Rabu, Mei 25, 2022
BerandaBerita CiamisBiasanya Nakal, Monyet di Karangkamulyan Ciamis Tenang Saat Mieling Ngadegna Galuh

Biasanya Nakal, Monyet di Karangkamulyan Ciamis Tenang Saat Mieling Ngadegna Galuh

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Monyet yang berada di Situs Karangkamulyan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang biasanya nakal dan mengganggu pengunjung terlihat tenang, Rabu (23/3/2022).

Padahal pengunjung situs Karangkamulyan membludak lantaran jadi lokasi acara Mieling Ngadegna Galuh.

Baca Juga: Pemkab Ciamis Serius Ingin Ganti Nama Jadi Kabupaten Galuh 

Syarif juru pelihara Situs Karangkamulyan mengatakan biasanya monyet nakal kepada pengunjung. Terutama monyet yang berada di halaman depan situs. 

“Biasanya (monyet) selalu merebut makanan para pengunjung, tetapi hari ini mereka hampir tidak terlihat,” katanya.

Syarif menuturkan sebelum acara Mieling Ngadegna Galuh, pihaknya menggelar ritual khusus untuk berdoa kepada Allah SWT agar acara berjalan lancar.

“Alhamdulillah kegiatan Mieling Ngadegna Galuh berjalan dengan lancar tanpa gangguan,” katanya.

Salah satu kekhawatiran Syarif saat acara Mieling Ngadegna Galuh adalah gangguan dari kawanan monyet.

“Memang kalau di situs ini ada beberapa kawanan Monyet. Nah yang paling dikhawatirkan kawanan monyet di halaman depan di mana dipasang tenda acara dan banyak makanan. Namun kita lihat sendiri kawanan monyet di Karangkamulyan Ciamis tidak mengganggu sedikit pun, bahkan acara berlangsung dengan tenang,” ucapnya. 

Syarif menerangkan, ritual khusus biasanya dilakukan sehari sebelum acara dimulai dengan berdoa bersama para juru kunci di situs Karangkamulyan. 

“Alhamdulilah berkat kehendak Allah SWT penyelenggaraan Mieling Ngadegna Galuh berjalan dengan lancar dan tamu undangan merasa nyaman berada di situs Karangkamulyan Ciamis,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -