Rabu, Juli 6, 2022
BerandaBerita TerbaruBahaya Main Smartphone Sebelum Tidur, Waspada Risiko Alami Depresi

Bahaya Main Smartphone Sebelum Tidur, Waspada Risiko Alami Depresi

Bahaya main smartphone sebelum tidur salah satunya berisiko alami depresi. Oleh sebab itu, kamu harus mewaspadainya. Karena tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan bermain smartphone sebelum tidur.

Seiring dengan kemajuan teknologi, smartphone atau handphone sudah menjadi barang kebutuhan pokok bagi manusia.

Dari bangun tidur sampai menjelang tidur smartphone selalu mendampingi. Sehingga tak heran jika perangkat tersebut jauh dari jangkauan tangan akan merasa hampa.

Namun tahukah kamu kalau ternyata ada bahaya yang mengancam kesehatan bila keseringan menggunakan smartphone, terutama sebelum tidur.

Jika kebiasaan buruk tersebut berlangsung secara terus-menerus akan memengaruhi kualitas tidur, bahkan bisa menjadi penyebab depresi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari bahaya dari kebiasaan bermain smartphone sebelum tidur.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa dampak buruk bagi kesehatan yang timbul akibat dari kebiasaan tersebut.

Baca Juga : Peneliti; Kecanduan Foto Selfie adalah Bentuk Baru Gangguan Kesehatan Mental

Kenali Bahaya Main Smartphone Sebelum Tidur

Insomnia

Dampak buruk dari keseringan bermain ponsel pintar sebelum tidur salah satunya akan menyebabkan insomnia. Ini merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan penderitanya kesulitan tidur.

Menggunakan ponsel pada malam hari sebelum tidur akan membuat kamu lebih sering meletakan perangkat tersebut di dekat kamu.

Padahal, smartphone bisa memancarkan cahaya biru yang berbahaya bagi kesehatan, apalagi saat kamu akan istirahat.

Menurut penelitian, cahaya biru dari handphone dapat menghambat tubuh dalam memproduksi hormon melatonin. Fungsi hormon ini sebagai pengatur tidur yang kemudian berdampak terhadap ritme sirkadian dalam tubuh.

Menurunkan Kesehatan Mata

Bahaya main smartphone sebelum tidur sangat berpotensi mengganggu kesehatan mata. Sebab, pancaran cahaya biru yang muncul dari layar ponsel dapat menyebabkan retina mata mengalami degenerasi macular.

Baca Juga : Minum Kopi Cold Brew dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kondisi tersebut menyebabkan fungsi penglihatan hilang. Walaupun penelitian belum dapat memastikan berapa lama reaksi kerusakan mata dari sinar biru smartphone. Namun kamu harus tetap membatasi penggunaan ponsel saat malam hari.

Kualitas Tidur Menurun

Jika kamu punya kebiasaan main smartphone sebelum tidur maka kualitas tidur pun akan menurun. Sebuah penelitian menunjukan, bermain ponsel menjelang tidur berisiko menurunkan kualitas tidur.

Kamu akan kesulitan memejamkan mata atau bahkan cenderung tidak dapat tidur nyenyak ketika terlelap. Kondisi ini bisa terjadi akibat beberapa faktor.

Seperti rangsangan cahaya smartphone yang akan mengganggu irama sirkadian pada otak dan berpengaruh terhadap rasa kantuk.

Faktor lainnya yaitu, penggunaan smartphone menjelang tidur akan menyebabkan emosi bergejolak. Karena itulah kamu akan kesulitan merasakan kantuk.

Risiko Depresi dan Gangguan Bipolar

Bahaya main smartphone sebelum tidur yang berikutnya yaitu meningkatkan risiko mengalami depresi serta gangguan bipolar.

Baca Juga : Aliando Syarief Terserang OCD, Kenali Tanda Gangguan Mentalnya

Sebuah penelitian yang melibatkan ribuan siswa telah membuktikan adanya hubungan penggunaan smartphone sebelum tidur malam, dengan penurunan adaptasi lingkungan pada hari berikutnya.

Turunnya kesehatan mental juga dapat terjadi apabila bermain ponsel sebelum tidur, seperti penurunan harga diri dan mood depresi.

Gangguan Saraf

Keseringan main smartphone sebelum tidur dapat menyebabkan kamu tidak bisa mendapatkan waktu tidur cukup. Kondisi ini bisa menyebabkan neurotoxin meningkat.

Hal itu juga mengakibatkan terganggunya saraf-saraf tubuh jika kebiasaan ini sering kamu lakukan secara terus-menerus.

Itulah beberapa bahaya main smartphone sebelum tidur yang perlu kamu waspadai karena akan mengganggu kesehatan tubuh. (R3/HR-Online/Editor-Eva)