Minggu, Mei 29, 2022
BerandaBerita TerbaruAmalan Bulan Syaban Beragam, Banyak Pahala dan Keberkahan

Amalan Bulan Syaban Beragam, Banyak Pahala dan Keberkahan

Amalan bulan Syaban, menjadi amalan sunnah yang menyebabkan datangnya pahala kepada siapapun yang melakukannya. Bukan hanya pada bulan Ramadan saja yang mempunyai banyak keistimewaan.

Bulan yang kerap manusia lalaikan ini juga mempunyai banyak keistimewaan serta keutamaan. Meskipun begitu, ternyata juga masih banyak manusia yang belum menyadari akan hal tersebut.

Memperbanyak berbuat amal menjadi kewajiban umat muslim. Karena dengan melakukan hal tersebut, cita-cita ingin menjadi penghuni surga Insya Allah bakal terkabulkan.

Tepat sekali, bulan Syaban merupakan bulan setelah Rajab dan sebelum Ramadan. Pada bulan ini Rasulullah SAW menganjurkan untuk memperbanyak melakukan amal ibadah.

Ketahuilah, sebenarnya bulan Syaban itu merupakan salah satu bulan yang disukai untuk melakukan atau memperbanyak ibadah puasa sunnah. Hal ini merupakan salah satu amalan yang Rasulullah SAW lakukan.

Bahkan hampir satu bulan Rasulullah berpuasa penuh. Kecuali di akhir bulan, 1 atau 2 hari supaya tidak mendahului datangnya bulan Ramadan.

Baca Juga : Amalan Menjelang Puasa, Banyak Pahala Sayang untuk Dilewatkan

Amalan Bulan Syaban Datangkan Pahala

Sama seperti halnya bulan Ramadan, Syaban juga merupakan bulan yang istimewa. Mengapa demikian? Karena di dalamnya terdapat banyak keagungan yang tinggi.

Keutamaan bulan ini juga sangatlah dahsyat. Seperti halnya melakukan puasa serta salat malam.

Itu sebabnya, kenapa kita harus memperbanyak melakukan amalan pada bulan ini. Penasaran apa saja amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Puasa Sunnah

Untuk amalan bulan Syaban yang pertama, hendaknya kita memperbanyak melakukan ibadah puasa sunnah. Hal ini juga menjadi amalan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Terdapat dalam hadis riwayat Bukhari nomor 1969 yang artinya adalah “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW puasa satu bulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau berpuasa sunnah kecuali di bulan Syaban”.

Rasulullah sangat mencintai bulan Syaban sehingga melakukan puasa sunah penuh 1 bulan. Dengan kita mengikuti apa yang Rasulullah ajarkan ini, berarti kita juga mempersiapkan diri untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Pada saat itu, umat muslim mempunyai kewajiban untuk menunaikan ibadah puasa sekitar 29 hari ataupun 30 hari. Tubuh juga tidak akan kaget apabila sebelumnya sudah kita latih untuk melakukan puasa.

Baca Juga : Doa Niat Puasa Sya’ban Lafadz dan Arti, Banyak Keutamaannya

Shalawat Nabi

Kemudian amalan bulan Syaban yang bisa dilakukan berikutnya adalah memperbanyak membaca sholawat nabi. Amalan ini sangatlah ringan, siapapun bisa melakukannya.

Seperti halnya yang terdapat dalam Al Quran surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya adalah “Sungguh Allah dan para malaikat itu bershalawat untuk nabi. Wahai orang yang beriman, bershalawatlah untuk Nabi Muhammad dan ucapkanlah salam dengan rasa hormat kepadanya”.

Dalam kehidupan sehari-hari, anjuran memperbanyak membaca shalawat juga menjadi salah satu amalan sunnah di hari Jumat. Tetapi, sebenarnya tidak hanya pada hari itu saja.

Karena dalam salat lima waktu kita membaca shalawat dalam bacaan tahiyat. Sehingga setiap hari kita boleh membaca shalawat terlebih pada bulan Syaban.

Memperbanyak Berdoa

Selanjutnya amalan bulan Syaban yang bisa kita lakukan adalah dengan memperbanyak berdoa. Kita tahu bahwa doa menjadi penyebab apa yang kita inginkan itu Allah kabulkan.

Hal tersebut akan terwujud jika kita membarengi doa dengan usaha yang keras. Maka berdoalah di bulan Syaban untuk memohon rahmat serta ampunan dari Allah.

Meskipun bulan Syaban menjadi bulan yang kerap manusia lalaikan, tetapi amalan seluruh makhluk akan Allah angkat. Tidak hanya berpuasa saja yang menjadi anjuran, tetapi memperbanyak berdoa juga menjadi amalan yang disunnahkan pada bulan Syaban.

Selain berdoa hendaknya kita juga memperbanyak membaca Alquran.

Para sahabat nabi juga menganggap bahwa bulan tersebut merupakan bulannya Al Quran. Jadi, tidak ada salahnya apabila pada bulan tersebut Anda mempunyai target One Day One Juz. Amalan ini juga dapat melatih kita untuk Istiqomah, dalam membaca Al Quran.

Baca Juga : Waktu Terbaik Shalat Tahajud dalam Islam Agar Do’a Terkabul

Salat Malam

Tidak cukup itu saja, hendaknya kita juga memperbanyak melakukan amalan salat sunnah seperti halnya salat malam. Tetapi amalan ini tidak hanya bisa kita lakukan pada bulan Syaban.

Jika kita mampu melakukannya setiap malam, jujur itu lebih bagus. Dengan melakukan salat malam membuat segala hal yang tidak mungkin Anda capai bisa terwujud.

Jadi, Sambutlah bulan Syaban dengan mengamalkan beberapa amalan bulan Syaban tersebut. Supaya kita bisa mendapatkan balasan dari Allah SWT. (R10/HR-Online)

- Advertisment -