Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita NasionalAMSI Kembali Gelar Pelatihan Penguatan Manajemen dan Bisnis Media Online

AMSI Kembali Gelar Pelatihan Penguatan Manajemen dan Bisnis Media Online

Berita Nasional, (harapanrakyat.com),- Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kembali menyelenggarakan pelatihan penguatan manajemen, bisnis serta keberlanjutan media digital sejak 21-30 Maret 2022 secara daring.

Peserta yang ikut dalam pelatihan AMSI itu sebanyak 100 orang lebih yang merupakan pimpinan media dari unsur redaksi, manajemen serta teknologi yang berjumlah 51 media online yang ada di Indonesia.

Dalam pelatihan yang mendapatkan dukungan dari Internews dan USAID MEDIA itu, para pemateri terdiri dari pimpinan media online yang ada di Indonesia.

Seperti halnya Agoez Perdana Pimred Kabar Medan, Victor Mambor Pinum Jubi, Dwi Eko Lokononto Pinum Berita Jatim, Maryadi VP Bussines & Digital Katadata, dan Yuli Sulistyawan yang merupakan GM Content Tribunnews.

Selain  itu, Citra Dyah Prastuti Pimred KBR.id, Suwarjono yang merupakan CEO PT Arkadia Digital Media Tbk serta Heru Tjatur sebagai Chief Technology Officer Buddyku-MNC juga mengisi pelatihan itu.

Di tahun sebelumnya, AMSI juga mengelar training dengan peserta dari 30 tim media online yang ada di Indonesia.

baca juga: AMSI Konsisten Kuatkan Ekosistem Media Digital di Indonesia

Wadah Mendapatkan Keterampilan Baru

Sekjend AMSI Wahyu Dhyatmika mengatakan, penyelenggaraan kegiatan tersebut harapannya menjadi salah satu tempat bagi media online untuk mendapat keterampilan baru dalam mengelola bisnis di media masing-masing.

Salah satunya adalah bagaimana anggota AMSI belajar untuk mengjangkau audiens yang lebih luas dari sebelumnya dan membangun revenue stream baru.

“Kita juga berharap dari kegiatan ini dapat mewujudkan gagasan-gagasan yang inovatif yang telah lama dirancang, memperbaiki aspek dari bisnis yang mungkin sangat perlu pendampingan dari para mentor,” kata Wahyu, Rabu (30/3) di Jakarta.

Sebelum pelatihan, AMSI menggelar ToT (Training of Trainers) terlebih dahulu guna menyusun serta meninjau kurikulum hingga modul tahun lalu. Bahkan, di tahun ini ada satu materi khusus, yakni penguatan teknologi.

Wahyu menambahkan, pasca pelatihan ini AMSI bakal memilih 10 media untuk mendapat pendampingan penguatan media dan memberikan beasiswa sebesar Rp 15 juta.

Sedangkan 10 media yang sudah lolos di tahun 2021 lalu akan mendapatkan pendampingan dan beasiswa lanjutan yang mana akan melibatkan Tim Newsgain.

“Newsgain adalah salah satu organisasi nirlaba yang berpengalaman mendampingi media online di berbagai negara dari sisi bisnis dan manajemen,” pungkasnya.

Sementara itu, Chief of Party Internews Indonesia Eric Sasono mengatakan, pihaknya berharap para peserta bisa mendapat manfaat dari pelatihan penguatan manajemen ini.

“Semoga para peserta bisa mendapatkan ilmu serta pengetahuan baru dalam mengelola bisnis medianya masing-masing,” katanya. (Muhafid/R6/HR-Online)