Selasa, Mei 17, 2022
BerandaBerita TerbaruAmalan Menenangkan Hati dan Pikiran, Lakukan Supaya Menjadi Tenang

Amalan Menenangkan Hati dan Pikiran, Lakukan Supaya Menjadi Tenang

Amalan menenangkan hati dan pikiran akan menjadi kegiatan yang bisa kita lakukan ketika sedang galau hati juga pikiran karena suatu hal. Tidak sedikit dari kita yang akan merasakan galau dalam jiwa setelah mendengar atau mengalami sesuatu yang pahit.

Entah itu putus dengan pacar, di PHK dari pekerjaan, keadaan ekonomi yang tidak terlalu mendukung, dan yang lainnya.

Kita tahu bahwasanya manusia itu merupakan makhluk yang rapuh. Oleh sebab itu kapan pun bisa dirundung kegelisahan.

Kegelisahan itulah yang membuat hati seseorang tidak akan merasa tenang. Sebenarnya ada banyak alasan yang menyebabkan hati kita menjadi gelisah.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kebanyakan manusia itu memikirkan kehidupan dunia yang tidak ada habisnya dan tidak ada kata cukup.

Hal yang demikian itu nyatanya juga menjadi pemicu stres pada pikiran kita. Apabila hal tersebut terjadi dalam kehidupan kita.

Apa yang Anda lakukan untuk mencari penawarnya? Apakah Anda malah ikut larut dalam hal tersebut? Anda akan melakukan kegiatan lainnya yang membuat jadi lupa akan hal yang meresahkan tersebut?

Baca Juga : Amalan Ringan Pahala Besar yang Bisa Kita Lakukan Setiap Hari

Beberapa Amalan Menenangkan Hati dan Pikiran

Seperti pada umumnya, bahwasanya kegelisahan itu tidak ditunjukkan secara fisik. Penyakit galau serta gelisah yang melanda hati juga pikiran kita itu tidak kelihatan.

Meskipun begitu, hal tersebut menjadi penghalang kita untuk merasakan bahagia. Mengatasi rasa gelisah itu sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah dengan cara mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa. Ketika kita merasakan kegalauan dalam hati juga pikiran, jangan sampai kita menjauh dari Allah.

Karena hanya dengan mengingat Allah hati dan pikiran kita akan menjadi tenang. Lalu Amalan apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengusir kegelisahan tersebut dari dalam diri kita?

Terdapat banyak amalan yang bisa Anda lakukan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Stay Sabar

Untuk amalan menenangkan hati dan pikiran yang pertama adalah tetap sabar menghadapi masalah tersebut. Ketika kita mengalami suatu masalah ataupun cobaan yang besar, terkadang hal tersebut menjadi penyebab hati menjadi resah.

Salah satu hal yang harus kita lakukan adalah mencoba untuk tetap sabar. Sebab sabar merupakan perbuatan yang Allah SWT sukai.

Bukankah Allah itu mencintai orang-orang yang sabar pula? Jika dengan menghadapi kegelisahan tersebut Allah menjadi cinta kepada kita.

Baca Juga : Amalan Bulan Syaban Beragam, Banyak Pahala dan Keberkahan

Membaca Al Quran

Kemudian untuk amalan menenangkan hati dan pikiran yang bisa Anda lakukan adalah membaca Al Quran. Salah satu obat penawar penyakit hati adalah dengan membaca ayat-ayat Al Quran.

Apabila Anda tidak bisa membaca Al Quran, sadari hal tersebut sejak dini. Selagi masih bisa maka belajarlah. Bukankah telat itu lebih baik daripada tidak sama sekali?

Dzikir

Selanjutnya, dzikir juga menjadi amalan menenangkan hati dan pikiran. Agama Islam mempunyai banyak bacaan yang bisa Anda jadikan dzikir.

Terlebih lagi dzikir ketika selesai salat wajib. Anda bisa membaca dzikir, Subhanallah, Allahuakbar, Alhamdulillah, Lailahaillallah, dan memperbanyak bacaan dzikir yang lainnya.

Senantiasa Mengingat Allah

Tidak hanya itu saja, tetapi kita harus senantiasa mengingat Allah SWT. Kita tahu bahwa segala hal yang terjadi di dunia dan menimpa kita itu merupakan kehendak dari Allah SWT.

Entah itu perasaan senang, sedih, ataupun bahagia. Tetapi ingat, bahwa senang ataupun sedih yang terjadi pada kita itu sifatnya sementara.

Apabila Allah mendatangkan kegelisahan dalam hati dan pikiran kita, sebenarnya bisa saja hal tersebut menjadi teguran sederhana. Bisa karena kita terlalu terobsesi dengan kehidupan dunia hingga akhirnya Allah menegur dengan kerendahan hati.

Jadi, Kita harus pandai menyeimbangkan antara kepentingan dunia dan akhirat. Ada baiknya kita lebih fokus untuk urusan akhirat karena dengan begitu urusan dunia akan mengikutinya.

Baca Juga : Amalan yang Meringankan Hisab, Amalkan Sebelum Menyesal

Doa Saat Resah

Ketika kita sedang merasa galau, bukan hanya harus melakukan amalan menenangkan hati dan pikiran saja. Tetapi dalam ajaran agama Islam menganjurkan untuk membaca doa, “Allahumma inni as aluka nafsaan Bika muthma-innah, tu’minu biliqoo ika, watardho biqodho ika wataqna ‘ubi ‘atho ika”.

Artinya adalah “Ya Allah aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadamu, yang selalu yakin untuk bertemu denganMu, yang ridho terhadap ketetapanMu, serta merasa cukup dengan pemberianMu.” Maka apabila merasa gegana (gelisah galau merana), amalan menenangkan hati dan pikiran tersebut bisa Anda perbanyak supaya bisa lebih tenang. (R10/HR-Online)

- Advertisment -