Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita CiamisBurung Bangau Putih Serbu Area Sawah di Ciamis, Petani Malah Untung

Burung Bangau Putih Serbu Area Sawah di Ciamis, Petani Malah Untung

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Kehadiran kawanan burung bangau putih yang menyerbu area persawahan Tanah Bengkok, Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (13/3/2022) menjadi pemandangan tersendiri.

Pasalnya, burung berkaki panjang itu, tidak biasanya datang saat musim tanam padi.

Namun menurut Samsu, warga Desa Ciakar, musim tanam padi yang disertai dengan musim hujan yang terus menerus, kali ini kawanan bangau sering datang.

Akan tetapi, katanya, kawanan burung bangau putih tersebut turun ke area persawahan yang baru saja ditanami padi, untuk mencari makanan berupa cacing tanah dan serangga.

“Muncul entah dari mana. Tapi pastinya kawanan burung bangau datang pada pagi dan sore hari,” katanya kepada HR Online, Senin (13/3/2022).

Lebih lanjut Samsu menambahkan, bahwa munculnya bangau betul-betul menjadi sebuah pemandangan baru. Sebab, tidak biasanya ada burung bangau dengan jumlah ratusan ekor. 

Selain kehadiran kawanan burung bangau putih menjadikan pemandangan baru, juga menguntungkan. Karena burung tersebut memakan jenis-jenis hama yang bisa merusak tanaman padi. 

Samsu menuturkan, bahwa bangau termasuk burung yang senang melakukan migrasi dalam jarak jauh dan waktu yang lama.

Selain mencari sumber makanan baru, burung tersebut mencari tempat dengan suhu yang ideal. Sebab, suhu yang ekstrem akan berakibat buruk pada kesehatannya. 

Ia pun berharap agar kawanan burung bangau putih tidak meninggalkan area persawahan, tetap betah berada selamanya.

“Sehingga menjadikan pemandangan tersendiri pada area persawahan tanah bengkok Desa Ciakar,” pungkasnya. (Dji/R5/HR-Online/Editor-Adi)