Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Dasbor Mobil yang Kusam Kembali Tampil Kinclong

Cara Membersihkan Dasbor Mobil yang Kusam Kembali Tampil Kinclong

Cara membersihkan dasbor mobil yang kusam dengan cara tepat. Pastikan Anda menerapkan dengan baik agar dasbor kembali kinclong.

Setiap kendaraan termasuk mobil membutuhkan perawatan yang tepat. Apalagi jika tidak terawat, tentu akan mengganggu kenyamanan pengendara.

Tidak hanya perawatan pada bagian mesin maupun body mobil saja. Akan tetapi, Anda juga perlu melakukan perawatan pada bagian interiornya.

Baca juga: Merawat Radiator Mobil Tua, Gunakan Cara Ini!

Pastikan interior mobil dalam kondisi selalu bersih, rapi, dan wangi. Sehingga mampu menciptakan kenyamanan selama berada di dalam kendaraan.

Salah satu bagian yang perlu perawatan yaitu dasbor. Dasbor mobil adalah salah satu bagian dari interior dan menjadi pusat perhatian sebagian besar orang saat berkendara.

Apalagi bagian tersebut terpasang banyak indikator penting. Karena sering digunakan tentu kebersihannya harus terjaga. Apalagi interior mobil harus terlihat menarik guna memaksimalkan tampilan mobil.

Ketika dasbor terlihat kusam sebaiknya gunakan cara tepat untuk membersihkannya. Sehingga hasil yang Anda dapatkan membuat tampilan dasbor kembali kinclong.

Penampilannya yang kinclong juga menjadi impian semua pemilik kendaraan. Karena alasan inilah perlu perawatan bagaimana cara membersihkan dasbor mobil yang kusam.

Sebenarnya caranya cukup mudah, namun bagi Anda yang baru pertama kali harus menggunakan cara tepat. Sehingga tidak akan merusak komponen sedikitpun.

Cara Membersihkan Dasbor Mobil yang Kusam di Rumah

Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang kini semakin digemari masyarakat. Selain karena banyak produk yang menarik dengan fitur terbaru, harganya juga cukup beragam.

Baca juga: Cara Membersihkan Plafon Mobil Beludru Menggunakan Alat Seadanya

Hal ini membuat minat masyarakat semakin banyak. Namun ketika memiliki mobil pastikan Anda bisa merawatnya dengan tepat. Jangan hanya melakukan servis pada mesin kendaraan saja.

Namun Anda juga bisa melakukan perawatan pada bagian interior maupun eksterior mobil. Sehingga tampilan mobil akan tampak lebih menarik.

Untuk eksterior biasanya cara yang Anda lakukan yaitu mencuci kendaraan secara rutin. Namun untuk bagian interior Anda harus berhati-hati ketika melakukan perawatan.

Sebab, ada banyak komponen yang membutuhkan perawatan yang berbeda. Dashboard menjadi komponen yang penting untuk dirawat. Apalagi jika kondisinya kusam, pastikan segera mengatasinya untuk melihat tampilannya kinclong kembali.

Jika tidak terawat secara tepat dan rutin, dasbor akan tampak belang dan kusam. Sehingga tampilan interior mobil kurang menarik. Apalagi jika dasbor mobil Anda berwarna hitam.

Berikut ini ada beberapa cara mudah membuat dasbor kembali kinclong dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Gunakan Sabun Pembersih Khusus

Cara membersihkan dasbor mobil yang kusam dengan menyiapkan cairan khusus. Ada baiknya Anda menyiapkan sabun khusus sesuai dengan jenis dasbor.

Baca juga: Mengatasi Mobil Injeksi Boros BBM dengan 3 Langkah Mudah

Agar lebih aman tidak ada salahnya jika Anda melakukan tes dengan membersihkan area kecil pada dasbor. Jika tidak tepat atau ada efek samping sebaiknya hentikan penggunaan.

Untuk jenis dasbor berbahan vinyl, plastik, atau karet sebaiknya gunakan cairan lembut. Anda bisa menuangkan sabun pada microfiber yang lembut dan lap secara perlahan pada dasbor.

Jika ada bagian dasbor yang sulit dibersihkan sebaiknya gunakan bantuan sikat gigi lembut. Cara ini bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan bengkel atau tempat cuci mobil.

Bersihkan Kotoran atau Debu Pada Dasbor

Menentukan sabun atau cairan khusus untuk membersihkan dasbor menjadi pilihan yang harus dilakukan. Namun sebelumnya bersihkan dulu dasbor dari debu yang menempel.

Baca juga: Penyebab Power Steering Berat, Wajib Diketahui Pengemudi Mobil

Pastikan debu tersingkir sebelum Anda aplikasikan cairan pembersih tersebut. Pastikan tidak ada debu dan sampah.

Langkah ini penting Anda lakukan untuk menghindari terjadinya goresan saat dasbor Anda bersihkan. Cara membersihkan dasbor mobil yang kusam ini membantu Anda lebih mudah mendapatkan tampilan kinclong dengan mudah.

Menggunakan Minyak Zaitun

Selain penggunaan cairan khusus, ada cara lain yaitu dengan bantuan minyak zaitun. Minyak zaitun memang mampu menyamarkan goresan dan mengkilapkan dasbor.

Cara yang bisa Anda aplikasikan cukup mudah. Siapkan lap kering yang halus dengan minyak zaitun. Kemudian tuangkan tetesan minyak zaitun pada lap bersih.

Baca juga: Kumpulan Artikel Perawatan Mobil

Selanjutnya gosok secara perlahan pada bagian dasbor secara merata. Sebaiknya gunakan secukupnya agar dasbor tidak licin. Gunakan cara membersihkan dasbor mobil yang kusam dengan tepat agar tampilan interior semakin maksimal. (R10/HR-Online)

- Advertisment -