Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita TerbaruBacaan Shalawat di Hari Jumat, Keutamaannya Sungguh Luar Biasa

Bacaan Shalawat di Hari Jumat, Keutamaannya Sungguh Luar Biasa

Bacaan shalawat di hari Jumat penting sekali untuk kita amalkan. Mengingat betapa besarnya kefadholan yang ada pada bacaan ini. Allah telah memerintahkan kepada hamba-Nya untuk membaca shalawat.

Shalawat ini bertujuan untuk penghormatan dan mendoakan kepada Nabi Muhammad SAW. Perintah Allah untuk bershalawat ini telah tercantum dalam Al Quran Surat Al-Ahzab ayat 56.

Bagi umat muslim, hari Jumat adalah hari yang sangat istimewa. Bahkan, jika ada orang yang meninggal saat hari Jumat, maka Allah akan memberikan pengampunan baginya.

Bahkan, orang tersebut akan diwajibkan masuk surga. Ini menunjukan betapa istimewanya hari Jumat.

Baca Juga : Membaca Shalawat Nabi, Dekatkan Diri kepada Alloh

Keutamaan Membaca Bacaan Shalawat di Hari Jumat

Ada amalan-amalan sunnah yang mempunyai keutamaan sangat besar jika mereka mengamalkannya saat hari Jumat. Salah satunya yaitu bacaan shalawat ini.

Shalawat adalah salam penghormatan dan doa untuk mengagungkan Nabi Muhammad SAW.

Banyak sekali keutamaan yang akan Anda dapatkan jika bisa menjadi orang ahli shalawat. Beruntung sekali Anda yang sudah merutinkan bacaan shalawat di hari Jumat.

Sebab seperti ini besarnya keutamaan yang bisa Anda peroleh dari Allah SWT.

1. Allah dan Malaikat-Nya Cinta dengan Orang yang Ahli Sholawat

Keutamaan yang pertama, Allah beserta malaikat akan mencintai orang yang bershalawat. Jika Allah dan malaikat mencintai kita, maka kita akan semakin dekat dengan surga-Nya Allah.

Bersholawat adalah cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengingat Rasul. Ini menunjukkan jika kita memiliki rasa cinta yang luar biasa pada Nabi Muhammad SAW.

Ketika kita mencintai Rasulullah, maka Allah dan malaikat-Nya juga akan mencintai kita.

2. Mendapat Syafaat dari Nabi Muhammad SAW

Keutamaan bershalawat yang kedua yaitu Nabi Muhammad akan memberikan syafaat pada hari kiamat nanti. Sungguh luar biasa keutamaan shalawat ini.

3. Wajib Masuk Surga

Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda dalam suatu hadits.

Isi hadits tersebut menjelaskan kepada umatnya, barang siapa yang mau membaca bacaan shalawat di hari Jumat sebanyak seribu kali, maka ketika meninggal akan mendapatkan kabar gembira. Kabar gembira tersebut berupa surga.

Baca Juga : Rukun Khutbah Jumat Hal Penting yang Tidak Boleh Ditinggalkan

4. Ahli Sholawat Akan Mendapatkan Pengampunan Dosa

Keutamaan bacaan shalawat di hari Jumat yaitu akan mendapatkan pengampunan dosa dari Allah SWT.

Dalam sabdanya Nabi menjelaskan, barang siapa saat hari Jumat mau membaca bacaan shalawat Nabi sebanyak 40 kali, maka Allah mengampuni semua dosa-dosa orang tersebut.

5. Doanya Akan Mustajab

Hari Jumat memang istimewa sekali untuk umat muslim. Bahkan barang siapa yang mau bersholawat dan berdoa pada hari Jumat, Allah akan mengabulkan doanya.

Maka dari itu, sempatkanlah untuk berdoa meminta ampun kepada Allah SWT.

Lebih utamanya lagi, Nabi Muhammad akan menyaksikan sendiri hambanya yang mau membaca bacaan shalawat pada hari Jumat ini. Tak heran jika banyak yang menyebut jika hari Jumat adalah hari yang penuh dengan berkah.

6. Paling Dekat dengan Rasulullah Saat Kiamat

Orang yang banyak membaca shalawat, pada saat hari kiamat nanti dia akan menjadi orang yang paling dekat dengan Rasulullah. Sungguh istimewa seseorang yang bisa berdekatan dengan Rasulnya.

Baca Juga : Syafaat Rasulullah di Hari Kiamat, Ini Cara Mendapatkannya

7. Allah Akan Mengabulkan Hajatnya

Orang iman yang mau memperbanyak bershalawat, maka hajatnya akan terkabulkan. Baik itu hajat urusan dunia maupun hajat untuk urusan akhirat.

Bahkan, ada yang menjelaskan jika Allah mengabulkan 100 hajat. 70 untuk hajat keperluan akhirat dan 30 untuk hajat kepentingan duniawi.

Amalan membaca bacaan shalawat di hari Jumat ini sebenarnya merupakan amalan yang ringan diucapkan namun besar sekali pahalanya.

Sebab, untuk mengucapkan shalawat Nabi kita tidak membutuhkan usaha yang sulit. Cukup kita ucapkan saja sebagai pujian dan doa untuk Nabi Muhammad.

Banyak sekali keutamaan yang bisa kita dapatkan dari amalan sunnah ini. Jangan sampai kita melewatkan kesempatan untuk bershalawat setiap hari.

Jadi, sebagai umat muslim jangan lupa untuk mengamalkan bacaan shalawat di hari Jumat ini secara rutin.

Gunakan juga hari istimewa ini untuk memperbanyak amalan-amalan ibadah lain. Mulai dari shalat sunnah, dzikir, membaca Al Quran, hingga membaca bacaan shalawat di hari Jumat sebanyak-banyaknya. Tujuan kita sangat mulia, yaitu ingin masuk surga dan terhindar dari pedihnya siksa neraka Allah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -