mikasa, Armin, Levi, Jean, dan Connie. Mereka satu misi dengan Pieck, Annie, dan Reiner yang sebelumnya jadi musuh.

Peperangan tersebut berakhir dengan Mikasa Ackerman memenggal kepala Eren. Apa yang terjadi? Kenapa Mikasa yang selalu melindungi Eren malah memenggal kepalanya?

Baca Juga: Siapa Penjahat Sebenarnya di Attack On Titan? Ini Jawabannya!

Berbeda dengan akhir cerita Attack On Titan, pada musim-musim awal, justru ceritanya Mikasa bucin tingkat dewa kepada Eren. Semenjak mereka kecil hingga dewasa. Hanya saja, Eren pura-pura tidak peka agar tujuannya bisa tercapai.

Saat itu Eren berhasil melakukan rumbling untuk meratakan dunia. Tapi hanya 80 persen berhasil. Masih ada sekitar 20 persen bagian bumi yang tidak luluh lantak karena rumbling Eren. 

Mikasa dan tentara Aliansi berusaha menghentikan rumbling Eren. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah membunuh Eren.

Saat itulah Mikasa memenggal leher Eren. Mikasa membawa kepala orang yang paling dicintainya tersebut sambil menangis.

Kehidupan Dunia Pasca Rumbling

Kemudian pasca rumbling, perdamaian dunia pun terwujud. Saat itu dunia sudah mengakui keberadaan Bangsa Eldia yang tadinya terisolir karena benteng Wall Titan.

Sebenarnya tak cuma diakui, bangsa Eldia juga menjadi negara adidaya. Bahkan pasukan militer mereka jadi pasukan terbaik.

Wajar saja, karena negara lain sibuk membangun negaranya kembali setelah hancur akibat rumbling Eren.

Baca Juga: Founding Titan Eren Terkuat di Dunia Attack On Titan, Simak Faktanya!

Arti rumbling sendiri adalah auman Eren yang mampu membangkitkan Wall Titan sehingga menuruti perintah Eren. 

Saat kekuatan Wall Titan bisa dikendalikan oleh Eren, itulah waktunya Eren memanfaatkan Titan untuk menghancurkan dunia.

Berbeda dengan negara lain, bangsa Eldia tidak terdampak rumbling. Karena itu, bangsa Eldia mampu mengambangkan teknologinya hingga lebih maju daripada negara lain yang masih sibuk menata wilayahnya.

Pada akhir cerita Attack On Titan, Armin, Jean, Connie dan Levi keluar dari pulau Paradise. Mereka membawa misi untuk menyebarkan kedamaian dari bangsa Eldia.

Mereka juga menceritakan apa yang sebenarnya terjadi di Pulau Paradise kepada dunia. Mulai dari terisolir sehingga akhirnya bisa membuka diri kembali dengan dunia luar.

Penggemar Kecewa

Sebenarnya bagi para penggemar, akhir cerita Attack On Titan ini sangat mengecewakan. Alasannya, lantaran sang penulis yaitu Hajime Isayama menjanjikan Dark Ending sejak ia mulai menulis Attack On Titan pada tahun 2020 silam.

Ia pernah mengatakan ending dari Attack On Titan ini akan dark alias gelap, bukan sekedar sad atau pedih biasa. Namun, yang terjadi justru malah kebalikannya, yaitu Happy Ending.

Hanya karakter Mikasa saja yang merasakan Dark Ending. Karena ia harus membunuh orang yang paling dia cintai.

Sementara yang lain selamat bahkan perdamaian pun terjadi. Jean dan Connie yang sempat berubah jadi Titan pun kembali menjadi manusia.

Levi yang sudah menderita cedera parah juga masih hidup hingga akhir. Bangsa Eldia jadi negara Adidaya.

Penggemar pun mempertanyakan Dark Ending-nya mana? Hanya Mikasa saja? Jawabannya ternyata tidak.

Karena Hajime Isayama juga merilis chapter tambahan Attack On Titan. Dalam chapter tambahan tersebut, terlihat Mikasa memiliki seorang anak pada masa damai. Ada yang menyebut ayah dari anak Mikasa adalah Jean.

Kemungkinan Akan Ada Lanjutan Attack On Titan

Dalam chapter tambahan yang rilis di akhir cerita Attack On Titan juga terlihat pertanda akan ada lanjutan anime Attack On Titan.

Baca Juga: Sejarah Ymir Attack On Titan, Penentu Kekuatan Founding Titan

Terlihat gambar kapal-kapal perang sedang membombardir Pulau Paradise. Kemungkinan perang tersebut adalah balas dendam dunia karena Eren melakukan rumbling.

Bangsa Eldia pun hancur lebur, kemudian ada sosok anak kecil yang sekilas mirip Mikasa. Anak tersebut menemukan sebuah pohon besar di tengah hutan Pulau Paradise.

Bagi yang sudah nonton anime Attack On Titan pasti tahu pohon besar tersebut adalah tempat di mana Ymir awal mula mendapatkan kekuatan Titan.

Banyak yang menebak, cerita Attack On Titan akan berlanjut dengan anak kecil ini yang jadi karakter utamanya. Mirip seperti Naruto, setelah tamat alur cerita berpindah ke anaknya yaitu Boruto.

Itulah akhir cerita Attack On Titan yang membuat para penggemar kecewa karena dark ending yang dijanjikan ternyata tidak terjadi. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -