Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Spul Motor yang Paling Mudah dengan Alat-Alat Ini

Cara Membersihkan Spul Motor yang Paling Mudah dengan Alat-Alat Ini

Cara membersihkan spul motor memang bisa Anda lakukan sendirian atau mungkin juga meminta bantuan dari mekanik di bengkel yang terpercaya. Jika ingin membersihkan sendiri, maka langkah pertamanya adalah dengan melepas kipas, magnet, lalu spul dari dudukannya.

Spul motor sendiri adalah salah satu komponen yang berperan sangat penting sebagai sumber kelistrikan kendaraan roda dua. Sebab spul mempunyai fungsi sebagai sumber listrik yakni untuk mencukupi kebutuhan akan elektrikal.

Baca Juga : Penyebab Spul Motor Rusak Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Cara Membersihkan Spul Motor yang Benar Agar Tetap Awet

Bagi setiap pemilik kendaraan sudah selayaknya tahu dan paham apa saja komponen yang ada di dalam kendaraan mereka. Sebut saja seperti ciri, penyebab, hingga cara untuk memperbaikinya harus bisa mereka pahami.

Apalagi dalam masalah kelistrikan, seperti lampu maupun komponen listrik lainnya yang tidak dapat menyala padahal lampu sudah kita ganti. Biasanya hal seperti ini karena ada masalah pada bagian pengisian aki hingga mengalami cepat tekor.

Apabila ini sudah terjadi pada kendaraan Anda, maka kemungkinan besar motor bisa langsung mogok atau tidak dapat menyala. Khususnya bagian spul, yang mana Anda harus bisa mengetahui bagaimana cara perawatannya yang benar.

Baca Juga : Ciri-Ciri Spul Motor Lemah, Pengguna Motor Wajib Tahu

Mempersiapkan Peralatannya

Cara membersihkan spul motor untuk tips yang pertama adalah dengan mempersiapkan terlebih dahulu peralatannya. Setelah semua alat sudah tersedia, kini saatnya untuk memulai melakukan proses selanjutnya.

Kemudian Anda bisa membuka spul motor terlebih dahulu, namun tidak perlu khawatir karena untuk membukanya tidak begitu susah. Karena Anda cukup dengan melepaskan setiap baut di dalamnya.

Meski demikian dalam hal seperti ini Anda juga harus lebih teliti lagi supaya ketika pemasangan kembali tidak ada komponen yang salah. Jangan lupa juga untuk menyiapkan alat pendukung lain supaya lebih mudah ketika akan mengerjakannya.

Gunakan Pembersih

Cara membersihkan spul motor untuk langkah selanjutnya adalah dengan melepas bagian kipas kemudian magnet dan spul-nya. Apabila sudah terlepas, maka Anda bisa menggunakan cairan yang mudah kering, misalnya seperti alkohol, bensin, maupun cairan contact cleaner.

Tahap selanjutnya Anda juga bisa menggunakan sikat gigi agar dapat merontokkan pada bagian spul yang kotor. Caranya adalah dengan menggosokkannya secara perlahan pada bagian yang kotor itu.

Baca Juga : Akibat Spul Motor Rusak, Pengertian, Komponen, dan Ciri Ciri Kerusakan

Sementara itu untuk bisa menghilangkan karat pada bagian magnet Anda bisa menggunakan gerinda dengan mata amplas maupun sikat kawat. Lakukan ini secara hati-hati dan perlahan sampai seluruh karat serta kotoran yang menempel bisa hilang.

Nah, jika semuanya sudah benar-benar bersih maka Anda bisa langsung merakit kembali spul dan magnet tersebut.

Setelah mengetahui beberapa cara membersihkan spul motor, kini saatnya Anda untuk menerapkannya sendiri. Cukup mudah bukan? Namun apabila Anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka bisa langsung membawanya ke tukang bengkel terdekat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -