Rabu, Oktober 5, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Body Motor yang Lecet Parah, Gunakan Ini!

Cara Memperbaiki Body Motor yang Lecet Parah, Gunakan Ini!

Cara memperbaiki body motor yang lecet parah perlu dilakukan dengan benar. Goresan pada body motor seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi pemiliknya. Sebab, akan membuat tampilan motor menjadi tidak keren. 

Penyebab terjadinya lecet tersebut kemungkinan akibat kecelakaan. Apabila hal tersebut menimpa Anda, kini ada beberapa cara menghilangkan lecet pada motor yang dapat dicoba di rumah.

Baca Juga: Cara Membersihkan Throttle Body Motor dengan Aman

Simak Cara Memperbaiki Body Motor yang Lecet Parah

Semua orang pastinya ingin memiliki body motor yang selalu mulus tanpa adanya lecet. Berikut ini cara yang dapat Anda lakukan saat motor lecet.

Bersihkan Body Motor Terlebih Dahulu

Pertama, hal yang Anda lakukan untuk menghilangkan lecet di body motor yakni membersihkannya. Setelah terjatuh, pastinya ada kotoran yang menempel pada bagian motornya.

Untuk membersihkannya, Anda membutuhkan air dan shampo khusus motor. Setelah membersihkan bagian motor yang kotor, lecet tersebut akan terlihat lebih baik.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Motor yang Membandel

Gunakan Amplas

Saat ini untuk menghilangkan lecet, Anda dapat mencoba menggunakan amplas. Ukuran amplas tersebut minimal 2000 atau yang lebih halus lagi.

Sebelum menggunakannya, rendam terlebih dahulu amplas tersebut. Lalu basahi body motor yang lecet. Pastikan amplas secara berirama atau satu gerakan agar tidak merusak body motornya.

Kemudian gosok secara perlahan. Saat lecet tersamarkan, maka keringkan motor menggunakan kain halus.

Gunakan Scratch Remover

Cairan yang dapat membantu menyamarkan lecet body motor dikenal dengan scratch remover. Bentuknya tampak seperti lem, untuk menggunakannya juga sangat praktis.

Anda hanya perlu mengaplikasikannya langsung pada bagian motor yang lecet. Bahkan agar lecet tampak memudar, maka dapat menggunakan kain microfiber. Anda perlu melakukan hal tersebut secara berulang.

Gunakan Compound

Cara memperbaiki body motor yang lecet parah lainnya yakni menggunakan compound. Bentuknya juga tampak seperti cairan atau krim.

Untuk mengaplikasikan compound ini dapat menggunakan kain. Caranya gosok menggunakan kain hingga lecet tidak terlihat dan body motor juga lebih kinclong.

Gunakan Fix It Pro

Fix it pro merupakan sebuah tool yang dapat membantu menyamarkan lecet pada body motor. Caranya yakni mengaplikasikan tool berupa spidol di atas bagian yang lecet hingga tampak tersamarkan.

Baca Juga: Modif Motor Matic Ban Besar Jangan Asal, Gunakan Tips Ini

Gunakan Pasta Gigi

Bahan yang ada di rumah dan harganya terjangkau seperti pasta gigi, ternyata juga dapat membantu menyamarkan lecet pada body motor. Partikel yang ada dalam pasta gigi tersebut dapat Anda gunakan sebagai amplas.

Sebelum mengaplikasikannya, sebaiknya perlu membersihkan body yang lecet dengan air. Kemudian berikan beberapa bagian pasta gigi pada bagian yang lecet.

Anda perlu menggosoknya secara perlahan dengan sikat bekas. Kemudian bilas menggunakan air beberapa kali dan ulangi hingga lecet tampak memudar.

Cara memperbaiki body motor yang lecet parah tersebut dapat Anda coba lakukan. Namun apabila belum berhasil, sebaiknya Anda mendatangi bengkel yang dapat mengatasinya. (R10/HR-Online)