Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Belajar Nyetir Mobil Matic yang Mudah, Para Pemula Wajib Tahu Ini!

Cara Belajar Nyetir Mobil Matic yang Mudah, Para Pemula Wajib Tahu Ini!

Cara belajar nyetir mobil matic mungkin bukan hal yang sulit, namun sayangnya ada sebagian besar orang belum mampu melakukannya sendiri. Oleh karena itu, tidak heran bagi orang awam untuk mencari tahu bagaimana trik mudahnya.

Bahkan ada yang menyebutkan bahwa mengendarai mobil matic juga lebih mudah daripada mobil manual. Namun tidak sedikit pula yang menyebutkan kesulitan saat akan mengendarai pertama kali dengan mobil matic.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Takut Menyetir Mobil Agar Lebih Percaya Diri

Inilah Cara Belajar Nyetir Mobil Matic yang Harus Anda Ketahui

Jika melihat dunia otomotif seperti sekarang ini, tampaknya mobil jenis matic mulai digemari oleh sebagian besar orang. Pasalnya, jenis mobil matic ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah lebih praktis.

Selain itu, menggunakan mobil transmisi otomatis juga lebih mudah sehingga membuat pengendara nyaman.

Tak hanya itu, transmisi otomatis ini juga lebih sederhana dan membuat pengemudi awam cepat dalam belajarnya.

Tapi sayangnya, mobil matic ternyata juga memiliki sejumlah kode pada bagian tuasnya yang harus kita pelajari.

Oleh karena itu, bagi Anda seorang pemula yang sedang berlatih, harus memperhatikan beberapa hal berikut ini!

Baca Juga: Cara Oper Gigi Mobil yang Halus, Menjaga Kenyamanan Berkendara

Mengenali Fitur-Fitur Mobil

Cara belajar nyetir mobil matic untuk tips yang pertama adalah dengan mengenali fitur-fitur yang ada pada kendaraan tersebut.

Sehingga tidak hanya memahami posisi serta perpindahan tuas transmisi saja yang harus Anda pahami.

Sebab Anda juga harus bisa memahami dan mengerti letak tombol lampu sein hingga klakson agar segera hafal. Bahkan Anda juga harus tahu bagaimana cara untuk pengoperasiannya.

Memahami Tuas Transmisi

Pada dasarnya, saat akan belajar menyetir mobil, khususnya matic, Anda harus memahami posisi serta urutan tuasnya. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan agar tidak salah dalam pengoperasiannya nanti.

Cara belajar nyetir mobil matic dengan memahami tuas transmisi seperti barisan kombinasi antara huruf dan angka.

Pada dasarnya, di dalam mobil jenis matic ini memiliki empat kode yakni P, R, N, dan D yang setiap kode membawa fungsi berbeda.

Baca Juga: Cara Mengemudi Mobil dengan Tenang dan Aman di Jalan Raya

Lebih Fokus

Apabila Anda sudah memahami semua kode dan segala fiturnya, kini saatnya Anda untuk mencoba mengemudikannya. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah harus lebih fokus untuk mengendarai mobil matic.

Anda juga harus perhatikan bahwa ketika mengendarai mobil, Anda tidak sendirian di jalanan. Karena sudah pasti akan ada pengguna jalan lainnya seperti bus, truk, hingga motor.

Selain membahayakan diri sendiri, hal seperti itu juga bisa membahayakan orang lain. Maka dari itu, Anda harus fokus dan jangan sampai memainkan HP ketika sedang mengemudi.

Setelah mengetahui beberapa cara belajar nyetir mobil matic, kini saatnya Anda untuk mencobanya bersama orang yang sudah handal. Anda bisa dilatih dengan benar sehingga lancar dan bisa mengemudikan sendiri. (R10/HR-Online)

- Advertisment -