Senin, Mei 16, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghidupkan Mobil Matic Aki Tekor dengan Jumper

Cara Menghidupkan Mobil Matic Aki Tekor dengan Jumper

Cara menghidupkan mobil matic aki tekor memang bukan perkara mudah. Anda harus melakukannya dengan tepat. Aki memang menjadi salah satu komponen penting pada semua kendaraan.

Bahkan hal ini juga akan mempengaruhi kinerja mobil saat dikendarai. Seperti komponen lainnya, aki mobil juga membutuhkan perawatan. Sebaiknya Anda berikan perawatan yang tepat serta pengecekan secara rutin.

Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu kinerja yang dihasilkan. Jika kondisi aki masih bagus, tentu performanya juga akan baik. Namun sebaliknya jika aki bermasalah, justru bisa menimbulkan masalah baru pada komponen lainnya.

Sebenarnya ada banyak masalah yang bisa timbul pada aki. Salah satu yang sering terjadi yaitu aki tekor. Apabila sudah terjadi seperti ini, mengakibatkan mobil bisa-bisa mogok di tengah jalan.

Lantas bagaimana jika hal ini terjadi pada mobil tipe matic? Bagaimana cara menghidupkan mobil matic aki tekor? Agar lebih jelas, mari kita simak ulasan selengkapnya.

Baca juga: Cara Mengendarai Mobil Matic di Tol dengan Aman Tanpa Hambatan

Inilah Cara Menghidupkan Mobil Matic Aki Tekor Secara Tepat

Mobil matic menjadi salah satu tipe kendaraan yang saat ini populer digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah dalam mengendarainya, ada banyak fitur menarik yang bisa Anda dapatkan.

Namun sama seperti kendaraan lainnya, mobil matic juga bisa mengalami kendala. Permasalahan mobil matic yang tidak bisa dinyalakan tentu membuat pemiliknya merasa bingung.

Apalagi jika masalah ini muncul, tentu performanya menurun. Jika sudah terjadi seperti ini, membuat pemilik mobil harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk menanganinya.

Penyebab mobil matic tiba-tiba mogok bisa karena kondisi aki yang soak atau tekor. Jika aki drop atau tekor, mobil akan sulit nyala. Saat Anda mengalami hal ini, sebaiknya jangan panik.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Cara tersebut yaitu dengan jumper. Jumper adalah cara Anda untuk menyalakan mobil menggunakan aki lain yang memiliki tegangan normal. Berikut ini adalah langkah tepat yang bisa Anda lakukan.

Matikan Semua Piranti Elektronik pada Kendaraan

Cara menghidupkan mobil matic aki tekor yang banyak digunakan yaitu dengan jumper. Cara ini cukup efektif dan biasanya akan berhasil. Sebaiknya matikan semua piranti yang berhubungan dengan sistem elektronik pada mobil.

Misalnya bagian audio, AC, dan yang lainnya. Hal ini perlu Anda lakukan guna untuk mempermudah proses menghidupkan mobil dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Cara Belajar Nyetir Mobil Matic yang Mudah, Para Pemula Wajib Tahu Ini!

Siapkan Kabel Jumper

Sebaiknya Anda memiliki kabel khusus jumper sebagai cara menghidupkan mobil matic aki tekor. Anda bisa pasangkan kabel khusus tersebut antara aki yang sudah tekor dengan aki dalam kondisi normal.

Hubungkan keduanya sesuai kutub plus dan minusnya agar bisa bekerja secara optimal. Tidak hanya itu, sebaiknya posisikan transmisi mobil matic pada posisi P. Hal ini untuk tetap menjaga keamanan pengendara maupun orang lain di area sekitar mobil berhenti.

Hidupkan Mobil

Jika sudah Anda pasang secara benar, bisa memulai proses selanjutnya. Hidupkan mobil menggunakan aki normal.

Dengan cara menghidupkan mobil matic aki tekor yang satu ini, seharusnya mobil bisa nyala. Anda bisa gunakan cara jumper yang terbilang mudah dan aman.

Stabilkan RPM pada Angka 1000

Meski aki sudah tekor, namun harus tetap Anda nyalakan dengan menstabilkan pada RPM angka 1000. Jika tidak, lebih banyak sedikit juga tak masalah. Anda bisa melakukannya kurang lebih dalam waktu 15 menit.

Cara ini perlu Anda lakukan agar daya aki tekor dapat terisi kembali. Jika sudah, Anda bisa mematikan mobil dengan aki normal. Cara yang bisa Anda lakukan ini hanya bersifat sementara.

Sebaiknya jika mobil sudah nyala, Anda bisa memperbaikinya dengan cara yang lebih baik. Segera bawa mobil ke bengkel terdekat dan terbaik agar aki bisa teratasi dengan cepat.

Aki menjadi komponen yang penting pada kendaraan. Untuk itu, ketika ada sedikit masalah yang berhubungan dengannya, segera untuk melakukan pengecekan.

Jangan sampai kondisi aki tekor akan mengakibatkan komponen lainnya juga ikut bermasalah. Anda bisa lakukan cara menghidupkan mobil matic aki tekor dengan jumper ketika masalah ini terjadi secara tiba-tiba. (R10/HR Online)

- Advertisment -