Sabtu, Mei 28, 2022
BerandaBerita TerbaruBlackthorn Salt di Mars Memiliki Fitur Mirip Bunga, Ini Kata Para Ahli!

Blackthorn Salt di Mars Memiliki Fitur Mirip Bunga, Ini Kata Para Ahli!

Blackthorn Salt di Mars sungguh mengejutkan. Bagaimana tidak, objek ini terlihat seperti bunga kecil atau beberapa jenis fitur organik.

Fitur bunga di Mars tersebut ditemukan oleh tim Curiosity Rover pada 25 Februari 2022. Bagaimana keterangan para ahli terhadap penemuan tidak biasa ini?

Baca Juga: Bola Kaca di Bulan Ditemukan Robot Yutu-2, Asalnya Jadi Pertanyaan?

Fitur Blackthorn Salt di Mars Tertangkap Kamera

Para ilmuwan sudah sejak lama berusaha meneliti objek luar angkasa di sekitar Bumi. Meski begitu, hingga saat ini penelitian belum menemukan hasil akhir.

Hal itu karena armada yang kurang dan wilayah penelitiannya lebar. Ilmuwan juga memfokuskan penelitian ke beberapa planet sekitar Bumi.

Mars planet yang memiliki karakteristik paling mirip dengan Bumi. Hasil penelitian beberapa tahun menyebut bahwa Mars dapat menjadi Bumi kedua untuk makhluk hidup.

Karena hal itulah para ilmuwan akhirnya mulai lebih dalam meneliti planet yang terlihat berwarna merah tersebut. Tim Rover Curiosity NASA datang membawa kabar yang mengejutkan.

Pada akhir Februari kemarin mereka memperlihatkan sebuah gambar foto yang cukup menarik. Foto tersebut hasil dari pengamatan permukaan Mars.

Dalam foto terlihat sebuah objek yang menyerupai bunga kecil atau mungil. Bahkan terdapat juga beberapa fitur organik di dalam gambar.

Mereka mendapatkan gambar menggunakan Mars Hand Lens Imager yang bernama MAHLI sehingga gambar dapat terlihat close-up.

Rover NASA menegaskan bahwa objek tersebut adalah formasi mineral yang memiliki struktur halus. Formasi tersebut terbentuk oleh mineral yang mengendap dari air. Mereka kemudian menamakannya Blackthorn Salt.

Baca Juga: Atmosfer Planet Venus Jadi Alasan Tidak Bisa Ditinggali Makhluk Hidup

Curiosity Pernah Mendeteksi Objek yang Sama Sebelumnya

Penemuan dari fitur mirip bunga Blackthorn Salt di Mars sebenarnya bukan kali pertama yang Curiosity dapatkan. Mereka sebelumnya menemukan fitur sama yang disebut klaster kristal diagenetik.

Diagenetik sendiri memiliki arti rekombinasi atau penataan ulang mineral. Jadi, objek terdiri atas dua kelompok kristal tiga dimensinya dan kemungkinan terbuat dari paduan mineral.

Melalui Twitternya, wakil ilmuwan dari projek Curiosity Abigail Fraeman katakan bahwa fitur yang tampak sebelumnya terbuat lewat garam jenis sulfat.

Menurut hasil studi objek sebelumnya, fitur seperti tersebut dapat terdeteksi di Mars dan sebelumnya tertanam di batu. Batu tersebut kemudian akan terkikis seiring waktu.

Meski begitu, kelompok dari mineral satu ini seperti tahan lebih kuat terhadap erosi yang terjadi.

Baca Juga: Misteri Isi Lubang Hitam Akhirnya Berhasil Ilmuwan Ungkap?

Nama lain dari Blackthorn Salt adalah concretion. Adapun Rover Opportunity yang melihat objek mendapat julukan blueberry karena ukurannya kecil dan berbentuk bulat.

Anda dapat melihat model objek 3D melalui gambar berkat Curiosity. Di dalam gambar terlihat beton bulan di samping fitur Blackthorn Salt yang mirip bunga.

Penemuan fitur lain yang juga mirip Blackthorn Salt di Mars sebelumnya adalah pada tahun 2013 dan mendapat julukan kembang kol akibat terdapat tonjolan besar. (R10/HR-Online)

- Advertisment -