Kamis, Juni 30, 2022
BerandaBerita BisnisCara Jual Saham Right Issue dengan Mudah dan Praktis!

Cara Jual Saham Right Issue dengan Mudah dan Praktis!

Cara jual saham right issue bisa Anda lakukan pada berbagai platform sekuritas yang tersedia. Sebelumnya, apa itu saham right issue?

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), right issue merupakan suatu bentuk peningkatan modal di sektor suatu perusahaan. Dalam right issue, perusahaan akan menawarkan hak (right) kepada pemegang saham yang ada.

Tujuannya tentu saja agar pemegang saham dapat mendapatkan saham baru. Hal ini juga sama dengan pemegang saham yang menyetor modal dengan rasio tertentu. Lantas, bagaimana transaksinya?

Baca Juga : Auto Rejection Atas pada Saham, Inilah Arti dan Manfaatnya!

Inilah Cara Jual Saham Right Issue dengan Mudah

Right issue pada saham sama dengan perusahaan menerbitkan saham baru. Dengan begitu, maka jumlah saham beredar suatu perusahaan di pasar akan semakin banyak.

Istilah right issue juga terkenal dengan sebutan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Dalam masa penawaran ini, pemegang saham dapat membeli saham baru dengan harga diskon pada jangka waktu yang sudah ditentukan.

Perusahaan akan menawarkan saham right issue hanya kepada pemegang saham atau investor mereka. Saat ini, penawaran saham right issue juga tersedia di beberapa aplikasi trading online atau sekuritas.

Jika investor memutuskan untuk membeli saham dan suatu saat ingin menjualnya, tentu saja mereka dapat melakukannya. Berikut ini cara menjual saham right issue Anda.

Baca Juga : Kebijakan Lot Saham Baru Ditentukan Oleh BEI Sebesar 100 Lembar

Menjual Saham Right Issue di Aplikasi MOST mandiri Sekuritas

Platform trading online pertama yang dapat Anda gunakan sebagai tempat transaksi saham right issue adalah Mandiri Sekuritas.

Cara jual saham right issue di Mandiri Sekuritas cukup mudah melalui aplikasi MOST Desktop Mandiri Sekuritas.

Anda hanya perlu mengganti Pasar Reguler menjadi Pasar Tunai. Kemudian sampai pada Sesi I sesuai jadwal tanggal perdagangan efek.

Setelah itu, Anda dapat menghubungi sales atau Dealing Room Mandiri Sekuritas khusus transaksi. Mandiri Sekuritas akan meminta informasi nama, client ID, dan jumlah saham yang akan dijual.

Menjual Saham Right Issue di Aplikasi Neo Hots Milik Mirae Asset Sekuritas

Selain Mandiri Sekuritas, pilihan platform lain untuk Anda adalah Mirae Asset Sekuritas melalui aplikasi online mereka yang bernama Neo Hots.

Cara kerjanya pun cukup mudah, yakni sebagai berikut.

  1. Pastikan Anda sudah login ke aplikasi dengan user id dan password.
  2. Pilih menu Order dan klik Non Reguler Boar.
  3. Selanjutnya Anda bisa memilih Sell Order dan kemudian mengisi kode saham right issue lengkap dengan harga dan jumlah lotnya.
  4. Pilih Cash Market atau [TN] Market.

Baca Juga : Cara Membeli Saham WIKA Via Online dari Kantor Sekuritas

Tahapan tersebut sama saja pada aplikasi di PC atau laptop dan versi mobile. Perbedaannya hanya berada di menu terakhir.

Jika di versi desktop, maka menu akan tertulis sebagai Cash Market. Sedangkan jika di versi mobile, maka menu akan menjadi [TN] Market. Pada dasarnya, keduanya sama dan hanya berbeda istilah menu saja.

Cara jual saham right issue cukup mudah. Anda bisa melakukan dengan mudah menggunakan dua contoh platform online milik Mandiri Sekuritas dan Mirae Asset Sekuritas. (R10/HR-Online)

- Advertisment -