Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengaktifkan HP Tanpa Tombol Power, Solusi Tombol Power Rusak!

Cara Mengaktifkan HP Tanpa Tombol Power, Solusi Tombol Power Rusak!

Cara mengaktifkan HP tanpa tombol power terkadang kurang dipahami oleh para pengguna ponsel. Sebenarnya hal ini dapat dilakukan dengan cukup mudah dan praktis. Hal ini dapat menjadi solusi saat tombol power pada perangkat HP mengalami adanya kerusakan.

Terjadinya kerusakan pada tombol power HP pada umumnya ditandai dengan kerasnya saat kita menekan tombol tersebut. Terdapat beberapa pilihan aplikasi yang dapat Anda manfaatkan untuk mengganti fungsi tombol volume menjadi tombol power.

Selain itu, terdapat trik lain yang dapat dapat Anda manfaatkan dalam menghidupkan ponsel tanpa harus menggunakan tombol power. Semakin penasaran, kita simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Face Unlock di HP Secara Mudah, Wajib Baca!

Mengetahui Cara Mengaktifkan HP Tanpa Tombol Power

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan tombol power pada perangkat HP mengalami kerusakan. Mulai dari jalur tombol power yang tidak terhubung hingga adanya arus pendek. Jika perangkat HP mengalami korsleting atau arus pendek, maka ponsel akan menyala sendiri atau bahkan mati sendiri.

Untuk beberapa kalangan, mungkin tombol power HP yang rusak dapat menjadi akhir dari penggunaan HP Android. Namun ternyata banyak solusi yang dapat membantu pengguna untuk menghidupkan perangkat Android yang mengalami kerusakan pada tombol power.

Solusi tersebut bukan berarti memperbaiki tombol power tersebut. Namun terdapat beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan sebagai cara mengaktifkan HP tanpa tombol power.

Berikut ini beberapa pilihan cara mengaktifkan HP tanpa tombol power antara lain:

Mengisi Daya Baterai

Trik kedua yang dapat Anda manfaatkan sebagai cara untuk mengaktifkan HP tanpa menggunakan tombol power adalah saat mengisi daya baterai.

Cara ini dapat Anda lakukan jika perangkat Android yang Anda gunakan sebelumnya telah Anda setting menyala otomatis pada saat dalam pengisian daya. Maka dengan menggunakan cara ini, secara otomatis dapat menghidupkan kembali ponsel tanpa tombol power yang sedang dalam kondisi rusak.

Mengisi daya baterai dapat Anda lakukan dengan menggunakan charger, power bank, atau menghubungkan HP ke PC atau laptop. Langkah terakhir ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan kabel USB, maka layar ponsel secara otomatis akan langsung menyala.

Menggunakan Tombol Home

Bagi Anda pengguna HP Samsung, maka Anda dapat menyalakan layar ponsel dengan menggunakan tombol Home saja. Pasalnya merek ini sedikit berbeda dengan Android lain. Hal yang menjadi ciri khas adalah adanya perbedaan tombol home yang bukan menggunakan layar sentuh.

Tombol home tersebut mempunyai fungsi sebagai salah satu kombinasi untuk masuk ke mode factory reset. Namun selain itu juga dapat bermanfaat sebagai pengganti tombol power yang rusak. Hanya dengan menekan sekali saja, maka layar pada perangkat HP akan langsung menyala.

Baca Juga: Mengaktifkan Developer Option HP, Pahami Fungsi dan Penggunaannya

Menggunakan Ejector SIM Card

Metode selanjutnya, Anda dapat menggunakan ejector SIM Card atau yang sejenis sebagai cara mengaktifkan HP tanpa menekan tombol power. Pada umumnya Try SIM atau wadah SIM Card tersebut akan membuat ponsel menjadi aktif saat Anda keluarkan.

  • Ambil serta siapkan Ejector SIM Card HP
  • Kemudian, tancapkan bagian lancip di ujung ke lubang samping ponsel untuk dapat mengeluarkan Tray SIM Card
  • Kemudian keluarkan TRay SIM ponsel Anda
  • Setelah sukses dikeluarkan, maka HP akan langsung hidup atau aktif tanpa memencet tombol power.
  • Apabila sudah berhasil menyala, pasang lagi Tray SIM untuk memulai menggunakannya.

Saat menggunakan cara ini, pastikan Anda lakukan secara hati-hati. Selain itu, pastikan tidak terdapat kotoran yang menempel pada SIM Card ketika menggunakan Ejector. Pasalnya, kotoran yang menempel pada SIM Card dapat menyebabkan SIM Card tidak dapat terbaca oleh perangkat Anda.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Private Safe di HP, Simpan Data Penting Lebih Aman!

Menggunakan Tombol Lain

Untuk berjaga-jaga saat tombol power HP mengalami kerusakan, maka Anda dapat mengaktifkan fitur menghidupkan HP dengan menggunakan tombol lain Caranya:

  • Buka aplikasi Power Button to Volume Button
  • Aktifkan opsi Enable atau Disable Volume power
  • Anda dapat mengaktifkan opsi Boot dan Screen Off supaya semua fungsi tombol power pindah ke tombol volume
  • Kemudian restart HP untuk dapat mulai menggunakannya.

Dari berbagai pilihan cara mengaktifkan HP tanpa tombol power di atas, maka Anda dapat coba dan tentukan cara mana yang akan Anda gunakan. Dengan demikian masalah kerusakan tombol power HP yang tidak berfungsi pun dapat teratasi dengan mudah. (R10/HR-Online)

- Advertisment -