Rabu, Mei 25, 2022
BerandaTeknologiAplikasiBrowser Extension WhatsApp Web Resmi Meluncur, Pahami Fungsinya!

Browser Extension WhatsApp Web Resmi Meluncur, Pahami Fungsinya!

Browser extension WhatsApp Web resmi diluncurkan belum lama ini. Tidak lama setelah tim pengembangan WhatsApp mengaktifkan dukungan multi-device secara simultan dalam versi beta, ia juga umumkan ekstensi browser baru.

Add-on ini disebut dengan Code Verify yang memiliki tujuan untuk memastikan versi web WhatsApp cukup aman dan enkripsi end to end tidak dikompromikan.

Dengan kata lain, WhatsApp meluncurkan ekstensi browser baru untuk membuat aplikasi webnya menjadi lebih aman.

Baca Juga: Cara Mematikan Notifikasi WhatsApp yang Kerap Mengganggu

Peluncuran Browser Extension WhatsApp Web

WhatsApp Web merupakan cara mudah untuk mengakses layanan perpesanan melalui perangkat desktop. Ini dapat terjadi tanpa perlu melakukan penginstalan aplikasi.

Akan tetapi dengan web, selalu terdapat risiko dari pelaku kejahatan yang mencoba untuk menipu para pengguna.

Dengan adanya risiko ini, maka WhatsApp saat ini menawarkan adanya ekstensi browser yang mampu memverifikasi apakah para pengguna menggunakan versi web asli.

Bisa juga untuk mengantisipasi jika pengguna berada di halaman yang terdapat malware atau virus pencuri data atau tindakan jahat lainnya.

Baca Juga: Fitur Tab Community WhatsApp dalam Pengerjaan, Ketahui Fungsinya!

Langkah Mengaktifkan dan Cara Kerja

Untuk dapat menggunakan browser extension WhatsApp Web ini cukup mudah. Para pengguna cukup mengakses web Chrome, selanjutnya telusuri kode verifikasi.

Langkah berikutnya tekan tombol biru “Tambahkan ke Chrome” dan Anda siap untuk menggunakannya.

Hingga saat ini, Code Verify hanya dapat berfungsi di Mozilla Firefox, Edge, dan Chrome. Akan tetapi untuk versi yang telah sesuai untuk Safari saat ini sedang dalam tahap pengembangan.

Setelah browser extension WhatsApp Web berhasil terpasang, maka ekstensi tersebut akan mulai melakukan pekerjaan verifikasi kode secara otomatis setiap pengguna mengunjungi halaman.

Selanjutnya untuk memberitahu pengguna terkait dengan status aktivitas, sistem indikator kode warna pun telah tersedia.

Jika muncul ikon berwarna hijau, hal ini tandanya semua aman atau baik-baik saja tanpa adanya risiko keamanan.

Namun jika verifikasi kode menunjukkan adanya lingkaran berwarna orange, ini tandanya permintaan jaringan telah habis.

Peringatan berwarna orange berarti koneksi jaringan mungkin kurang stabil atau terdapat sesuai yang mengganggu proses verifikasi.

Untuk dapat memperbaikinya, maka coba muat ulang halaman, ubah jaringan WiFi, atau melakukan jeda pada browser extension WhatsApp Web lain.

Baca Juga: Cara Mengirim Chat WhatsApp Tanpa Save Nomor

Sedangkan untuk indikator merah dengan tanda seru, berarti ini merupakan tanda kode sumber tidak dapat melalui proses verifikasi.

Hal ini berisiko terhadap keamanan yang mungkin terjadi. Jika hal ini terjadi, maka solusinya adalah dengan menonaktifkan ekstensi lain.

Selanjutnya muat ulang halaman Web WhatsApp untuk dapat melihat apakah tanda peringatan tersebut hilang.

Dalam hal ini, Meta memastikan bahwa penggunaan browser extension WhatsApp Web cukup aman. Ini tidak mengganggu aspek privasi, karena tak akan mencatat data apapun, mengumpulkan metadata, ataupun mengakses informasi pengguna itu sendiri.

Hal terpenting lainnya, ekstensi tidak mengizinkan siapapun untuk mengintip pesan karena terenkripsi end to end sama halnya pada aplikasi seluler. (R10/HR-Online)

- Advertisment -